Clubhouse.jpg

Mengenal Clubhouse, Aplikasi Berbasis Audio yang Tengah Digandrungi

oleh: galih Technology Monday, 22 February 2021 11:00 a.m.


Mancode – Clubhouse, aplikasi media sosial berbasis audio ini tengah naik daun. Diluncurkan Paul Davidson dan Rohan Seth pada April 2020 lalu, awalnya aplikasi ini hanya memiliki 3.500 pengguna saja. Namun, penggunanya meroket ketika CEO Tesla Elon Musk dan CEO Facebook ikut 'nimbrung' dalam aplikasi ini.

Tak hanya di luar negeri, banyak artis sampai influencer di Tanah Air juga ‘ketularan’ menggunakan aplikasi Clubhouse. Terbaru, nama-nama terkenal seperti Raffi Ahmad, Rizky Febian, Chef Arnold, sampai anak Presiden Jokowi Kaesang Pangarep melakukan sesi perbincangan yang dibuat Arief Muhammad.

Mengenal Aplikasi Clubhouse

Clubhouse-2.jpg

Clubhouse adalah platform media sosial yang berbasis audio-chat. Dari segi penggunaannya, aplikasi ini memang terasa mirip seperti Zoom dan Podcast, bahkan mirip dengan tayangan TED Talks, namun lebih eksklusif karena disiarkan secara live oleh pengguna-pengguna tertentu tanpa adanya pengulangan atau siaran ulang.


Di dalam tiap room atau ruang siaran langsung, nantinya akan ada moderator, pembicara, serta pendengar. Para pendengar pun bisa turut berpartisipasi dalam obrolan apabila mendapat persetujuan atau perizinan dari moderator.

Tokoh yang bisa menjadi pembicaraan dalam obrolan datang dari berbagai ahli, tokoh-tokoh besar yang inspiratif, selebriti, jurnalis, dan masih banyak lagi.

Cara Mendaftar Clubhouse

Clubhouse.jpg

Salah satu keunikan dari aplikasi ini adalah pengguna tidak bisa langsung membuat akun Clubhouse begitu saja. Aplikasi yang dikembangkan perusahaan Alpha Exploration ini tersedia eksklusif melalui undangan.

Apabila ingin menggunakan Clubhouse, pengguna harus mendapat undangan terlebih dulu dari pengguna yang telah memiliki akun Clubhouse. Undangan ini berbentuk link (tautan) yang dikirim langsung via SMS ke nomor telepon.

Orang yang mengundang hanya membutuhkan nomor telepon. Setelah itu, pengguna akan mendapatkan tautan dan memberitahukan untuk mengunjungi joinclubhouse.com/app dan masuk dengan nomor itu.

Ketika tautan tersebut di-klik, pengguna akan diarahkan menuju toko aplikasi untuk mengunduh Clubhouse dan membuat akun baru. Setelah memiliki akun, para pengguna bisa mengakses Clubhouse dan memilih topik obrolan sesuai minat yang telah tersedia dalam berbagai daftar room, termasuk daftar partisipan yang terlibat di tiap room tersebut.

Para pengguna juga bisa bebas keluar dari obrolan yang sedang berlangsung, dan masuk ke obrolan lain sesuai minat dan keinginan.

Cara Menggunakan Clubhouse

Clubhouse.jpg

Apabila telah memiliki akses, aplikasi ini menawarkan halaman yang penuh dengan topik percakapan untuk diikuti, dari olahraga hingga teknologi. Di masing-masing topik, pengguna akan menemukan orang-orang yang tertarik pada hal yang sama dan dapat mengikuti mereka.

Semakin banyak topik dan orang yang diikuti, semakin besar kemungkinan mendapatkan saran untuk room yang sesuai dengan keinginan. Ruang percakapan datang dan pergi saat orang memulai atau mengakhirinya. Tidak ada yang direkam oleh Clubhouse dan anggota dalam satu room adalah 5.000.

Hanya Perangkat iOS

Perangkat iOS.jpg

Untuk saat ini, Clubhouse hanya bisa dinikmati atau digunakan oleh para pengguna perangkat berbasis iOS saja. Di mana hanya perangkat Apple iPhone dan dan iPhone Touch dengan versi iOS 13 ke atas yang bisa join. Sedangkan untuk bisa invite atau undangan Clubhouse, iPhone ataau iPhone Touch yang dimiliki pengguna harus memiliki kapasitas mentah 65,4MB.

Baca Juga: Kesan Dua Creator Bikin Video Epic Pakai Samsung Galaxy S21

Baca Juga: Facebook Berencana Rilis Smartwatch Versinya

Baca Juga: Xiaomi Hadirkan Teknologi Pengisian Daya Lewat Udara




Share To


galih

galih

Feb. 22, 2021, 11 a.m.


tags : Aplikasi Clubhouse Aplikasi Audio Technology Clubhouse


Average: 0
Rating Count: 0
You Rated: Not rated

Please log in to rate.


Comments


Please Login to leave a comment.

ARTIKEL TERKAIT LAINNYA

YOU MAY ALSO LIKE