April-Mop.jpg

Mengenal Berbagai Sejarah April Mop

oleh: inggil History Wednesday, 1 April 2020 9:00 a.m.


Mancode - Tentu kita semua tahu jika setiap tanggal 1 April selalu diperingati sebagai ‘April Mop’. Pada hari tersebut ada beberapa negara yang merayakannya dengan sebuah tradisi. Tapi umumnya, April Mop dirayakan dengan melakukan aksi tipuan-tipuan lucu. Tujuannya sendiri guna mempermalukan meraka yang mudah ditipu.

Lantas, mengapa tiap tanggal 1 April diadakannya momen saling membohongi? Hingga kini, sejarah perayaan April Mop masih bersifat simpang siur. Banyak teori yang lahir dari pemikiran masyarakat terkait perayaan tersebut.

Sejarah April Mop memang masih menjadi misteri dan menimbulkan banyak spekulasi. Setiap negara punya versi sejarah yang berbeda-beda dari perang salib hingga raja komedian dari Romawi.

Seperi apa sejarah April Mop dari berbagai negara? Simak ulasan Mancode yang diambil dari beberapa sumber berikut:

Perang Salib Spanyol

Perang-Salib-Spanyol.jpg

Jauh sebelum perayaan April Mop dianggap lucu ada sejarah kelam di baliknya. Pada tanggal 1 April 1487, terjadinya perang salib dengan terbunuhnya ribuan umat Islam di Spanyol. Penyerangan oleh pasukan salib sendiri termasuk keji nan kejam mereka melakukan pembohongan ke tentara Muslim Spanyol. Kala itu, pasukan salib berjanji akan melepaskan warga Spanyol yang ditahan di kapal. Namun, selepas tentara Muslim Spanyol ketika memasuki kapal mereka justru dibunuh semua oleh tentara salib.

Tahun Baru Prancis

Sejarah-April-Mop-Prancis.jpg

Pada 1582, Prancis yang kala itu dipimpin oleh pemerintahan Raja Charles IX selalu memperingati tanggal 1 April sebagai tahun baru. Kala itu, warga Prancis beranggapan jika dalam satu tahun hanya ada 10 bulan. Oleh sebab itu, mereka merayakan tanggal 25 Maret hingga 1 April sebagai tahun baru.

Kemudian, Paus Gregory XIII merombak penanggalan kalender yang mana satu tahun terdiri dari 12 bulan seperti sekarang ini. Banyak rakyat Prancis yang menentang keputusan Paus tersebut. Sejumlah warga pun tetap menetapkan 1 April sebagai tahun barunya. Perilaku nyeleneh dari masyarakat Prancis pun menyita perhatian negara lain dan dianggap sebagai lelucon.

Raja Pelawak Romawi

April-Mop-Romawi.jpg

Sebuah penelitian yang dilakukan seorang professor dari Boston University, Joseph Boksin mengungkapkan sebuah sejarah asal-usul April Mop. Boskin menyatakan, jika ide dari perayaan lelucon April Mop digagas oleh para pelawan Kerajaan Romawi pada masa pemerintahan Raja Constantin 1 di abad ketiga hingga keempat setelah masehi.

Awalnya, para pelawak kerajaan ini mengajukan petisi kepada Raja untuk mengizinkan mereka menjadi raja hanya untuk sehari saja. Tak disangka, sang Raja setuju dengan petisi ini dan mengangkat salah satu pelawaknya yang bernama Jeter untuk menjadi Raja pada tanggal 1 April. Usai naik tahta, Raja Jeter pun meresmikan tanggal 1 April sebagai hari kemustahilan dan kini dikenal sebagai April Mop.

Baca Juga: Indahnya Kokonao Kota Bersejarah yang Terlupakan di Papua

Baca Juga: Sejarah Deklarasi Djuanda hingga Hari Nusantara

Baca Juga: Sejarah Tradisi Lotus Feet, Simbol Kecantikan di Tiongkok


Share To


inggil

inggil

April 1, 2020, 9 a.m.


tags : 1 April April Fools Day April Mop Sejarah April Mop Perang Salib Spanyol


Average: 0
Rating Count: 0
You Rated: Not rated

Please log in to rate.


Comments


Please Login to leave a comment.

ARTIKEL TERKAIT LAINNYA