Monumen-Pancasila-Sakti.jpg

Menengok 4 Lokasi Wisata Sejarah di Jakarta

oleh: rachli Travel Tuesday, 1 October 2019 13:00 p.m.


Setiap 1 Oktober diperingati sebagai Hari Kesaktian Pancasila. Diperingatinya Hari Kesaktian Pancasila itu dimaksudkan agar bangsa Indonesia mengingat peristiwa Gerakan 30 September 1965 atau yang lebih dikenal dengan G30S/PKI.

Sebagai tanda bukti adanya peristiwa G30S/PKI, atas gagasan Presiden Soeharto, dibangun Monumen Pancasila Sakti yang berlokasi di Jakarta Timur. Monumen Pancasila Sakti ini bisa menjadi salah satu tujuan lokasi wisata sejarah di Jakarta yang sarat akan nilai edukasi.

Nah, berikut ini Mancode mencoba merangkum lokasi wisata sejarah di Jakarta selain Monumen Pancasila Sakti guna menambah wawasan sejarah Indonesia.

Museum Fatahillah Kota Tua

Museum-Fatahillah-Kota-Tua.jpg

Kawasan Kota Tua yang terletak di Tamansari, Jakarta Barat bisa menjadi tujuan wisata sejarah. Dulu, kawasan ini merupakan pusat pemerintahan Batavia dengan sebutan Kota Lama Benedenstad.

Selain bisa belajar sejarah dengan mengunjungi beberapa gedung peninggalan Belanda yang dialihfungsikan menjadi museum, seperti Museum Sejarah Jakarta, Mancoders juga bisa menikmati arsitektur Belanda dengan bersepeda ontel dan menikmati kuliner khas Betawi.

Museum Kebangkitan Nasional

museum-kebangkitan-nasional.jpg

Bergeser ke kawasan Senen, Jakarta Pusat, Mancoders akan menemukan lokasi wisata sejarah lainnya, yakni Museum Kebangkitan Nasional. Museum ini merupakan sebuah gedung yang dibangun sebagai monumen tampat lahir dan berkembangnya kesadaran nasional.

Selain itu, museum ini menjadi tempat berdirinya organisasi Boedi Oetomo. Museum ini juga pernah dijadikan sekolah kedokteran zaman Belanda. Jika Mancoders berkunjung, akan menemukan alat-alat kedokteran dan asrama dokter.

Museum Satria Mandala

Museum-Satria-Mandala.jpg

Museum Satria Mandala merupakan museum sejarah perjuangan Tentara Nasional Indonesia (TNI) yang terletak di Jalan Gatot Subroto, Jakarta Selatan. Dalam museum ini dapat ditemui berbagai koleksi peralatan perang di Indonesia dari masa lampau hingga modern.

Selain itu, museum ini juga menyimpan berbagai macam benda bersejarah lainnya yang berkaitan dengan TNI seperti senjata berat maupun ringan, atribut ketentaraan, dan sebagainya. Di museum ini juga dipamerkan tandu yang digunakan untuk mengusung Panglima Besar Jenderal Soedirman.

Museum Perumusan Naskah Proklamasi

Museum-Perumusan-Naskah-Proklamasi.jpg

Museum Perumusan Naskah Proklamasi atau disingkat Munasprok yang berlokasi di kawasan Menteng, Jakarta Pusat merupakan gedung yang dibangun sebagai monumen peristiwa proses perumusan naskah proklamasi kemerdekaan Indonesia.

Gedung dengan luas tanah 3.914 meter persegi dan luas bangunan 1.138 meter persegi ini pertama kali didirikan pada 1920 bergaya arsitektur Eropa. Di dalam museum ini terdapat ruangan, mebel kuno, aksesoris, dan diorama yang menggambarkan suasana serupa peristiva perumusan naskah proklamasi.

Baca Juga: Menilik Sejarah Diperingatinya Hari Pramuka Indonesia

Baca Juga: Sejarah Lomba-Lomba di Hari Kemerdekaan Indonesia

Baca Juga: Kenali Sejarah Festival Pacu Jalur


Share To


rachli

rachli

Oct. 1, 2019, 1 p.m.


tags : Museum Fatahillah Kota Tua Monumen Pancasila Sakti Hari Kesaktian Pancasila Lokasi Wisata Sejarah di Jakarta G30S/PKI


Average: 0
Rating Count: 0
You Rated: Not rated

Please log in to rate.


Comments


Please Login to leave a comment.


ARTIKEL TERKAIT LAINNYA

you may also like

Entertainment 6 December 2019 17:00 p.m.

Opera Gandari Padukan Ragam Unsur Seni

Entertainment 6 December 2019 16:00 p.m.

Pegolf Thailand Bidik Kemenangan BNI Indonesia Masters 2019

Technology 6 December 2019 15:00 p.m.

Trend Micro Tema Utama Keamanan Siber Masa Depan

Entertainment 5 December 2019 17:00 p.m.

Opera Gandari Suguhkan Pertunjukan Opera Baru