image default

Dobrak Persepsi, Obama Presiden AS Kulit Hitam Pertama (II)

oleh: emil History Wednesday, 22 May 2019 14:00 p.m.


Ketika melanjutkan pendidikannya di Amerika Serikat (AS), Barack Obama justru merasakan bagaimana rasisme membayangi orang-orang kulit hitam di sana. Salah satunya ketika ia bersekolah di Akademi Punahou, di mana ia merupakan satu dari tiga orang keturunan African-American yang ada di sana. Dari sana, Barack Obama merasakan bagaimana persepsi orang kulit hitam memiliki kesan sebagai “warga negara kedua” dibandingkan orang-orang kulit putih.

Setelah SMA, Barack Obama pun sempat berkuliah di Occidental College di Los Angeles selama dua tahun sebelum pindah ke Universitas Columbia di Kota New York. Pada tahun 1983, Obama pun lulus dengan meraih gelar di ilmu politik.

Ia kemudian memulai karirnya dengan bekerja di sektor bisnis, dan dua tahun kemudian memutuskan untuk pindah ke Chicago. Di sanalah ia mulai memperhatikan orang-orang atau masyarakat yang kurang beruntung dengan bekerja sebagai community organizer.

Obama Mendalami Dunia Hukum

Gambar: (Sumber: hollywoodreporter.com)

Barack Obama acap kali menyempatkan diri ke Kenya untuk bertemu dengan saudara-saudaranya di sana, sekaligus mengunjungi makam ayah biologisnya. Sebagaimana dilansir dari biography.com (14/3/2019), momen di Kenya itulah yang menjadi pembaruan bagi Obama untuk menjadi sosok yang lebih baik.

Obama kemudian mendalami ilmu hukum dengan berkuliah di Harvard Law School pada tahun 1988. Di saat yang sama, ia juga bergabung dengan firma hukum Sidley Austin di Chicago sebagai summer associate. Di sana, Barack Obama pun akhirnya bertemu dengan seorang pengacara muda yang juga merupakan calon istinya bernama Michelle Robinson. Saat itu Michele ditunjuk sebagai tutor Obama.

Gambar: (Sumber: coololdphotos.ocm)

Ketika Michelle dan Barack mulai kencan, Obama pun terpilih sebagai orang kulit hitam pertama yang menjadi editor di Harvard Law Review. Setahun kemudian, ia pun lulus dari Harvard Law School dengan magna cum laude.

Karir politik Obama dimulai setelah ia menjadi pengacara hak asasi manusia di firma hukum Miner, Barnhill & Galland di Chicago. Pasalnya, selain memiliki pekerjaan sampingan sebagai pengajar hukum konstitusional di University of Chicago Law School, Obama juga ikut dalam kampanye Bill Clinton pada pemilihan presiden Amerika Serikat 1992. Tidak lama setelah itu, Michele dan Barack pun menikah. Pernikahan ini dianugerahi dua putri, yakni Malia dan Sasha.

[#R]


Share To


emil

emil

May 22, 2019, 2:04 p.m.


tags : Barack Obama Obama Presiden AS


Average: 0
Rating Count: 0
You Rated: Not rated

Please log in to rate.


Comments


Please Login to leave a comment.

ARTIKEL TERKAIT LAINNYA

you may also like

Entertainment 25 September 2020 12:00 p.m.

Davina Raja Rilis “Berharap Tak Berpisah” Versi Galau

Entertainment 25 September 2020 9:00 a.m.

Mahen Luncurkan Single Terbaru “Datang Untuk Pergi”

Life Style 25 September 2020 7:00 a.m.

BMW M 1000 RR Bertenaga Gahar Debut Global