Pasukan-Drumband-Kraton-Jogja.jpg

Menguak Suara Drumband Misterius di Jogja

oleh: inggil Travel Monday, 2 December 2019 15:00 p.m.


Mancode - Bagi warga Kota Jogja tentu sudah tidak asing lagi dengan suara drumband misterius. Biasanya, alunan drumband tersebut terdengar pada sore hari pukul 15:00 yang kemudian berlanjut lagi saat tengah malam atau pagi dini hari. Anehnya, suara drumband ini setiap harinya mempunyai irama yang sama dan dapat didengar seantero Kota Gudeg itu.

Teman saya warga Jogja yang tidak ingin disebut namanya, mengaku pernah mencoba mencari tahu dari mana asal suara drumband ini. Ia mengikuti arah suaranya, kendati begitu setiap kali ia mencoba mencari tahu pusat suara gendungan drum itu selalu berpindah-pindah. Hingga akhirnya, teman saya pun menyerah dan menikmati alunan irama drum tersebut.

Jika ditelaah bersama Kota Jogja memang terkenal dengan berbagai mitos dan legenda yang menarik. Di tengah hiruk pikuknya Yogyakarta yang semakin modern, tanpa menghilangkan tradisi nenek moyang hingga sekarang ini.

Suara-Drumband-Misterius-Jogja.jpg

Banyak sekali tradisi serta mitos dari para leluhur warga Jogja untuk menjaga ketentraman. Misalnya saja, seperti tidak memakai pakaian berwarna hijau saat mengunjungi Pantai Selatan, tidak boleh pergi ke Candi Prambanan saat pacaran, hingga siapa yang bisa melewati dua pohon beringan di Alun-Alun Kidul dengan mata tertutup keinginannya dapat dikabulkan.

Salah satunya yang masih eksis hingga saat ini ialah suara drumband misterius yang bergema di langit Daerah Istimewa tersebut. Banyak teori dari yang logis hingga cerita mistis darimana suara drum ini berasal. Masyarakat pun juga secara bebas memilih mana yang dapat dipercaya.

Dari sisi mistisnya, suara drumband yang berkumandang di Kota Jogja ini dimaknai sebagai suara gendering pasukan Nyi Roro Kidul yang menuju Kraton Yogyakarta ataupun sebaliknya. Tentu, jika ada yang percaya teori ini tidak bisa disalahkan. Sedari dulu, masyarakat Jogja percaya akan hubungan erat Kraton dengan kerajaan Nyi Roro Kidul.

Nyi-Roro-Kidul.jpg

Adapula yang menyebutkan jika asal suara drumband ini berasal dari pasukan khusus Kraton yang tak kasat mata sedang berpatroli mengelilingi Kota Jogja, agar tidak ada bencana yang merugikan warganya.

Di sisi lain, suara drumband ini juga sebagai sambutan bagi para pendatang. Para pendatang dianggap beruntung jika mendengar suara alunan drum tersebut. Sebab, tidak semua pendatang dapat mendengar suara ini hanya mereka yang terpilih dengan niat baik datang ke Kota Jogja saja yang bisa mendengarkan.

Teori logis asal mula suara drumband ini berasal dari Taruna AAU yang sedang berlatih. Bahkan, pihak AAU sendiri juga membenarkan kalau para Taruna tersebut rutin berlatih drumband di pagi hari saat suasana sepi. Masuk di akal sih mengingat Kota Jogja memang kecil apalagi hanya berjarak sekitar 5 km dari pusat pelatihan AAU. Terlebih suasana pagi hari Kota Jogja memang sepi dan damai.

Pasukan-AAU-Drumband-Jogja.jpg

Banyaknya teori serta cerita itulah yang masih menjadi misteri darimana sejatinya suara drumband berkumandang di Jogja. Kendati begitu, hingga saat ini tidak ada kejadian buruk yang menimpa siapapun yang mendengarkan suara drum ini. Masyarakat setempat pun sudah terbiasa dan menikmati alunan irama drum tersebut.

Baca Juga: Mistisnya Pentas Ebeg di Banyumas

Baca Juga: Cerita Mistis Jembatan Panus Depok

Baca Juga: Mengenal Tari Seblang Ritual Mistis di Desa Banyuwangi


Share To


inggil

inggil

Dec. 2, 2019, 3 p.m.


tags : Kisah Mistis Jogja Drumband Misterius Jogja Suara Drumband Misterius Jogja Urband Legend Jogja Kota Jogja


Average: 0
Rating Count: 0
You Rated: Not rated

Please log in to rate.


Comments


Please Login to leave a comment.


ARTIKEL TERKAIT LAINNYA

you may also like

Entertainment 6 December 2019 17:00 p.m.

Opera Gandari Padukan Ragam Unsur Seni

Entertainment 6 December 2019 16:00 p.m.

Pegolf Thailand Bidik Kemenangan BNI Indonesia Masters 2019

Technology 6 December 2019 15:00 p.m.

Trend Micro Tema Utama Keamanan Siber Masa Depan

Entertainment 5 December 2019 17:00 p.m.

Opera Gandari Suguhkan Pertunjukan Opera Baru