The Panturas.jpg

Melodi Lintas Etnis dalam Single Terbaru The Panturas

oleh: galih Entertainment Friday, 20 November 2020 11:00 a.m.


Mancode - Melanjutkan eksistensi di industri musik Tanah Air, band The Panturas merilis karya terbaru berjudul "Balada Semburan Naga". Single ini bisa dibilang sebagai pembuka sekaligus pemanasan dari proyek album kedua mereka yang rencananya akan diluncurkan tahun depan.

Single "Balada Semburan Naga" merupakan sebuah nomor kolosal yang kaya akan instrumentasi dari berbagai melodi lintas etnis. Tidak hanya diwujudkan dalam musik, tapi juga berwujud visual. Seperti pemakaian warna merah, yakni warna yang identik dengan budaya Asia Timur pada sejumlah kanvas artwork mereka.

Bagus ‘Gogon’ Patria, pemain bass The Panturas mengatakan, pada single terbarunya ini memanghadirkan sesuatu hal yang baru, terutama dari sisi instrumen musik.

“Kami lebih mengeksplorasi corak suara yang aneh di sini. Tidak lagi cuma empat orang yang memainkan gitar, bas dan drum, tapi mulai berani menggunakan instrumen lain seperti kibord, tehyan (biola Betawi), dan synthesizer. Semuanya bisa terlaksana dengan matang berkat produser Lafa Pratomo,” ujarnya.

Sementara, Surya Fikri Asshidiq, sang drummer The Panturas mengatakan, single Balada Semburan Naga sesungguhnya adalah imajinasi pop cemerlang. Sebuah kisah pilu yang dialirkan secara jenaka. Musiknya dipenuhi estetika orientalis Asia, sengaja dimaksudkan untuk menyalurkan minat dansa para khalayak bergairah muda, petunjuk terbaik menjelang album kedua The Panturas yang sudah sepantasnya dinantikan.

“Konsep album kedua nanti ibarat berada di dalam sebuah kapal yang berisi banyak orang dari berbagai macam budaya. Ada Cina, Jepang, Arab, Eropa, Amerika dengan segala cerita dan permasalahan yang dimiliki. Kami merangkul mereka lalu coba menafsirkannya ke dalam bentuk musik yang beragam. Fusion dari surf rock, garage, rockabilly, Arabian, waltz sampai irama Melayu,” jelas Surya.

Konsep tersebut, tentunya menjadi hal yang baru dalam bermusik The Panturas. Keinginan mereka dapat terakomodasi dengan baik mengadirkan keseimbangan aransemen musikal, eksperimen maupun kesempurnaan tata suara tersaji dalam single "Balada Semburan Naga".

Baca Juga: Guernica Club Luncurkan Debut Single “Starry Night”

Baca Juga: “Tru Colors”, Salam Perkenalan dari Lucky Pit

Baca Juga: Livestream 'The Extravaganza' Joji Raih Rekor Baru


Share To


galih

galih

Nov. 20, 2020, 11 a.m.


tags : Album The Panturas Single Balada Semburan Naga The Panturas Single Terbaru The Panturas Entertainment


Average: 0
Rating Count: 0
You Rated: Not rated

Please log in to rate.


Comments


Please Login to leave a comment.

ARTIKEL TERKAIT LAINNYA

you may also like