Pasir-Putih-Lembah-Baliem.jpg

Melirik 5 Destinasi Wisata di Wamena dan Sekitarnya

oleh: rachli Travel Monday, 23 September 2019 16:00 p.m.


Sebagai pulau paling timur Indonesia, Papua memiliki pesona keindahan alam dan budaya yang sudah tidak diragukan lagi. Tidak hanya Raja Ampat, beredar destinasi wisata lainnya yang tidak akan habis dikunjungi. Salah satunya Wamena.

Wamena merupakan kota yang masuk wilayah Kabupaten Jayawijaya, Papua. Cukup banyak destinasi wisata di sekitar Wamena yang patut untuk dikunjungi ketika berada di Papua. Mulai dari mumi berusia ratusan tahun sampai telaga berair biru.

Banyaknya ragam destinasi wisata di Wamena dan sekitarnya, Mancode mencoba merangkumnya dari berbagai sumber. Berikut ini destinasi wisata Wamena yang bisa dikunjungi.

Lembah Baliem

Wamena dikelilingi oleh lembah bernama Baliem. Lembah ini merupakan tempat tinggal mayoritas Suku Dani. Masyarakat Suku Dani memiliki rumah berbentuk lingkaran yang bernama Honai.

Setiap awal Agustus, Lembah Baliem menjadi tuan rumah festival budaya tertua di Indonesia yakni Festival Lembah Baliem. Beragam ritual budaya, mulai dari tari perang sampai cara masak tradisional berupa bakar batu bisa dilihat wisatawan.

Tidak hanya itu, Lembah Baliem juga memiliki panorama alam yang mengagumkan. Hamparan rumput hijau dipagari pegunungan Jayawijaya yang tampak megah dari kejauhan.

Telaga Biru

Wisata Telaga Biru terletak di Distrik Maima atau berjarak sekitar 12 kilometer ke sebelah arah Tenggara dari Kota Wamena. Telaga ini berbentuk bulat secara alami dan airnya berwarna biru bening.

Wisata Telaga Biru ini juga mempunyai nilai sejarah, yakni mengandung unsur cerita warisan mengenai asal-usul manusia pertama yang hidup di Lembah Baliem. Dalam bahasa daerah setempat, penyebutan “ma-i-ma”, berarti tempat bawah.

Baca Juga: 5 Tempat Wisata Pulau Nias yang Wajib Dikunjungi

Baca Juga: Planet Tourism Indonesia 2019 Soroti Pariwisata Indonesia

Baca Juga: Menilik Kawasan Wisata di Desa Cangkuang

Mumi Berusia 289 Tahun dan Panorama Alam di Distrik Kerulu

Distrik ini memiliki bermacam-macam panorama alam, penulusuran goa, lahan pemancingan serta mumifikasi jasad kepala suku atau panglima suku perang. Ada mumi paling terkenal di Distrik Kerulu, namanya Wim Motok Mabel yang berusia 280 tahun.

Wim berarti perang, sementara Motok artinya panglima, dan mabel adalah nama aslinya. Dulu, Mabel adalah seorang panglima perang yang sangat disegani di Distrik Kerulu, bahkan seluruh Lembah Baliem. Tidak heran, Wim Motok Mabel disakralkan oleh penduduk setempat.

Kampung Sekan

Kampung Sekan merupakan salah satu lokasi destinasi wisata menarik lainnya di Lembah Baliem. Dari kampung ini, wisatawan bisa melihat Gunung Pugima dari kejauhan. Rumah-rumah adat yang indah terhampar di depan mata.

Pasir Putih Desa Aikima

Desa Aikima memiliki spot unik berupa bukit berpasir putih. Hal ini menjadi daya tarik sendiri, mengingat Wamena dan Lembah Baliem terletak ribuan kilometer jauhnya dari pantai. Berdasarkan sains, pasir putih ini ada karena bentukan alam.

Dulu, Lembah Baliem adalah sebuah danau raksasa bernama Wio. Sekitar 1813, terjadi gempa yang menyebabkan pergeseran dan perubahan geologi. Dari situ, terbentuk pula Sungai Baliem yang meliuk di tengah lembah. Konon, pasir putih Desa Aikima adalah salah satu sisi danau purba.


Share To


rachli

rachli

Sept. 23, 2019, 4 p.m.


tags : Raja Ampat Destinasi Wisata di Wamena Pesona Keindahan Alam dan Budaya Wamena Festival Lembah Baliem Papua


Average: 0
Rating Count: 0
You Rated: Not rated

Please log in to rate.


Comments


Please Login to leave a comment.


ARTIKEL TERKAIT LAINNYA

you may also like

Entertainment 9 December 2019 11:00 a.m.

Frederika Alexis Cull Finalis Miss Universe 2019

Entertainment 6 December 2019 17:00 p.m.

Opera Gandari Padukan Ragam Unsur Seni

Entertainment 6 December 2019 16:00 p.m.

Pegolf Thailand Bidik Kemenangan BNI Indonesia Masters 2019

Technology 6 December 2019 15:00 p.m.

Trend Micro Tema Utama Keamanan Siber Masa Depan