Masjid Istiqlal.jpg

Melihat Wajah Baru Masjid Istiqlal

oleh: galih Travel Saturday, 9 January 2021 7:00 a.m.


Mancode – Proses renovasi Masjid Istiqlal baru saja rampung. Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan renovasi masjid terbesar di Asia Tenggara tersebut kemarin sore. Ini menjadi renovasi yang pertama sejak 42 tahun masjid tersebut berdiri.

Presiden Jokowi punya harapan besar seteleh direnovasinya Masjid Istiqlal. Dia berharap ke depannya masjid tersebut bisa difungsikan sebagai sarana untuk meningkatkan iman takwa kepada Tuhan Yang Maha Esa.

Selain itu, dia juga berharap Istiqlal bisa menjadi contoh dan pelopor bagi masjid-masjid lain di seluruh dunia sebagai sarana yang berfungsi untuk membangun toleransi dan perdamaian.


"Sebagai negara dengan penduduk muslim terbesar di dunia, masjid Istiqlal harus jadi contoh dari masjid-masjid negara lain di dunia dalam mengembangkan syiar islam yang menyejukkan, membangun toleransi dan membangun perdamaian," kata Jokowi seperti dilansir cnnindonesia, Jumat (8/1/2020).

Ubahan Masjid Istiqlal

Pekerjaan penataan kawasan Masjid Istiqlal meliputi perapihan zonasi kawasan, perbaikan gerbang, penambahan plaza-plaza sebagai ruang publik, perbaikan tepi/tanggul sungai, penambahan gedung parkir lapis 2 (basement), perbaikan kantin, dan penambahan area PKL.

Halaman Masjid Istiqlal.jpg

Saat melangkahkan kaki ke area masjid, tampilan kawasan halaman masjid mengalami perubahan yang signifikan. Area kawasan tersebut terlihat sangat bersih, ditambah lagi pohon-pohon yang ada di sekitar area tersebut yang tertata sangat rapi sekali.

Beranjak ke bagian interior masjid. Lighting atau pencahayaan dalam ruangan utama salat terlihat sangat menakjubkan. Tiang-tiang berlapis besi yang memantulkan cahaya makin menambah kesan megah dalam masjid ini. Lampu di bagian kubah masjid yang sebelumnya berwarna keemasan, kini berubah menjadi warna biru.

Interior Masjid Istiqlal.jpg

Masjid ini juga dipasangi lift menuju lantai dua masjid. Ada juga ruangan khusus tamu VIP, seperti Presiden dan pejabat negara, yang berkunjung ke masjid. Ruangan ini bernama Al-Malik.

Perbaikan sistem mechanical electrical plumbing (MEP) juga dilakukan pada keseluruhan bangunan, instalasi solar panel pada atap selasar, dan perbaikan tata pencahayaan interior dan eksterior. Pencahayaan ini mengubah masjid terlihat eksotis, terutama di malam hari.

Masjid Istiqlal.jpg

Di samping renovasi di atas, untuk mendukung protokol kesehatan pencegahan Covid telah dibangun tempat cuci tangan tambahan di beberapa tempat seperti di dekat pintu masuk dan area food stall (PKL).

Diketahui, Masjid Istiqlal memiliki luas area kawasan 91.629 meter persegi (tidak termasuk area sungai) dan luas bangunan masjid 80.948 meter persegi yang dapat menampung 200.000 orang. Masjid ini menjadi masjid terbesar di Tanah Air, bahkan di Asia Tenggara.

Baca Juga: Menelisik Hagia Shopia: Tempat Penuh Sejarah di Turki

Baca Juga: Guru Universitas di Mesir Digugat karena Menghina Islam

Baca Juga: Masjid Katedral di Rusia Izinkan Pengunjung Masuk Pakai Sepatu




Share To


galih

galih

Jan. 9, 2021, 7 a.m.


tags : Masjid Istiqlal Travel Wajah Baru Masjid Istiqlal Renovasi Masjid Istiqlal


Average: 0
Rating Count: 0
You Rated: Not rated

Please log in to rate.


Comments


Please Login to leave a comment.

ARTIKEL TERKAIT LAINNYA

YOU MAY ALSO LIKE