Dolma.jpg

Melihat Tradisi Unik Ramadan di Azerbaijan

oleh: galih Travel Monday, 18 April 2022 13:00 p.m.


Mancode - Tahun ini, umat muslim di Azerbaijan mulai merayakan Ramadan pada 2 April 2022. Sama halnya seperti di Indonesia, sejak puasa hari pertama di Azerbaijan, antusiasme masyarakat terlihat dari nuansa yang terlihat di berbagai penjuru kota.

Menyambut Ramadan, masyarakat Azerbaijan memiliki sejumlah tradisi unik. Salah satunya menyelenggarakan lomba pacuan kuda, sebagai salah satu bentuk rasa untuk menunjukkan kebahagiaan mereka menyambut Ramadan.

Selain itu, tradisi unik lainnya adalah tukar hadiah dengan para tetangga dan menawarkan makanan kepada masyarakat yang kurang mampu dan membutuhkan.


Masyarakat Azerbaijan dikenal dengan kedemawarnanannya, karena selalu menyiapkan hidangan tambahan untuk berbuka puasa apabila sewaktu-waktu terdapat tamu yang datang berkunjung.

Kemudian, saat waktu berbuka puasa, mereka berkumpul bersama keluarga ataupun saudara untuk menyantap makanan buka puasa secara bersama - sama. Sambil menunggu waktu berbuka, biasanya mereka membaca ayat suci Alquran bersama- sama.

Ketika berbuka, terdapat beberapa makanan khas yang biasa disajikan, namun kebanyakan mereka berbuka dengan memakan kurma dan meminum susu. Terdapat juga beberapa jenis sup yang biasanya banyak disajikan seperti dolma, plov, dan qovurma.

Dolma merupakan makanan yang terdiri dari daging domba cincang dicampur dengan nasi dan dibumbui dengan mint, adas, dan kayu manis, dan dibungkus dengan daun anggur atau daun kubis.

Sedangkan plov merupakan hidangan nasi yang disajikan dengan daging domba atau sapi, bawang, dan wortel. Sementara Qovurma adalah hidangan yang dimasak dari beberapa varietas, yang terdiri dari daging dan buah, rempah-rempah, atau sayuran.

Saat Ramadhan, umat muslim di Azerbaijan juga banyak menjalin silaturahmi dengan kerabat dan rekan - rekannya. Terutama untuk kaum muda, mereka akan mengunjungi kerabatnya yang lebih tua.

Saat berkunjung, mereka biasanya membawa makanan khas Azerbaijan sebagai buah tangan ataupun sebagai santapan bersama saat berbuka puasa, misalnya kurma, manisan, dan pilaf.

Pilaf merupakan hidangan dari beras yang ditumis bersama rempah-rempah di dalam minyak (mentega) hingga kekuningan dan ditanak dengan air kaldu.

Perayaan Idul Fitri

Khusus di hari raya Idul Fitri, seluruh umat muslim di Azerbaijan merayakan dengan penuh suka cita. Masyarakat berbondong-bondong datang ke masjid untuk melakukan salat Idul Fitri.

Sama halnya di Indonesia, usai melakukan salat Idul Fitri, masyarakat saling bersilaturahmi satu sama lain. Berkumpul bersama keluarga dan sanak saudara sambil bertukar hadiah dan juga mencicipi hidangan khas Azerbaijan.

Usai berkumpul bersama keluarga, mereka saling mengunjungi teman dan kerabat lainnya. Dalam tradisi di Azerbaijan, biasanya anak-anak muda mengunjungi yang lebih tua.

Masyarakat di Azerbaijan biasanya merayakan hari raya Idul Fitri dua atau tiga hari mengikuti jadwal yang ditetapkan pemerintah.

Itulah gambaran tentang bagaimana muslim di Azerbaijan merayakan Ramadan. Sebagai negara yang mayoritas penduduknya memeluk agama Islam, nuansa Ramadan di sana selalu penuh dengan suka cita dan antusiasme yang tinggi oleh para warganya.

Baca Juga: 5 Negara Ini Punya Tradisi Unik Selama Ramadhan

Baca Juga: Melihat Tradisi Unik Perayaan Idul Fitri di 4 Negara




Share To


galih

galih

April 18, 2022, 1 p.m.


tags : Tradisi Ramadan Azerbaijan Azerbaijan Ramadan Travel


Average: 0
Rating Count: 0
You Rated: Not rated

Please log in to rate.



Comments


Please Login to leave a comment.

ARTIKEL TERKAIT LAINNYA

YOU MAY ALSO LIKE

Technology 29 September 2022 18:00 p.m.

Infinix Luncurkan Note 12i 2022, Harganya Rp2 Jutaan

Technology 12 September 2022 15:00 p.m.

5 Cara Bikin Puas Streaming Film