Perayaan-Natal.jpg

Melihat Tradisi Unik Perayaan Natal di Berbagai Negara

oleh: galih Life Style Friday, 25 December 2020 5:00 a.m.


Mancode – Jutaan umat Kristen dan Katolik dari seluruh dunia bersiap merayakan Hari Natal. Di setiap negara memiliki tradisi dalam merayakan momen spesial ini. Di Indonesia, misalnya, perayaan Natal disemarakkan dengan acara berkumpul dan berbakti bersama.

Negara lain di dunia juga memiliki cara dan tradisi sendiri dalam merayakan Natal. Bahkan, tradisi mereka bisa dibilang cukup unik. Penasaran bukan? Kali ini, Mancode coba mengulas tradisi Natal di sejumlah negara yang berhasil dirangkum dari berbagai sumber.

Jepang

Tradisi-Natal-Jepang.jpg

Di Negara Sakura ini, memiliki tradisi perayaan Natal yang unik. Di mana, mayoritas warga yang merayakan Natal, selalu menjadikan Kentucky Fried Chicken (KFC) sebagai hidangan wajib yang disantap saat Natal tiba. Warga Jepang bahkan rela mengantre untuk bisa menikmati KFC.


Tradisi ini sudah lama dilakukan warga Jepang. Pada 2016, tercatat ada 3,6 juta warga Jepang memutuskan merayakan Natal dengan makan malam menyantap ayam goreng KFC.

Australia

Tradisi Natal Australia.jpg

Natal identik dengan musim dingin di Eropa. Namun, hal ini tidak berlaku di Australia. Di Negara Kanguru ini, warganya justru merayakan Natal dalam suasana musim panas.

Umumnya, mereka berkumpul di luar saat jam makan siang dan memanggang barberque dan pergi ke pantai. Tradisi lainnya adalah Carols by Candlelight, yang dirayakan di seantero kota di Australia. Di mana sekelompok orang akan berkumpul di jalan, dan manyanyikan lagu-lagu Natal sambil memegang lilin.

Meksiko

Tradisi Natal Meksiko.jpg

Perayaan Natal justru lebih meriah diadakan di Meksiko. Setiap tahunnya, terdapat Festival Las Pasadas, yang dirayakan antara 16 sampai 24 Desember. Festival ini mengenang perjalanan Yusuf dan Maria dari Nazareth ke Betlehem, dan mencari tempat agar Maria bisa melahirkan Yesus.

Rombongan anak-anak yang berpakaian seperti Yusuf dan Maria, mencari tempat singgah di rumah warga yang telah ditentukan. Setiap rumah yang disinggahi, prosesi dimulai ketika pasangan itu menanyakan apakah bisa menginap, yang kemudian dibalas dengan minuman serta lagu Natal dinyanyikan.

Filipina

Tradisi Natal Filipina.jpg

Perayaan Natal yang meriah juga kerap dilakukan di Filipina. Perayaan tersebut biasanya berlangsung di antara September hingga Januari, di mana lentera bernama “parols”, terbuat dari bambu dan kertas dipasang di kota dan desa.

Tak hanya itu, ada juga kontes untuk melihat dekorasi Natal tercantik, yang kemudian di malam Natal mereka berkumpul untuk menikmati jamuan besar.

Amerika Serikat

Tradisi Natal Amerika Serikat.jpg

Di Negeri Paman Sam, umat Kristiani di sana punya cara tersendiri untuk merayakan Natal. Mereka biasanya menggelar acara berupa tukar kado. Mereka saling memberikan kartu ucapan dan mendekor rumah dengan hiasan Natal. Selain itu, mereka biasanya mengadakan dinner atau makan malam bersama keluarga atau sahabat dengan menu utama ayam kalkun.

Norwegia

Tradisi Natal Norwegia.jpg

Sebagian warga di sana, masih terdapat kepercayaan tertentu ketika perayaan Natal tiba. Menyembunyikan sapu misalnya. Tradisi ini dipercaya mencegah penyihir dan roh jahat mencuri sapu mereka pada 24 Desember, dan digunakan untuk terbang.

Kemudian, bertepatan Hari Natal, mereka juga biasanya akan menyajikan manisan bernama riskrem, yakni puding beras dingin dengan saus berry.

Belanda

Tradisi Natal di Negeri Kincir Angin ini adalah dengan meniup terompet saat pertengahan musim dingin bulan Desember. Uniknya, terompet yang digunakan terbuat dari kayu yang menyerupai tanduk alpine dan mengeluarkan bunyi melankolis.

Baca Juga: Berburu Pernak-Pernik Natal di Jakarta

Baca Juga: Sambut Natal dan Tahun Baru, Tangcity Mall Hadirkan Drama Musikal

Baca Juga: Menginap Dua Malam, Gratis Satu Malam di Sahid Serpong




Share To


galih

galih

Dec. 25, 2020, 5 a.m.


tags : Natal Perayaan Natal Tradisi Natal Tradisi Unik Perayaan Natal Life Style


Average: 0
Rating Count: 0
You Rated: Not rated

Please log in to rate.



Comments


Please Login to leave a comment.

ARTIKEL TERKAIT LAINNYA

YOU MAY ALSO LIKE

Entertainment 3 September 2021 9:00 a.m.

40 Tahun Berpisah, ABBA Reuni dalam Album "Voyage”

Entertainment 31 August 2021 13:00 p.m.

Mantap! Debut Solo Lisa BLACKPINK Raih Rekor

Entertainment 26 August 2021 8:00 a.m.

Jojo Laurens Rilis Debut Single “Melepas Selamanya”

Entertainment 23 August 2021 13:00 p.m.

Krisis Investor Chievo Verona Dibubarkan