Melihat Tradisi Unik Perayaan Idul Fitri di 4 Negara.jpg

Melihat Tradisi Unik Perayaan Idul Fitri di 4 Negara

oleh: rachli Travel Thursday, 21 May 2020 7:00 a.m.


Mancode - Idul Fitri atau lebaran merupakan hari raya yang ditunggu-tunggu oleh umat Islam di seluruh dunia usai melaksanakan ibadah puasa Ramadhan selama satu bulan penuh. Perayaan hari raya ini diperingati dengan rasa suka cita, dengan harapan jiwa dan rohani kembali bersih.

Dalam perayaannya, masing-masing umat Islam di dunia memiliki cara atau tradisi yang berbeda. Di Indonesia sendiri, umumnya melakukan halal bihalal ke keluarga maupun kerabat, berziarah ke makam, menikmati hidangan khas Ramadhan, hingga mudik atau pulang kampung.

Lalu, bagaimana dengan perayaan Idul Fitri di negara lain? Merangkum dari berbagai sumber, berikut ini tradisi unik perayaan Idul Fitri di empat negara.

India dan Pakistan

Sebagai bagian dari persiapan Idul Fitri, perempuan di India menyiapkan Mehndi sehari sebelumnya. Mehndi adalah pakaian meriah, perhiasan dan gelang tradisional yang berwarna-warni. Mehndi menjadi bagian terpenting dari perayaan Idul Fitri bagi perempuan.

Selain itu, pada hari Idul Fitri juga akan dijumpai rumah-rumah yang diterangi dengan lampu-lampu bercahaya, serta hidangan biryani daging kambing yang lezat dan hidangan penutup belaka khurma yaitu puding yang terbuat dari susu, kismis dan kacang-kacangan.

Turki

Di Turki, Idul Fitri disebut dengan Seker Bayrami atau hari raya manisan. Di sana, Idul Fitri identik dengan bagi-bagi manisan, permen, atau coklat. Dalam tradisi ini, anak-anak yang berkunjung ke rumah saudara atau tetangga akan dibagikan permen, coklat, atau baklava.

Tiongkok

Hampir sama dengan Indonesia, umat Islam di Tiongkok juga melakukan ziarah. Umat Islam yang berada di Provinsi Yunan memliki tradisi berziarah ke makam Sayyid Ajjal al-Dinar Omar saat Idul Fitri. Sayyid Ajjal merupakan gubernur pertama Yunan yang pertama kali menyebarkan Islam.

Sayyid Ajjal juga mengajarkan toleransi antar umat beragam. Ketika berziarah, mereka membaca Al-Qur’an mendoakan dan membersihkan makam Sayyid Ajjal.

Uni Emirat Arab (UEA)

Hari pertama Idul Fitri di UEA adalah eksklusif untuk menghabiskan waktu bersama keluarga dan kerabat. Hidangan tradisionalnya yang populer adalah Harees dan Balaleet. Harees merupakan makanan sejenis bubur gandum dan daging. Sedangkan, Balaleet merupakan sajian mie bihun manis dengan telur dadar. Kedua makanan ini adalah hidangan wajib di Idul Fitri.

Baca Juga: 5 Rekomendasi Desa Wisata di Indonesia

Baca Juga: Cara Dapat Teman Baru dengan Solo Traveling

Baca Juga: Melirik 5 Destinasi Wisata di Wamena dan Sekitarnya


Share To


rachli

rachli

May 21, 2020, 7 a.m.


tags : ibadah puasa Ramadhan umat Islam Idul Fitri Perayaan hari raya hidangan khas Ramadhan Lebaran


Average: 0
Rating Count: 0
You Rated: Not rated

Please log in to rate.


Comments


Please Login to leave a comment.

ARTIKEL TERKAIT LAINNYA

you may also like

Entertainment 23 September 2020 12:00 p.m.

Mengenal Wanita Indonesia Pertama Model Majalah Playboy

Entertainment 23 September 2020 11:00 a.m.

Kisah Belenggu Cinta Posesif Hanggini dalam ‘Ruang Bahagia’

Entertainment 23 September 2020 10:00 a.m.

BTS Bagikan Kisah di Balik Pembuatan Lagu ‘Dynamite’