Arifin-C-Noer.jpg

3 Film Legendaris Karya Arifin C Noer

oleh: rachli Entertainment Monday, 30 September 2019 14:00 p.m.


Setiap tahunnya, pada tanggal 30 September diperingati tentang peristiwa pembunuhan sejumlah Jenderal TNI atau lebih dikenal dengan Gerakan 30 September/PKI (G30S/PKI) pada 1965. Peristiwa itu kemudian difilmkan dengan judul Pengkhianatan G30S/PKI karya Arifin C Noer.

Pada masa Orde Baru (Orba), film yang mengisahkan upaya percobaan kudeta yang dilakukan oleh Partai Komunis Indonesia (PKI) dengan membunuh sejumlah Jenderal TNI ini diputar setiap tanggal 30 September malam.

Film G30S/PKI diproduksi selama kurang lebih dua tahun dengan menghabiskan biaya sebesar Rp800 juta yang terbilang besar saat itu. Dalam film ini, sebagian besar adegan dibuat dalam rekaan ulang meskipun ada juga beberapa bagian berupa dokumentasi.

Arifin C Noer tidak hanya memproduksi film Pengkhianatan G30S/PKI. Merangkum dari berbagai sumber, berikut sejumlah film karya Arifin di antaranya:

Serangan Fajar

Serangan Fajar adalah film dokumenter drama perang Indonesia pada 1982. Film ini mengisahkan tentang tiga bagian drama sejarah yang menentukan nasib bangsa pada 1945, di mana perang telah berakhir dan Indonesia berusaha meraih kemerdekaannya.

Kisah ini mengambil tokoh seorang paman dan keponakannya, Temon, di mana kisah ini menceritakan tentang sang paman yang berusaha untuk mendapatkan cinta dari gadis pujaannya. Sedangkan keponakannya sendiri lebih dalam usahanya menunggu sang ayah yang berprofesi sebagai tentara kembali dari medan perang.

Djakarta 1966

Djakarta 1966 adalah film dokumenter drama tahun 1988. Film ini diproduksi oleh studio PPFN milik negara, dan dimaksudkan sebagai sekuel dari film Pengkhianatan G30S/PKI. Film ini menceritakan kronologi lahirnya Surat Perintah Sebelas Maret tahun 1966 berdasarkan versi pemerintah Orde Baru. Dalam keadaan negara yang genting paska Gerakan 30 September, Presiden Soekarno memberikan wewenang kepada Letjen Soeharto berupa Supersemar.

Suci Sang Primadona

Tidak hanya membuat film bertemakan sejarah, Arifin C Noer juga memproduksi film tentang kehidupan. Suci Sang Primadona adalah film Indonesia yang dirilis pada tahun 1977 dan dibintangi oleh Joice Erna, Rano Karno dan Sukarno M. Noor.

Film ini bercerita tentang proses pencarian jatidiri Suci, yang berkecimpung di dunia teater. Ia lalu mencari sosok yang bisa menjadi inspirasinya dalam meraih kesuksesan. Suci kemudian bertemu dengan Eros, pria yang berusaha lari dari tekanan orangtuanya. Suci pun jatuh cinta pada Eros, tetapi di satu sisi ia menyadari sulit untuk meraih cinta itu.

Baca Juga: Waralaba Film Chucky Rilis Trailer Child’s Play Reboot

Baca Juga: Film A Quiet Place 2 Dijadwalkan Tayang 15 Mei 2020

Baca Juga: 4 Film Adaptasi Game yang Wajib Ditonton


Share To


rachli

rachli

Sept. 30, 2019, 2 p.m.


tags : Film Pengkhianatan G30S/PKI Arifin C Noer G30S/PKI Sutradara Teater dan Film Film Karya Arifin C Noer


Average: 0
Rating Count: 0
You Rated: Not rated

Please log in to rate.


Comments


Please Login to leave a comment.


ARTIKEL TERKAIT LAINNYA

you may also like

Technology 11 December 2019 17:00 p.m.

Blibli.com Siapkan Ragam Penawaran Akhir Tahun

Travel 10 December 2019 15:00 p.m.

5 Lokasi Wisata Berkonsep Glamping

Life Style 10 December 2019 15:00 p.m.

Apa Benar Orang Malas adalah Orang yang Kreatif?