MATAHARI.jpg

Melihat Permukaan Matahari Lebih Dekat

oleh: inggil Technology Tuesday, 4 February 2020 9:00 a.m.


Mancode - Baru-baru ini ilmuwan NASA berhasil mengambil gambar permukaan matahari secara dekat. Hal ini tentu membuat bangga dunia astronomi, pasalnya potret gambar matahari yang dihasilkan sangatlah jelas dan jernih. Sehingga memunculkan tampilan matahari dengan struktur yang sangat detail.

National Science Foundation berhasil mengambil gambar permukaan matahari secara jelas tersebut. Foto tersebut diambil menggunakan Teleskop Surya Daniel K.Inouye (DKIST) di Hawaii. Kabarnya, penampakan foto tersebut diambil pada 10 Desember 2019. DKIST sendiri disebut mampu mengamati struktur permukaan matahari sekecil 18,5 mil.

Sebagai informasi, DKIST adalah observatorium terbesar yang khusus mempelajari Matahari. Telekospnya dapat menentukan secara jelas dan detail permukaan yang hanya 18,mil menjadi tiga kali lebih sensitif dari pendahulunya. Selain mengambil permukaan matahari lebih dekat, DKIST juga mampu mengambil bidikan seluas 23.000 mil Matahari.

Permukaan-Matahari.jpg

Hasil potret permukaan matahari dari teleskop DKIST juga menjadi penemuan terbaru. Pasalnya, dalam sejarah ilmu pengetahuan belum ada rekaman benda langit yang terlihat jelas seperti ini. Dibuat oleh NASA pada 2013 lalu, teleskop ini merupakan yang paling canggih dari yang lainnya. Hal tersebut dibuktikan dari penggunaan kaca utama yang memiliki tebal empat meter.

DKIST rencananya akan digunakan untuk mengungkapkan beberapa misteri terbesar dari bintang terdekat Bumi ini, termasuk alasan mengapa atmosfer Matahari yang disebut Corona 300 kali lipat lebih panas daripada permukaannya.

Dalam gambar yang ditangkap terlihat permukaan matahari terbagi dari beberapa sel yang katanya tiga kali lipat lebih besar dari Kota Jakarta. Sel-sel tersebut seolah terpotong oleh garis hitam bak jalanan pada gurun pasir.

Diperkirakan pusat pelepasan tersebut memiliki suhu yang sangat panas. Kurang lebih mencapai suhu 6.000 derajat Celcius. Meskipun bagian tengah matahari memiliki suhu yang sangat panas, namun di sekelilingnya tidak terlalu panas. Hal tersebut membuat sekeliling matahari berwarna hitam.

Pengamatan matahari ini juga memberikan pelajaran sekaligus pengetahuan baru. Karena belum pernah ada teleskop yang menampilkan gambar matahari secara detail. Struktur matahari inilah yang menjadi objek penelitian paling jelas dan detail. Dengan begitu, para ilmuwan akan lebih mudah dalam menganalisa tentang matahari.

Baca Juga: Terungkap Ledakan Kosmik Paling Kuat di Semesta


Share To


inggil

inggil

Feb. 4, 2020, 9 a.m.


tags : Permukaan Matahari Sun Surface DKIST Matahari NASA


Average: 0
Rating Count: 0
You Rated: Not rated

Please log in to rate.


Comments


Please Login to leave a comment.

ARTIKEL TERKAIT LAINNYA

you may also like

Entertainment 21 September 2020 12:00 p.m.

Sounday Coba Raih Peruntungan di Industri Musik Tanah Air

Life Style 21 September 2020 10:00 a.m.

Melihat Lebih Detail Kecanggihan All-New Audi A6

Entertainment 21 September 2020 9:00 a.m.

Fina Phillipe, Presenter Cantik Doyan Touring Jarak Jauh

Entertainment 19 September 2020 9:00 a.m.

Tandai 17 Tahun Berkarya, D’Masiv Rilis Album Terbaru