Kokonao Papua.jpg

Indahnya Kokonao Kota Bersejarah yang Terlupakan di Papua

oleh: inggil Travel Tuesday, 20 August 2019 14:00 p.m.


Sebagai wilayah paling timur di Indonesia, Papua menyimpan kekayaan alam yang melimpah di berbagai daerah, salah satunya Kokonao. Di tengah lebatnya hutan sagu dan bakau di pesisir Papua Selatan, terdapat sebuah daerah yang terperosok sepi dan terlupakan, namun kaya akan keindahan alamnya.

Berasal dari kata Kaokandau, yang mana bila dipisahkan Kaoka artinya Perempuan, dan Ndau artinya Dibunuh. Ceritanya, dulu pernah ada sekelompok perempuan yang sedang bermain di hilir sungai lalu dibunuh. Dari cerita itulah tempat ini digunakan dan menjadi salah satu kota tua yang punya nilai sejarah tinggi.

Baca Juga: Wisata Kota Malang untuk Traveler Penggemar Suasana Alami

Disebut dengan kota yang mempunyai nilai sejarah tinggi, pasalnya, dulu saat perang dunia ke II, Kokonao pernah menjadi pangkalan militer Jepang. Selain itu, kota ini juga menjadi kota pendidikan Yayasan Katolik yang terkenal jaman Belanda

Kokonao Papua.jpg

Kokonao memiliki pemandangan alam yang sangat indah, kota ini merupakan ibu kota distrik Mimika Barat, Papua. Untuk mencapainya kita bisa menggunakan speedboat dari Mapirujayam Timika. Membutuhkan waktu dua setengah jam lebih menyusuri sungai-sungai yang bercabang dan bermuara ke Laut Arafa.

Kokonao Papua.jpg

Layaknya di daerah pesisir selatan Papua, untuk menuju ke Kokonao harus melihat kondisi pasang surut air laut terlebih dahulu. Pasalnya, pada saat air laut surut, sungai-sungai akan menjadi dangkal dan berubah menjadi hamparan lumpur. Jika beruntung, akan ada pesawat perintis dari Timika yang bisa mencapai Kokonao dalam waktu 25 menit. Namun, tidak setiap harinya penerbangan ke kota bersejarah ini selalu ada.

Kokonao Papua.jpg

Terlupakannya Kokonao sebagai kota yang punya nilai sejarah tinggi, menyebabkan minimnya pelayanan listrik. Hanya ada satu-dua genset milik para pedagang Bugis dan Paroki Maria Bintang Laut Kokonao.

Sarana publik di Kokonao sendiri ada SD Negeri, Sekolah Menengah, dan Sekolah Sepak Bola yang dikelola Paroki bekerja sama dengan Lembaga Pengembangan Masyarakat Amungme dan Kamoro (LPAMK). Ada pula beberapa sarana kesehatan seperti Puskesmas, dan tempat-tempat beribadah.

Kokonao Papua.jpg

Mempunyai penduduk berjumlah 4000 jiwa, mata pencarian mereka masih berburu dan meramu. Alam papua yang kaya akan beragam tumbuhan dan satwa telah menyediakan segala kebutuhan mereka. Banyaknya pohon sagu di sepanjang pesisir dan ikan menjadi sumber makanan utama penduduk Kokonao. Sedangkan, urusan berburu sendiri para warga mencari babi, anjing hutan, kus-kus, burung kasuari, dan kangguru pohon.

Baca Juga: Rekomendasi 5 Tempat Wisata Alam di Jakarta

Untungnya, ada beberapa kantor yang akan direnovasi oleh Dishubkominfo Kabupaten Mimika. Hal tersebut menjadi komitmen Dishubkominfo dalam menciptakan pelayanan dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat serta memberikan aksebilitas yang lebih baik. Sehingga dapat mengakomodasi kebutuhan mobilitas penduduk melalui jaringan transportasi darat yang terputus di perairan antar pulau.


Share To


inggil

inggil

Aug. 20, 2019, 2 p.m.


tags : Travel Kota Bersejarah Papua Kota Kokonao Papua Wisata Papua Kokonao Papua


Average: 0
Rating Count: 0
You Rated: Not rated

Please log in to rate.


Comments


Please Login to leave a comment.


ARTIKEL TERKAIT LAINNYA

you may also like

Entertainment 6 December 2019 17:00 p.m.

Opera Gandari Padukan Ragam Unsur Seni

Entertainment 6 December 2019 16:00 p.m.

Pegolf Thailand Bidik Kemenangan BNI Indonesia Masters 2019

Technology 6 December 2019 15:00 p.m.

Trend Micro Tema Utama Keamanan Siber Masa Depan

Entertainment 5 December 2019 17:00 p.m.

Opera Gandari Suguhkan Pertunjukan Opera Baru