Karier-Melanie Subono-di dunia-musik.jpg

Melalui Musik, Cara Melanie Subono Berkomunikasi

oleh: rachli Entertainment Wednesday, 8 January 2020 7:00 a.m.


Mancode - Banyak hal yang bisa disampikan lewat musik. Itulah kalimat yang diutarakan oleh Melanie Subono saat Redaksi Mancode berkesempatan berbincang dengannya di akhir tahun 2019 lalu menyoal kenapa dirinya terjun ke dunia musik.

Namun sebelum itu, Melanie memang merasa tidak tahu secara pasti kenapa bisa menekuni musik. Melanie belajar musik secara otodidak. Akan tetapi, pada dasarnya wanita kelahiran Hamburg, Jerman pada 20 Oktober 1976 ini gemar menulis dan membuat lagu.

Baca Juga: Band HIDUP Sambangi Mancode.id

“Banyak hal yang bisa saya sampaikan tanpa harus banyak bicara dan berdebat. Lewat musik, saya bisa berkomunikasi langsung,” kata Melanie.

Kesukaan terhadap musik, membuat Melanie menelurkan beberapa karya. Debut sebagai penyanyi dengan merilis album bertajuk Melanie pada 2004 dengan mengusung genre rock dan rock and roll. Album ini berisi 10 lagu, salah satunya cover lagu Gombloh berjudul Kugadaikan Cintaku.

Photo Melani Subono 2.jpg

Selanjutnya, pada 2007 Melanie kembali rilis album bertajuk Myself. Album kedua Melanie ini mengusung genre punk rock dan menjagokan single Gue Rock N Roll. Melanie juga merilis ulang lagu dari grup band Slank berjudul Lagi Gampang.

Baca Juga: Pusakata Bercerita tentang Lagu Pesisir

Pada tahun 2010, Melanie kembali merilis album Time Alone with You. Selang dua tahun, tepatnya pada 2012 kembali menelurkan album Aku, Kamu, Mereka, Kalian. Pada 2014, Melanie merilis album Berakhir & Selesai, dan di tahun 2018, Malaikat Brengsek jadi album berikutnya yang di dalamnya terdapat lima lagu.

Bak gayung bersambut, Melanie pun sempat meraih beragam penghargaan atas karyanya, seperti Best Solo Female Rock Singer di Anugrah Musik Indonesia (AMI) Award 2008, IKON ASEAN Award 2008, dan LSPR Excellence Alumni Award 2011.

Tidak hanya berhenti di situ saja. Melanie Subono kembali menelurkan karya. Pada Januari 2020, rencananya Melanie akan merilis single dengan judul Jangan Mati Sebelum Berguna. Single ini bergenre punk dan rock and roll.

Baca Juga: Suara Disko Siap Edukasi Musik Indonesia di Australia

Melanie bercerita, single Jangan Mati Sebelum Berguna ini diperuntukan untuk beragam hal yang berguna bagi sesama dan lingkungan. Bukan menyoal sesuatu yang besar atau kecil, namun berguna itu adalah sesuatu yang dilakukan.

“Berguna itu juga bukan soal besar atau kecil, tapi berguna itu dilakukan atau tidak. Namun, orang kita terkadang lupa, kalau mau berguna itu harus melakukan hal yang besar dan lupa yang kecil,” ungkap Melanie.

Anak dari pasangan Andrie Subono dan Chrisje Fransz Subono ini juga memanfaatkan musik sebagai media yang menyuarakan beragam aspirasi, mulai dari sosial, kemanusiaan, isu perempuan, lingkungan, kecintaan terhadap hewan, dan lain sebagainya.


Share To


rachli

rachli

Jan. 8, 2020, 7 a.m.


tags : musik jadi media komunikasi melanie subono adrie subono Aktivis


Average: 0
Rating Count: 0
You Rated: Not rated

Please log in to rate.


Comments


Please Login to leave a comment.

  • Taniacantik 10 months, 4 weeks lalu
    Taniacantik

    Mau tau caranya dapat uang dengan mudah? Kunjungi pokerme89.net disana kamu hanya perlu bermain game dan bisa dapat keuntungan jutaan rupiah loh, mudah bukan? Makanya gabung sekarang juga.

ARTIKEL TERKAIT LAINNYA

you may also like

Life Style 1 December 2020 10:00 a.m.

Detail Spesifikasi dan Harga Wuling Almaz Limited Edition

Life Style 30 November 2020 11:00 a.m.

Ritel Topshop Diambang Penutupan

Life Style 30 November 2020 9:00 a.m.

Wacana Batasan Usia Pemilik Akun Media Sosial