Kejahatan Siber.jpg

McAfee Berikan Cara Jitu Jaga Keamanan Pribadi di Internet

oleh: galih Technology Thursday, 4 February 2021 8:00 a.m.


Mancode – penyedia solusi keamanan cyber, McAfee mengumumkan hasil temuan dari laporan terbaru mereka bertajuk 2021 Consumer Security Mindset Report. Dalam laporan tersebut terungkap bahwa walau pola hidup digital masyarakat Indonesia terbentuk karena pandemi, mereka akan tetap melakukan sebagian besar aktivitas secara online. Mulai dari aktivitas sosial, belanja online, perbankan online, dan lainnya.

Seiring dengan meningkatnya aktivitas online, netizen Indonesia juga makin rentan terhadap serangan kejahatan siber. McAfee menemukan bahwa 81 persen responden Indonesia paling khawatir terhadap pencurian data keuangan pribadi. Selain itu, sebanyak 80 persen responden juga khawatir bahwa informasi pribadi mereka, seperti tanggal lahir atau alamat dapat diretas.

Terry Hicks, ECP McAfee’s Consumer Business mengatakan langkah pertama untuk menjaga diri dari serangan siber adalah mengetahui cara-cara yang dapat dilakukan untuk menjaga keamanan online dan kesehatan digital kita.


“Mencegah selalu lebih baik dari mengobati. Semua orang dapat melakukan kebiasaan online yang aman, mulai dari aplikasi yang diunduh, situs yang dikunjungi, sampai dengan email yang dibuka. Mengubah pola pikir dan perilaku adalah hal yang sangat penting dalam melindungi privasi dan identitas diri kita,” ungkapnya.

Kebiasaan Berbelanja

Kebiasaan berbelanja konsumen menunjukkan bagaimana mereka menjalani kehidupan digitalnya, dengan lebih dari dua pertiga (69 persen) responden mengatakan bahwa mereka telah membeli setidaknya satu perangkat terhubung pada 2020, sedangkan seperlima (14 persen) responden telah membeli tiga perangkat. Konsumen juga sudah merasa nyaman berbagi informasi di ranah online walaupun risikonya tinggi, terlebih dengan banyaknya layanan yang meminta data dan kontak pribadi.

Laporan McAfee menemukan bahwa 92 persen responden sudah mulai menggunakan fitur online yang dirancang untuk kemudahan atau kenyamanan sejak tahun lalu. Contohnya mengunduh aplikasi web atau seluler dibandingkan menggunakan situs desktop.

Selain lalai keamanan siber, netizen Indonesia juga mengaku tidak tahu apa tujuan peretas mengambil data mereka. Peretas atau hackers selalu mencari cara untuk memanfaatkan orang lain demi mendapatkan keuntungan, dan data identitas seseorang sangat berharga karena dapat dijual dengan harga yang tinggi.

Cara Menjaga Keamanan Pribadi di Internet

Gunakan autentikasi multi-faktor (multi-factor authentication) untuk memeriksa kembali keaslian pengguna digital dan menambahkan lapisan keamanan untuk melindungi data dan informasi pribadi

Kemudian, pastikan kamu terhubung ke akses internet dengan hati-hati. Jika kamu harus melakukan transaksi dengan WiFi umum, gunakan Virtual Private Network (VPN) seperti McAfee® Safe Connect untuk membantu Anda tetap aman saat online

Selanjutnya, jelajahi internet dengan keamanan tambahan gunakan alat bantu seperti McAfee WebAdvisor untuk memblokir malware dan situs phishing yang berbahaya.

Terakhir, lindungi identitas pribadi dan informasi pribadi lainnya dengan menggunakan McAfee Identity Theft Protection yang juga membantu memulihkan informasi jika identitas diretas.

Baca Juga: Awas! Artis K-Pop Jadi Target Serangan Siber Tertinggi

Baca Juga: 10 Judul Film Streaming Berpotensi Jadi Target Kejahatan Siber

Baca Juga: Mengulik Performa Chipset Exynos 2100 Milik Samsung




Share To


galih

galih

Feb. 4, 2021, 8 a.m.


tags : Technology Kejahatan Siber Keamanan Data Pribadi McAfee


Average: 0
Rating Count: 0
You Rated: Not rated

Please log in to rate.



Comments


Please Login to leave a comment.

ARTIKEL TERKAIT LAINNYA

YOU MAY ALSO LIKE