Raih Nominasi Terbaik Oscar 2019, Black Panther Justru Dikritik.jpg

Raih Nominasi Terbaik Oscar 2019, Black Panther Justru Dikritik

oleh: aulia Entertainment Monday, 20 May 2019 10:00 a.m.


Berita gembira datang dari dunia perfilman internasional, khususnya untuk film mengenai pahlawan super. Pasalnya, Black Panther menjadi film pahlawan super pertama yang masuk dalam kategori “Film Terbaik” di Academy Award atau Piala Oscar 2019. Namun, keputusan para panitia menaruh film Black Panther ke dalam nominasi ini menuai banyak kritik.

Kritikan demi kritikan menghujani Black Panther karena masuk dalam nominasi “Film Terbaik”. Pasalnya, film mengenai pahlawan super yang masuk nominasi “Film Terbaik” Academy Awards sangat langka. Dalam video yang dibuat theverge.com (22/2/2019), butuh 10 tahun untuk film pahlawan masuk ke nominasi unggulan ini. Diduga, masuknya film Black Panther karena ada stigma miring di masyarakat mengenai isu rasisme, hingga kualitas film pahlawan super.

Baca Juga: Marvel Luncurkan Situs Jadul untuk Promosi Captain Marvel

Sebelumnya, The Dark Knight gagal masuk nominasi piala oscar untuk kategori “Film Terbaik” 10 tahun lalu. Banyak orang yang menganggap tim Oscar tidak memedulikan film ini. Saat itu, Penulis di The Guardian Ben Child menuliskan “banyak kecurigaan terhadap para juri, mereka menganggap film The Dark Knight bukan film yang bagus dan pantas untuk dimasukkan ke nominasi Film Terbaik.”

Karena kejadian itu, Academy Award mengganti beberapa regulasi, termasuk jumlah peserta yang masuk nominasi. Awalnya, peserta nominasi “Film Terbaik” hanya berjumlah lima film, sekarang ditambah menjadi 10 film.

Perubahan ini membuka ruang baru untuk jenis film lain.“Pesan (atas perubahan yang terjadi) yang disampaikan jelas. Mulai dari adegan perang, drama antar pemain, penggambaran karekter, dan lainnya. Sekarang, mereka (tim Oscar) harus membagi kesempatan untuk film aksi, pahlawan super, fiksi ilmiah, animasi, komedi dan lainnya,” tulis Member Broadcast Film Critics Association Nathaniel Rodgers untuk Polygon tahun lalu.

Baca Juga: 4 Film Horor yang Paling Dinantikan di 2019

Banyak asumsi yang menyebutkan, sejak tahun 2009 hingga kini, film pahlawan super tidak mendapatkan banyak perhatian dari tim Oscar, apalagi untuk masuk ke dalam nominasi utama. Di tengah perdebatan ini, Black Panther harus tetap mengalahkan film-film lainnya, yaitu Bohemian Rhapsody, Vice, The Favourite, dan Green Book, di mana beberapa film tersebut juga jadi favorit banyak orang.

Bukan hanya itu, Black Panther juga masuk dalam enam kategori lainnya di Piala Oscar 2019, yaitu “Musik Orisinil Terbaik”, “Tata Suara Terbaik”, “Desain Kostum Terbaik”, Desain Produksi Terbaik”, dan “Penyuntingan Suara Terbaik”.


Share To


aulia

aulia

May 20, 2019, 10:50 a.m.


tags : Black Panther Oscar 2019 Academy Award


Average: 0
Rating Count: 0
You Rated: Not rated

Please log in to rate.


Comments


Please Login to leave a comment.


ARTIKEL TERKAIT LAINNYA

you may also like

Travel 10 December 2019 15:00 p.m.

5 Lokasi Wisata Berkonsep Glamping

Life Style 10 December 2019 15:00 p.m.

Apa Benar Orang Malas adalah Orang yang Kreatif?

Travel 10 December 2019 14:00 p.m.

5 Rekomendasi Desa Wisata di Indonesia