
Masuk Era Digital, Media Didorong Jadi Industri Kreatif
oleh: rachli Technology Friday, 28 February 2020 14:00 p.m.
Mancode - Dalam perkembangan komunikasi masyarakat, peran dan fungsi media massa dirasa sangat penting. Peran dan fungsi media massa juga telah memasuki berbagai aspek kehidupan masyarakat. Dengan begitu, peran dan fungsi media massa kini tidak dapat terpisahkan dari kehidupan.
Melihat kondisi tersebut, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Wishnutama Kusubandio berniat akan mendorong media sebagai salah satu industri kreatif untuk bisa bersaing di era digital.
Menparekraf Wishnutama mengatakan, bahwa kehadiran media cetak, online, dan televisi yang ada saat ini perlu saling bersinergi dengan platform digital, serta meningkatkan daya saing masing-masing dalam bidang industri kreatif.
Guna mewujudkan daya saing media sebagai industri kreatif, menurutnya, perlu ditetapkan sebuah sistem pengukuran yang disepakati oleh pihak terkait. Dahulu, sistem rating ditetapkan sebagai alat pengukuran daya saing televisi.
“Perlu ditetapkan sebuah sistem pengukuran yang disepakati, dulu sistem rating. Kini sistem serupa juga dapat diterapkan dengan menggunakan alat ukur lain yang sesuai dengan era digital,” katanya di kawasan Gandaria, Jakarta (27/2/2020).
Hal lain yang perlu diperhatikan, lanjutnya saat menghadiri acara Measurement Matters: Counting What Counts, adalah kecepatan media sebagai industri kreatif untuk melakukan adapatasi terhadap perubahan sehingga semakin kompetitif satu sama lain dengan kualitas yang terus meningkat.
Kehadiran berbagai platform digital sekarang ini merupakan kesempatan baik bagi media untuk memperlebar sayapnya dalam industri kreatif. Kehadiran platform digital adalah sebuah kesempatan yang baik untuk memacu perkembangan media sebagai salah satu industri kreatif.
Di kesempatan yang sama, Menparekraf Wishnutama juga memberi apresiasi terhadap kinerja Perhimpuan Periklanan Indonesia dan Nielsen untuk membentuk sebuah kesepakatan pengukuran media di era digital. Media perlu melakukan berbagai adaptasi untuk menjawab perubahan, di mana platform digital memiliki peran penting di dalamnya.
“Era digital ini kita harus banyak melakukan perubahan, mindset, dan strategi. Ada berbagai platform digitalisasi dalam aspek kehidupan ini sangat berpengaruh dan begitu banyak hal lain sehingga menjadikannya sebagai alternatif. Media sebagai salah satu industri kreatif memiliki peran penting,” katanya.
Salah satu bukti kekuatan media adalah bagaimana media mengangkat pariwisata menjadi sedemikian populer, sehingga mengantarkan pariwisata sebagai industri yang menghasilkan devisa nomor dua terbesar saat ini.
Share To

rachli
Feb. 28, 2020, 2:19 p.m.
Berita terpopuler
ARTIKEL TERKAIT LAINNYA

Token BeKind Asal Indonesia Melantai di Bursa Kripto Eropa P2PB2B
44 4 weeks ago
Token kripto BeKind, dengan kode BKND, sudah bisa diperdagangkan sejak 12 Juli 2022 pukul 22.00 WIB di P2PB2B.

Rayakan 15 Juta Pengguna, realme Bakal Luncurkan Tablet Mini
37 6 days, 7 hours ago
Peluncurkan realme Pad mini ini sudah ditunggu-tunggu sejak pertama kali diumumkan pada akhir 2021, dan sebagai upaya memenuhi strategi AIoT 1+5+T.

Lima Brand Otomotif Mulai Operasikan Ekosistem Elektrifikasi di Bali
32 2 weeks ago
Sebuah proyek pengembangan ekosistem elektrifikasi terintegrasi untuk mendukung pemerintah dalam upaya pengurangan emisi karbon.
YOU MAY ALSO LIKE
Entertainment 10 August 2022 14:00 p.m.
Cara Keisya Levronka Membangun Karier Bermusiknya
Entertainment 25 July 2022 18:00 p.m.
Jazz Gunung Bromo 2022 Sukses Digelar Meriah
Entertainment 19 July 2022 11:00 a.m.
Festival Young Gunz Independance Day Siap Guncang Bali
Entertainment 19 July 2022 10:00 a.m.