
Masuk Era Digital, Media Didorong Jadi Industri Kreatif
oleh: rachli Technology Friday, 28 February 2020 14:00 p.m.
Mancode - Dalam perkembangan komunikasi masyarakat, peran dan fungsi media massa dirasa sangat penting. Peran dan fungsi media massa juga telah memasuki berbagai aspek kehidupan masyarakat. Dengan begitu, peran dan fungsi media massa kini tidak dapat terpisahkan dari kehidupan.
Melihat kondisi tersebut, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Wishnutama Kusubandio berniat akan mendorong media sebagai salah satu industri kreatif untuk bisa bersaing di era digital.
Menparekraf Wishnutama mengatakan, bahwa kehadiran media cetak, online, dan televisi yang ada saat ini perlu saling bersinergi dengan platform digital, serta meningkatkan daya saing masing-masing dalam bidang industri kreatif.
Guna mewujudkan daya saing media sebagai industri kreatif, menurutnya, perlu ditetapkan sebuah sistem pengukuran yang disepakati oleh pihak terkait. Dahulu, sistem rating ditetapkan sebagai alat pengukuran daya saing televisi.
“Perlu ditetapkan sebuah sistem pengukuran yang disepakati, dulu sistem rating. Kini sistem serupa juga dapat diterapkan dengan menggunakan alat ukur lain yang sesuai dengan era digital,” katanya di kawasan Gandaria, Jakarta (27/2/2020).
Hal lain yang perlu diperhatikan, lanjutnya saat menghadiri acara Measurement Matters: Counting What Counts, adalah kecepatan media sebagai industri kreatif untuk melakukan adapatasi terhadap perubahan sehingga semakin kompetitif satu sama lain dengan kualitas yang terus meningkat.
Kehadiran berbagai platform digital sekarang ini merupakan kesempatan baik bagi media untuk memperlebar sayapnya dalam industri kreatif. Kehadiran platform digital adalah sebuah kesempatan yang baik untuk memacu perkembangan media sebagai salah satu industri kreatif.
Di kesempatan yang sama, Menparekraf Wishnutama juga memberi apresiasi terhadap kinerja Perhimpuan Periklanan Indonesia dan Nielsen untuk membentuk sebuah kesepakatan pengukuran media di era digital. Media perlu melakukan berbagai adaptasi untuk menjawab perubahan, di mana platform digital memiliki peran penting di dalamnya.
“Era digital ini kita harus banyak melakukan perubahan, mindset, dan strategi. Ada berbagai platform digitalisasi dalam aspek kehidupan ini sangat berpengaruh dan begitu banyak hal lain sehingga menjadikannya sebagai alternatif. Media sebagai salah satu industri kreatif memiliki peran penting,” katanya.
Salah satu bukti kekuatan media adalah bagaimana media mengangkat pariwisata menjadi sedemikian populer, sehingga mengantarkan pariwisata sebagai industri yang menghasilkan devisa nomor dua terbesar saat ini.
Share To

rachli
Feb. 28, 2020, 2:19 p.m.
Berita terpopuler
ARTIKEL TERKAIT LAINNYA

Menilik Laptop Baru MSI Ditenagai GPU NVIDIA GeForce RTX 40 Series
49 2 weeks, 3 days ago
Melalui peningkatan performa yang luar biasa, MSI berusaha untuk mengoptimalkan performa dan inovasi pada seluruh jajaran laptop terbarunya.

Hadir di Indonesia, Ini Spesifikasi dan Harga Samsung Galaxy A14 5G
41 1 week, 3 days ago
Samsung Galaxy A14 5G dibekali dengan fitur-fitur mumpuni yang dibanderol dengan harga Rp2.899.000, selama periode promo 20-26 Januari 2023.

Peris.ai Hadir Tawarkan Solusi Perkuat Kemanan Siber
33 22 hours ago
Peris.ai turut menciptakan inovasi dengan mengintegrasikan AI dan machine learning untuk meningkatkan upaya manusia dalam mengamankan infrastruktur teknologi informasi.
YOU MAY ALSO LIKE
Entertainment 2 February 2023 10:00 a.m.
Rayhan Noor Menerima Kenyataan di Lagu Baru ‘Mau Tak Mau’
Life Style 13 January 2023 20:00 p.m.
Hyundai Hadirkan Kemudahan Perawatan Melalui Hyundai Service Hadir Untukmu
Travel 9 January 2023 22:00 p.m.
ASEAN Tourism Forum 2023 Siap Digelar di Yogyakarta
Life Style 6 January 2023 23:00 p.m.