Menparekraf Wishnutama Dorong Media Jadi Industri Kreatif.jpg

Masuk Era Digital, Media Didorong Jadi Industri Kreatif

oleh: rachli Technology Friday, 28 February 2020 14:00 p.m.


Mancode - Dalam perkembangan komunikasi masyarakat, peran dan fungsi media massa dirasa sangat penting. Peran dan fungsi media massa juga telah memasuki berbagai aspek kehidupan masyarakat. Dengan begitu, peran dan fungsi media massa kini tidak dapat terpisahkan dari kehidupan.

Melihat kondisi tersebut, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Wishnutama Kusubandio berniat akan mendorong media sebagai salah satu industri kreatif untuk bisa bersaing di era digital.

Baca Juga: Ajang Geopark Run Series 2020 Kejar Pengakuan UNESCO

Menparekraf Wishnutama mengatakan, bahwa kehadiran media cetak, online, dan televisi yang ada saat ini perlu saling bersinergi dengan platform digital, serta meningkatkan daya saing masing-masing dalam bidang industri kreatif.

Guna mewujudkan daya saing media sebagai industri kreatif, menurutnya, perlu ditetapkan sebuah sistem pengukuran yang disepakati oleh pihak terkait. Dahulu, sistem rating ditetapkan sebagai alat pengukuran daya saing televisi.

“Perlu ditetapkan sebuah sistem pengukuran yang disepakati, dulu sistem rating. Kini sistem serupa juga dapat diterapkan dengan menggunakan alat ukur lain yang sesuai dengan era digital,” katanya di kawasan Gandaria, Jakarta (27/2/2020).

Baca Juga: Gelaran JJF 2020 Jadi Tanda Indonesia Aman Dikunjungi

Hal lain yang perlu diperhatikan, lanjutnya saat menghadiri acara Measurement Matters: Counting What Counts, adalah kecepatan media sebagai industri kreatif untuk melakukan adapatasi terhadap perubahan sehingga semakin kompetitif satu sama lain dengan kualitas yang terus meningkat.

Kehadiran berbagai platform digital sekarang ini merupakan kesempatan baik bagi media untuk memperlebar sayapnya dalam industri kreatif. Kehadiran platform digital adalah sebuah kesempatan yang baik untuk memacu perkembangan media sebagai salah satu industri kreatif.

Di kesempatan yang sama, Menparekraf Wishnutama juga memberi apresiasi terhadap kinerja Perhimpuan Periklanan Indonesia dan Nielsen untuk membentuk sebuah kesepakatan pengukuran media di era digital. Media perlu melakukan berbagai adaptasi untuk menjawab perubahan, di mana platform digital memiliki peran penting di dalamnya.

Baca Juga: Aplikasi JALA.ai Bantu Tingkatkan Penjualan Sales Officer

“Era digital ini kita harus banyak melakukan perubahan, mindset, dan strategi. Ada berbagai platform digitalisasi dalam aspek kehidupan ini sangat berpengaruh dan begitu banyak hal lain sehingga menjadikannya sebagai alternatif. Media sebagai salah satu industri kreatif memiliki peran penting,” katanya.

Salah satu bukti kekuatan media adalah bagaimana media mengangkat pariwisata menjadi sedemikian populer, sehingga mengantarkan pariwisata sebagai industri yang menghasilkan devisa nomor dua terbesar saat ini.


Share To


rachli

rachli

Feb. 28, 2020, 2:19 p.m.


tags : Menparekraf Wishnutama media cetak Peran dan fungsi media massa Industri Kreatif platform digital


Average: 0
Rating Count: 0
You Rated: Not rated

Please log in to rate.


Comments


Please Login to leave a comment.

ARTIKEL TERKAIT LAINNYA

you may also like