
Masalah Oli Rembes, Suzuki Recall Jimny di Indonesia
oleh: galih Life Style Monday, 20 September 2021 14:00 p.m.
Mancode - PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) mengumumkan recall atau penarikan kembali pada model Jimny yang dijual di Indonesia. Kampanye recall tersebut untuk memperbaiki kendaraan yang diduga memiliki potensi masalah dan memastikan keselamatan konsumen.
Recall ini diberlakukan pada 21 unit Jimny produksi antara waktu Mei hingga Juni 2021. Unit tersebut berpotensi mengalami masalah perembesan oli dan dapat menyebabkan mobil tidak bisa dijalankan, hingga mengancam keselamatan pengendara.
Menurut Hariadi, Asst. to Service Dept. Head PT SIS, terjadinya rembesan oli diduga karena adanya kesalahan saat perakitan yang menyebabkan oil seal terlipat. “Setelah dilakukan pengecekan secara menyeluruh, kami menemukan potensi perembesan oli yang disebabkan posisi oil seal terlipat saat perakitan. Untuk itu, kami harus melakukan penarikan kembali beberapa unit Jimny untuk dilakukan perbaikan segera demi keselamatan konsumen,” terangnya.
Selama proses pengecekan, teknisi Suzuki akan membongkar transmisi untuk memastikan apakah terdapat perubahan bentuk atau perembesan. Jika ada, maka akan dilakukan penggantian Automatic Transmission Set. Namun, jika tidak ditemukan perubahan bentuk atau perembesan, teknisi hanya akan mengganti komponen washer set saat pemasangan kembali transmisi karena komponen tersebut merupakan non-reusable part.
Service Campaign

Selain recall campaign, saat ini Suzuki sedang melakukan service campaign juga untuk Jimny. Kegiatan tersebut menyasar unit Jimny yang memerlukan perbaikan pada bagian door harness. Tekanan dari tekukan saat pembukaan atau penutupan pintu pada bagian tengah kabel di dalam grommet berpotensi menggangu fungsi beberapa fitur, seperti power window dan central door lock.
Total terdapat 1.540 unit Jimny yang termasuk ke dalam kegiatan tersebut yang terdiri dari 150 unit bertransmisi manual dan 1.390 bertansmisi otomatis. Seluruh unit Jimny tersebut diproduksi pada periode Mei 2018 hingga Desember 2020.
Masih menurut Hariadi, dalam pelaksanaan program Product Quality Update ini, Suzuki akan langsung menghubungi semua pemilik Jimny yang terkena recall campaign maupun service campaign untuk datang ke bengkel resmi agar dapat segera dilakukan pemeriksaan. “Kami memastikan konsumen tidak akan dikenakan biaya apapun,” kata Hariadi.
Share To

galih
Sept. 20, 2021, 2 p.m.
Berita terpopuler
ARTIKEL TERKAIT LAINNYA

Hyundai Kembali Hadirkan Stargazer di Semarang
62 1 week, 6 days ago
Kehadirannya sebagai tolok ukur baru di kelas Multi Purpose Vehicle (MPV) dengan ragam fitur dan teknologi unggulan seperti Hyundai Bluelink serta Hyundai Smartsense.

Bikin Replika Lonceng dari Botol Whisky, Bell's Cetak Rekor MURI
46 3 weeks, 1 day ago
Replika lonceng terbuat dari 645 botol whisky Bell's dan menjadi rekor instalasi seni yang dicatat MURI.

Liburan Akhir Tahun, Mitsubishi Hadirkan Posko dan Bengkel Siaga untuk Temani Perjalanan Konsumen
46 4 weeks, 1 day ago
Ada tujuh Posko Siaga Akhir Tahun 2022 yang disediakan Mitsubishi selama libur akhir tahun. Posko tersebut tersebar di Pulau Jawa.
YOU MAY ALSO LIKE
Entertainment 17 January 2023 20:00 p.m.
Jogja Noise Bombing Festival Kembali Digelar dengan Konsep Desentralisasi
Technology 9 January 2023 21:00 p.m.
MSI Kenalkan Jajaran Laptop RTX 40 Series Terbaru
Travel 2 January 2023 11:00 a.m.
Sirkuit “All In One” Bali Diresmikan, Bantu Bangkitkan Pariwisata Bali Barat
Entertainment 2 January 2023 10:00 a.m.