Suzuki Jimny.jpg

Masalah Oli Rembes, Suzuki Recall Jimny di Indonesia

oleh: galih Life Style Monday, 20 September 2021 14:00 p.m.


Mancode - PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) mengumumkan recall atau penarikan kembali pada model Jimny yang dijual di Indonesia. Kampanye recall tersebut untuk memperbaiki kendaraan yang diduga memiliki potensi masalah dan memastikan keselamatan konsumen.

Recall ini diberlakukan pada 21 unit Jimny produksi antara waktu Mei hingga Juni 2021. Unit tersebut berpotensi mengalami masalah perembesan oli dan dapat menyebabkan mobil tidak bisa dijalankan, hingga mengancam keselamatan pengendara.

Menurut Hariadi, Asst. to Service Dept. Head PT SIS, terjadinya rembesan oli diduga karena adanya kesalahan saat perakitan yang menyebabkan oil seal terlipat. “Setelah dilakukan pengecekan secara menyeluruh, kami menemukan potensi perembesan oli yang disebabkan posisi oil seal terlipat saat perakitan. Untuk itu, kami harus melakukan penarikan kembali beberapa unit Jimny untuk dilakukan perbaikan segera demi keselamatan konsumen,” terangnya.


Selama proses pengecekan, teknisi Suzuki akan membongkar transmisi untuk memastikan apakah terdapat perubahan bentuk atau perembesan. Jika ada, maka akan dilakukan penggantian Automatic Transmission Set. Namun, jika tidak ditemukan perubahan bentuk atau perembesan, teknisi hanya akan mengganti komponen washer set saat pemasangan kembali transmisi karena komponen tersebut merupakan non-reusable part.

Service Campaign

Suzuki Jimny-1.jpg

Selain recall campaign, saat ini Suzuki sedang melakukan service campaign juga untuk Jimny. Kegiatan tersebut menyasar unit Jimny yang memerlukan perbaikan pada bagian door harness. Tekanan dari tekukan saat pembukaan atau penutupan pintu pada bagian tengah kabel di dalam grommet berpotensi menggangu fungsi beberapa fitur, seperti power window dan central door lock.

Total terdapat 1.540 unit Jimny yang termasuk ke dalam kegiatan tersebut yang terdiri dari 150 unit bertransmisi manual dan 1.390 bertansmisi otomatis. Seluruh unit Jimny tersebut diproduksi pada periode Mei 2018 hingga Desember 2020.

Masih menurut Hariadi, dalam pelaksanaan program Product Quality Update ini, Suzuki akan langsung menghubungi semua pemilik Jimny yang terkena recall campaign maupun service campaign untuk datang ke bengkel resmi agar dapat segera dilakukan pemeriksaan. “Kami memastikan konsumen tidak akan dikenakan biaya apapun,” kata Hariadi.

Baca Juga: Lebih Dekat dengan Mobil SUV New MG ZS

Baca Juga: New Audi RS 4 Avant, Station Wagon Paling Bertenaga Seharga Rp2,7 Miliar

Baca Juga: BMW M5 Competition Terbaru Hadir di Indonesia, Harganya Rp4,7 Miliar




Share To


galih

galih

Sept. 20, 2021, 2 p.m.


tags : Suzuki Recall Suzuki Jimny Jimny Suzuki Indonesia Life Style


Average: 0
Rating Count: 0
You Rated: Not rated

Please log in to rate.



Comments


Please Login to leave a comment.

ARTIKEL TERKAIT LAINNYA

YOU MAY ALSO LIKE

Entertainment 20 October 2021 11:00 a.m.

Golf atau Threesome? Ini Jawaban Paige Spiranac

Entertainment 19 October 2021 9:00 a.m.

Hadir di Eropa dan Asia, Mola Seragamkan Harga

Entertainment 13 October 2021 11:00 a.m.

Kisah Kesetiaan Kekasih Azhr dalam ‘Menaruh’

Entertainment 8 October 2021 6:00 a.m.

Menerka Kehilangan Bersama Duara dalam “Hilang”