Manfaat Kentut.jpg

Manfaat Kentut yang Luar Biasa untuk Kesehatan Tubuh

oleh: galih Life Style Wednesday, 29 July 2020 15:00 p.m.


Mancode - Kentut atau buang gas adalah hal yang normal. Setiap orang pasti pernah melakukannya. Akan tetapi, aktivitas ini sering kali dianggap menjijikkan oleh banyak orang. Sebab, kentut umumnya menimbulkan aroma yang tak sedap. Ini tentunya dapat mengganggu orang lain di sekitar.

Untuk menghindari hal tersebut, terkadang sebagian orang berusaha menahan kentut. Jika sering dilakukan, rupanya menahan kentut bisa berdampak buruk pada kesehatan. Ada baiknya, kamu tidak menahan kentut terlalu lama. Dengan segera melepaskan kentut, kamu akan mendapatkan manfaat yang tak terduga dari aktivitas buang gas tersebut. Apa saja?

Menyehatkan Usus Besar

Merangkum dari viralventura.com, banyak orang tua yang memberikan nasihat kepada anaknya untuk tidak menahan kentut. Itu nasihat yang sangat baik. Pasalnya, jika kamu menyimpan gas terlalu dalam dalam perut berdampak buruk pada kesehatan. Bahkan, bisa menyerang pada sistem pencernaan terutama pada bagian usus besar.

Oleh karenanya, lepaskanlah segera kentut kamu agar tidak terancam penyakit tersebut. Dengan melepaskan kentut, tanpa disadari kamu sudah ‘membantu’ menyehatkan usus besar.

Mengurangi Kembung

Kentut yang tidak dibebaskan mungkin bisa menyebabkan perut kamu merasa kembung. Terutama ketika kamu habis makan besar. Kembung adalah perasaan pembengkakan tubuh dan kenaikan berat badan sementara yang tidak berbahaya.

Ketika kamu kentut, udara yang terjebak di dalam saluran pencernaan akan keluar dari tubuh. Ini sangat ampuh untuk mengurangi rasa tidak nyaman karena kembung.

Mampu Menyeimbangkan Diet

Diet seimbang sangat penting untuk hidup sehat dan kentut dapat membantu mengetahui makanan yang dibutuhkan oleh usus. Makanan yang berbeda menghasilkan berbagai jenis gas. Ini membuat kita tahu apa yang mungkin dilewatkan dari makanan atau bahkan terlalu banyak makanan.

Misalnya, jika kamu jarang mengeluarkan kentut, kemungkinan besar kamu membutuhkan asupan makanan yang kaya serat seperti kacang dan kangkung.

Bau Kentut Menyehatkan

Bau kentut sebenarnya bisa menyehatkan kamu. Ini berdasarkan penelitian yang telah dilakukan menunjukkan bahwa hidrogen sulfida, suatu senyawa yang hasilkan dalam jumlah kecil dalam kentut kemungkinan besar bisa menyelamatkan kamu dari sejumlah penyakit.

Gas yang bau dari kentut rupanya bisa mencegah stroke dan penyakit jantung dengan mencegah kerusakan sel.

Mendeteksi Penyakit

Manfaat lain dari kentut adalah dapat mendeteksi masalah awal kesehatan kamu. Misalnya, saat tubuh mengonsumsi makanan yang mengandung laktosa, maka perut akan menjadi kembung disertai kentut dengan frekuensi yang sering.

Dalam hal ini, kentut bisa meniadi pertanda bahwa kamu memiliki bentuk alergi intoleransi laktosa, atau bahkan kanker usus besar.

Baca Juga: Manfaat Sering Melakukan Hubungan Seks

Baca Juga: 6 Manfaat Olahraga Ekstrim Parkour Bagi Tubuh

Baca Juga: Waspada! Ini Bahaya Kecoa Bagi Kesehatan


Share To


galih

galih

July 29, 2020, 3 p.m.


tags : Kesehatan Manfaat Kentut Kesehatan Tubuh Riset Life Style kentut


Average: 0
Rating Count: 0
You Rated: Not rated

Please log in to rate.


Comments


Please Login to leave a comment.

ARTIKEL TERKAIT LAINNYA

you may also like

Entertainment 25 September 2020 12:00 p.m.

Davina Raja Rilis “Berharap Tak Berpisah” Versi Galau

Entertainment 25 September 2020 9:00 a.m.

Mahen Luncurkan Single Terbaru “Datang Untuk Pergi”

Shopping 24 September 2020 15:00 p.m.

Bantu Brand Lokal, Folkaland Gelar Virtual Live Shopping

History 24 September 2020 10:00 a.m.

Sejarah di Balik Peringatan Hari Tani Nasional