Mandalika Racing Team Indonesia.jpg

Mandalika Racing Team Indonesia Siap Berlaga di Moto2 2021

oleh: galih Life Style Wednesday, 11 November 2020 11:00 a.m.


Mancode – Pada 1996 silam, Indonesia pernah menjadi tuan rumah perhelatan ajang motor balap bergengsi, MotoGP di Sirkuit Internasional Sentul, Bogor. Momen tersebut nyaris seperempat abad lalu dan menjadi sejarah tersendiri dalam dunia otomotif, khususnya motor balap di Tanah Air.

Tahun depan, Indonesia berkesempatan kembali menjadi tuan rumah MotoGP 2021. Bukan di Sirkuit Internasional Sentul, tapi para pembalap dunia akan ditantang menaklukkan Sirkuit Mandalika yang tengah dibangun di kawasan Nusa Tenggara Barat (NTB).

Momen menjadi tuan rumah MotoGP, tentunya menjadi kesempatan emas bagi pembalap Indonesia berkancah di ajang balap internasional. Ini juga menjadi ajang pembuktian, bahwa pembalap nasional mampu bersaing dengan pembalap dunia.

"Mandalika, NTB telah dipilih sebagai sirkuit resmi gelaran MotoGP musim mendatang. Hal ini juga untuk mendukung harapan bangsa Indonesia agar dapat berprestasi di kancah balap internasional," kata Rapsel Ali, Ketua Mandalika Racing Team Indonesia (MRTI) dalam acara peresmian MRTI baru-baru ini.

MRTI Diresmikan

MRTI telah dikukuhkan untuk membela Tanah Air di kancah balap internasional MotoGP musim 2021. MRTI bakal diperkuat pembalap nasional Dimas Ekyy Pratama yang sempat membalap di ajang Moto2 tahun lalu dan kemungkinan akan dipasangkan dengan pembalap profesional dari luar negeri. Selama satu musim penuh, mereka bakal terjun di kelas Moto2.

Rapsel mengatakan, tim ini dibentuk untuk mendukung program Presiden Joko Widodo dalam menjadikan Indonesia sebagai tuan rumah MotoGP 2021. “Selain itu, dengan digelarnya ajang MotoGP di Indonesia, tim ini juga diharapkan mampu mendongkrak sektor pariwisata khususnya di NTB,” ungkap pria yang juga menjabat sebagai anggota DPR RI ini.

Sementara itu, Febby Sagita, Direktur Operasional Tim MotoGP Indonesia menuturkan, MRTI bakal menjadi tim debutan Indonesia yang berlaga di kejuaraan dunia Moto2 secara penuh musim depan. Untuk memuluskan langkah tersebut, lanjutnya, MRTI akan merangkul salah satu tim di kelas intermediate. "Untuk tim yang akan kami gandeng belum bisa disebutkan dikarenakan tim tersebut masih terikat kontrak hingga gelaran MotoGP 2020 berakhir," kata Febby.

Sejumlah persiapan pun tengah dilakukan. Mulai dari teknisi, motor, dan serangkaian latihan seperti training camp. Khusus untuk training camp, Febby sangat berharap adanya dukungan dari pemerintah dalam membangun fasilitas tersebut. Training camp ini juga sangat dibutuhkan untuk mengasah skill para pembalap junior.

MRTI akan menggunakan motor bermesin Triumph dengan kapasitas 765 cc, yang dipakai seluruh tim Moto2. Kendati menggunakan mesin yang sama dari pemasok tunggal, setiap tim diperbolehkan mengaplikasi sasis yang berbeda seperti Kalex, MV Agussta, NTS dan Speed Up.

"Inilah wujud motor yang bakal digunakan oleh Dimas Ekky di sepanjang musim balap Moto2 tahun depan, yang didominasi warna merah-putih, plus lis biru di beberapa sudut," pungkas Febby.

Perwakilan MRTI juga bakal mengadakan pertemuan dengan Dorna Sports di Barcelona, Spanyol, akhir November 2020, untuk membicarakan hal teknis soal partisipasi MRTI sekaligus peresmian nama tim di sana.

Baca Juga: IIMS Motobike 2020 Usung Konsep Hybrid

Baca Juga: NGK Jadi Pemasok Busi Resmi Motor Trial Sherco

Baca Juga: Kemenperin Kebut Pengembangan Kendaraan Listrik


Share To


galih

galih

Nov. 11, 2020, 11 a.m.


tags : Sirkuit Mandalika MotoGP Mandalika Motor Balap Moto2 2021 Mandalika Racing Team Indonesia Otomotif Life Style MotoGP 2021


Average: 0
Rating Count: 0
You Rated: Not rated

Please log in to rate.


Comments


Please Login to leave a comment.

ARTIKEL TERKAIT LAINNYA

you may also like

Travel 22 January 2021 14:00 p.m.

Tradisi Unik Kampung Pasir Warga Sumenep Madura

Entertainment 22 January 2021 13:00 p.m.

Nostalgia 5 Diva WWE Paling Mempesona

Entertainment 22 January 2021 7:00 a.m.

Digandeng Dumeca Records, Aldiv Luncurkan "Tinggalkan Rasa"