Grup-Musik-Efek-Rumah-Kaca.jpg

Mancode Lounge Siap Hadirkan Efek Rumah Kaca

oleh: inggil Entertainment Wednesday, 5 February 2020 8:00 a.m.


Mancode - Siapa yang tidak kenal dengan Efek Rumah Kaca? Grup musik asal Jakarta ini telah berkarya selama 19 tahun di kancah musik Indonesia. Sudah banyak lagu-lagu yang diciptakan ERK yang meledak di masyarakat.

Grup musik yang dibentuk sejak 2001 silam ini banyak dikenal masyarakat atas karya-karyanya yang menyuarakan kritik dan fenomena sosial. Isu-isu seperti pembunuhan aktivis HAM, Munir yang tertuang lewat lagu ‘Di Udara’ hingga kejadian 1998 dalam lagu ‘Hilang’. Tak hanya itu saja, lagu buatan ERK juga bercerita tentang kontradiksi masyarakat saat ini.

Band-Efek-Rumah-Kaca.jpg

Terbarunya di awal 2020 ini, Cholil dkk juga merilis sebuah mini album terbaru bertajuk ‘Jalan Enam Tiga’. Dijelaskan oleh sang vokalis, Jalan Enam Tiga adalah bentuk apresiasi salah satu nama jalan di kota New York bernama 63rd Street yang dirubah menjadi Sesame Street pada Mei 2019 lalu.

Sebagai informasi, Cholil sendiri pernah tinggal selama lima tahun bersama sang istri di New York dalam rangka melanjutkan studinya.

Kiprah Efek Rumah Kaca sebagai band indie tidak hanya dikenal di Indonesia saja, tapi juga sudah keliling di beberapa negara. Perjuangan ERK di kancah musik pun bisa dibilang tidak langsung ujug-ujug terkenal. Banyak pengalaman pahit yang pernah dirasakan oleh grup musik satu ini, salah satunya ialah ‘terjerumus’ di dunia musik indie.

Dilansir dari CNN, kabarnya Cholil mengaku saat pembuatan album pertama ERK pernah ditolak berbagai label mainstream. Hal itu dikarenakan semua personil ERK tidak mempunyai jaringan dengan orang-orang penggerak musik indie.

Grup-Musik-Indie-Efek-Rumah-Kaca.jpg

Biarpun berujung pada berbagai penolakan label musik, hal itu tidak membuat ERK menyerah begitu saja. Bermusik dari satu panggung ke panggung lainnya ternyata karya grup musik asal Jakarta ini banyak disukai oleh banyak orang. Hasilnya, ERK menjelma sebagai salah satu band indie besar di Indonesia. Album pertama mereka pun terjual lebih dari 5.000 kopi

Kini, sudah hampir 20 tahun ERK berkiprah di dunia musik Indonesia. Karya-karyanya yang banyak dikagumi masyarakat. Bahkan, beberapa musisi ternama pun juga ada yang meng-cover lagu-lagu ERK.

Lantas, apa yang membuat ERK tetap konsisten dalam berkarya dan solid? Darimana mereka mampu menuangkan ide untuk dijadikan sajak-sajak lagu? Apa juga kisah di balik album bertajuk Jalan Enam Tiga?

Nantikan jawabannya di Mancode Lounge yang menampilkan Efek Rumah Kaca pada 6 Februari 2020 pukul 14:00 yang disiarkan langsung di akun Instagram Mancode.id

Baca Juga: Nuansa Segar 'Jalan Enam Tiga' Efek Rumah Kaca


Share To


inggil

inggil

Feb. 5, 2020, 8 a.m.


tags : Mancode Lounge Indie Efek Rumah Kaca Album Baru Efek Rumah Kaca ERK


Average: 0
Rating Count: 0
You Rated: Not rated

Please log in to rate.


Comments


Please Login to leave a comment.

ARTIKEL TERKAIT LAINNYA

you may also like

Technology 18 February 2020 10:00 a.m.

Mantap! Sekarang Bayar SPP Bisa Pakai GoPay

Life Style 18 February 2020 10:00 a.m.

Fanatisme akan Membunuh Kita Semua

Life Style 17 February 2020 14:00 p.m.

Atasi Penuaan Kulit Wajah dengan Dermeva

Technology 17 February 2020 11:00 a.m.

TOSKA Jadi Inovasi Teknologi Penerimaan Pajak