Mall Grand Indonesia Terapkan Sistem Parkir Berteknologi Modern.jpg

Mall Grand Indonesia Terapkan Sistem Parkir Berteknologi Modern

oleh: rachli Technology Tuesday, 13 September 2022 10:00 a.m.


Mancode - Mall Grand Indonesia bersama perusahaan penyedia layanan dan teknologi perparkiran, PT Centrepark Citra Corpora (CentrePark), menerapkan inovasi teknologi baru di seluruh area parkir kompleks Grand Indonesia yang telah efektif sejak 1 Agustus 2022.

Adapun inovasi teknologi yang diterapkan adalah sisten parkir 100 persen ticketless dan paperless, di mana tiket dan struk parkir tidak lagi menggunakan kertas dan berganti menjadi versi elektronik. Transaksi parkir menggunakan sistem pembayaran non tonai (cashless) memakai uang elektronik.

“Sistem ini bernama TITO (Tap In Tap Out) yang memudahkan pengunjung untuk lebih cepat mengakses area parkir mall dan melakukan transaksi secara praktis menggunakan kartu uang elektronik saat meninggalkan area parkir,” kata Chief Executive Officer CentrePark, Charles Oentemo belum lama ini.


Dengan sistem baru ini, potensi antrean kendaraan yang hendak masuk atau keluar area parkir dapat berkurang, karena portal di pintu masuk dan keluar area parkir telah dilengkapi dengan berbagai teknologi canggih yang bekerja secara otomatis.

Meski demikian, menurut Charles, pengunjung juga tidak perlu khawatir jika memerlukan bantukan petugas, karena setiap portal otomatis tersebut dilengkapi dengan petugas. Selain itu, pengunjung juga dimanjakan dengan adanya papan informasi yang disebut Traffic Dispatch System (TDS).

Papan informasi tersebut atau TDS secara otomatis akan menampilkan rambu-rambu yang bertujuan untuk memandu pengunjung ke pintu-pintu keluar mall yang lebih sepi, sehingga tidak akan terjadi kemacetan panjang di satu pintu keluar saja.

Melalui inovasi teknologi baru untuk perparkiran ini, kedua belah pihak berharap dapat memberikan pengalaman baru dan tentunya bisa meningkatkan kenyamanan para pengunjung Mall Grand Indonesia mulai dari masuk hingga keluar area parkir.

Mall Grand Indonesia dan CentrePark juga akan mengembangkan teknologi lain guna meningkatkan efisiensi area parkir, sekaligus meningkatkan kenyamanan dan kemanyamanan pengunjung. Inovasi teknologi itu adalah sistem License Plate Recognition (LPR) dan Quick In Quick Out (QIQO).

“Sistem LPR ini menggunakan kecerdasan buatan yang dapat mengidentifikasi pengunjung melalui plat nomor kendaraan. Sistem ini mampu mengenali nomor registrasi kendaraan, merek kendaraan, model atau tipe kendaraan, warna kendaraan, dan lampu utama kendaraan,” Charles menjelaskan.

Adapun, sistem QIQO merupakan inovasi Centrepark berupa opsi transaksi parkir menggunakan kode respons cepat (quick response code/QR Code) yang semakin memudahkan akses bagi pengunjung. Dengan begitu, pengunjung mendapat pengalaman yang lebih baik di area parkir saat ingin beraktivitas di Mall Grand Indonesia.

Sebagai informasi, kolaborasi antara Mall Grand Indonesia dan CentrePark ini telah dimulai pada 30 November 2021, yang dilanjutkan dengan penandatanganan kesepakatan kedua perusahaan pada 3 Februari 2022.

Baca Juga: 5 Cara Bikin Puas Streaming Film

Baca Juga: Spesifikasi POCO C40, Harganya Hanya Sejutaan

Baca Juga: Bertempat di Pondok Indah Mall, Jakarta Fashion Week 2023 Siap Digelar Akhir Oktober




Share To


rachli

rachli

Sept. 13, 2022, 10 a.m.


tags : Mall Grand Indonesia Sistem Parkir CentrePark PT Centrepark Citra Corpora


Average: 0
Rating Count: 0
You Rated: Not rated

Please log in to rate.



Comments


Please Login to leave a comment.

ARTIKEL TERKAIT LAINNYA