Kembang-Goyang-Adat-Sunda.jpg

Makna Tersirat Riasan Pengantin Adat Sunda

oleh: inggil Fashion Style Saturday, 29 February 2020 13:00 p.m.


Mancode - Pernikahan bukan hanya menyatukan cinta dari dua insan yang berpasangan. Bukan hanya bersatunya pasangan menikah saja juga perihal bersatunya keluarga, agama, adat, budaya, serta kehidupan.

Indonesia yang mempunyai beragam suku adat tentu berpengaruh juga dalam acara pernikahan. Mulai dari tradisi serta riasan pengantin.

Salah satunya adalah adat Sunda, jika diperhatikan mempelai perempuan yang mengenakan riasan adat Sunda ini pasti ada simbol daun sirih di keningnya. Tentu hal itu bukanlah tanpa alasan.


Publik figure Indonesia yang menikah dengan riasan ala Sunda ini seperti Raisa, Siti Badriah, Syahrini, hingga Syahnas.

Ingin tau seperti apa makna riasan pengantin ala adat Sunda? Simak ulasan Mancode berikut:

Mahkota Siger

Mahkota-Adat-Sunda.jpg

Mahkota Siger ala adat Sunda yang dikenakan oleh mempelai perempuan terbuat dari campuran logam dan memiliki berat 1,2-2kg. Mahkota ini sendiri mempunyai makna harapan akan rasa hormat, kearifan, serta kebijaksanaan dalam pernikahan.

Kembang Goyang

Riasan-Kembang-Goyang-Adat-Sunda.jpg

Sama halnya dengan adat Jawa, pengantin perempuan juga mengenakan tujuh kembang goyang pada sanggulnya. Tapi ada yang menjadi pembeda, yakni pada adat Sunda lima buah kembang goyang menghadap ke depan dan dua lainnya menghadap ke belakang. Hiasan ini sendiri berartikan jika perempuan terlihat menawan seperti bunga, baik dari belakang maupun belakang.

Untaian Melati

Untaian-Melati-Adat-Sunda.jpg

Bisa disebut juga ronce melati merupakan hiasan yang menjadi ciri khas pengantin perempuan adat Sunda. Pada riasan ini biasanya terdiri dari Melati Mangle Pasung, Mangle Susun, Mangle Sisir, Penetep, dan Mayangsari. Bukan hanya sekedar hiasan saja, untaian melati mempunyai makna kesucian dan kemurnian dari sang hawa.

Daun Sirih

Citra-Kirana.jpg

Jika diperhatikan pengantin perempuan dengan adat Sunda memang biasanya terlihat ada simbol daun sirih hijau di keningnya. Ternyata simbol itu mempunyai nilai dan arti sendiri pada masing-masing individu. Ada yang bilang daun sirih itu merupakan lambang penolak bala, berjanji setia kepada suami, ataupun kedewasaan diri pada perempuan.

Kembang Tanjung

Kembang-Tanjung-Adat-Sunda.jpg

Pada bagian sanggul pengantin perempuan adat Sunda biasanya akan disematkan enam kembang tanjung yang berbentuk seperti kupu-kupu kecil. Hiasan mempunyai banyak arti, yakni kesetiaan, keanggungan, keberanian, serta keindahan layaknya kupu-kupu.

Baca Juga: Mistisnya Pentas Ebeg di Banyumas

Baca Juga: Mistisnya Hutan Alas Purwo Banyuwangi

Baca Juga: Karir dan Dunia Mistis Sara Wijayanto




Share To


inggil

inggil

Feb. 29, 2020, 1 p.m.


tags : Menikah Menikah Adat Sunda Riasan Pengantin Adat Sunda Sunda


Average: 0
Rating Count: 0
You Rated: Not rated

Please log in to rate.


Comments


Please Login to leave a comment.

ARTIKEL TERKAIT LAINNYA

YOU MAY ALSO LIKE