Avenged Sevenfold.jpg

Makna Lagu “Dear God” Avenged Sevenfold

oleh: inggil Entertainment Friday, 24 May 2019 12:00 p.m.


Bagi pecinta musik heavy metal, tentu sudah tidak asing dengan band Avenged Sevenfold. Band asal Amerika Serikat ini dibentuk pada 1999 dan masih aktif hingga saat ini. Sejak kemunculan pertamanya, Avenged Sevenfold sudah mengeluarkan sembilan album di antaranya Sounding the Sevent Trumpet (2001), Walking the Fallen (2003), City of Evil (2005), Avenged Sevenfold (2007), nighmare (2010), Hail to the King (2013) The Stage (2016) dan Black Reign (2018).

Album Avenged Sevenfold.jpg

Dalam album keempatnya yang bertajuk “Avenged Sevenfold”, mereka mengeluarkan sepuluh single lagu. Album keempat band ini dirilis sejak 16 Oktober 2007, dan berhasil menduduki tangga album nomor 4 Billboard edisi 200. Pada 23 September 2008, album keempat Avenged Sevenfold juga berhasil mendapat sertifikat emas dari RIAA.

Jika diperhatikan, pada lagu-lagu di album keempat Avenged Sevenfold ada beberapa lagu yang mengandung unsur religius. Salah satunya adalah ‘Dear God’. Lagu yang dibuat oleh Synyster Gates, M. Shadows, dan Johny Crist ini mengundang rasa ketertarikan sendiri bagi penggemarnya. Pasalnya, banyak fans yang menduga bahwa Avenged Sevenfold membawa musik berunsur ketuhanan. Tidak lepas dari makna Avenged Sevenfold sendiri yang diambil dari istilah Alkitab berupa kejadian peristiwa pembunuhan pertama anak-anak Adam di dunia. Meski begitu, para personil Avenged Sevenfold tidak mau diidentikkan sebagai band metal dengan berhaluan religius.

Avenged Sevenfold.jpg

Terlepas dari konspirasi di atas, lagu ‘Dear God’ ciptaan Avenged Sevenfold memang mempunyai banyak makna. Dibuat dengan gaya bahasa ringan yang mudah dimengerti. pembawaan Avenged Sevenfold dalam menyanyikan lagu ini pun lebih halus dibandingkan lagu-lagu lainnya. Sehingga, lagu ini bisa dinikmati oleh siapa saja, tidak hanya para pecinta muik metal.

Dilihat dari judulny,a lagu ‘Dear God’ mengandung unsur religius yang bermakna ‘Kepada Tuhan’. Banyak sumber mengatakan bahwa saat menciptakan lagu ini, para personil Avenged Sevenfold saat itu sedang merasakan kerinduan atas keluarga yang ditinggalkan dalam tur mereka.

Avenged Sevenfold.jpg

“This beautiful song is about how the band feel when they are in tour and how they miss their loved ones. As they say in the song: it's “a lonely road”. The band is asking God to take care of their loved ones during the tours and the hard life of a famous. – Lyricinterpretations.com

Dari kutipan dalam laman Lyricinterpretations yang diambil pada 24 Januari 2010. Terdapat salah satu komentar dari penggemar Avenged Sevenfold menyatakan, lagu Dear God dibuat saat para personil Avenged sedang melakukan tur, dan mereka merasakan kerinduan yang begitu dalam terhadap keluarganya.

Bila dilihat secara teliti, ada tiga makna yang terdapat dalam lagu tersebut, yakni kerinduan, doa, dan penyesalan. Ketiga makna itu terbagi ke dalam tiga bait lirik lagu.

Pada bait baris pertama dan kedua dari lagu Dear God menjadi pembuka isi lagu ini. “A lonely road crossed another cold state line, miles away from those I love,” yang dapat dimaknai sebagai seorang yang sedang melintasi jalan panjang dan sunyi karena jauh dari orang-orang yang dicintainya. “Purpose hard to find,” dengan rasa sendirinya yang jauh dari orang tersayang, perjalanan terasa berat untuk mencari tujuan sebenarnya.

Avenged Sevenfold.jpg

Bait kedua sekaligus reff pada lagu ini dapat dimaknai sebagai seseorang yang berdoa kepada Tuhan. Terlihat dari dua baris pertama bait ini “Dear God the only thing i ask of you is to hold her when I'm not

around, when I'm much too far away,” dapat dimaknai secara harfiah, saat sedang melakukan perjalanan jauh yang dimintanya kepada Tuhan ialah melindungi orang-orang yang dicintai.

Rasa penyesalan terlihat pada tiga baris terakhir di bagian reff lagu ini “But I left her when I found her and now I wish I'd stayed' Cause I'm lonely and I'm tired”. Seolah orang yang sedang melakukan perjalanan jauh itu menyesal meninggalkan orang-orang tersayangnya.

Pesan penyesalan paling dalam terhadap rasa rindu seseorang dapat dijelaskan pada bait terakhir lagu ini. “I gave in, to selfish ways and how I miss someone to hold when hope begins to fade,” seolah orang yang melakukan perjalanan jauh tersebut ingin menyerah. Ia merasa menyesal atas keegoisannya dengan meninggalkan orang-orang tersayang. Kini dirinya merasa rugi dan putus asa dalam menjalani kehidupannya saat ini.

Baca Juga: Green Day Jual Peralatan Musik Legendarisnya


Share To


inggil

inggil

May 24, 2019, noon


tags : Musik Avenged Sevenfold Dear God Lagu Dear God Avenged Sevenfold Makna Dear God Lagu Avenged Sevenfold


Average: 0
Rating Count: 0
You Rated: Not rated

Please log in to rate.


Comments


Please Login to leave a comment.

ARTIKEL TERKAIT LAINNYA

you may also like

Life Style 23 November 2020 8:00 a.m.

Jakarta Fashion Week 2021 Digelar Daring via TikTok

Technology 20 November 2020 14:00 p.m.

Aplikasi Strava Dapat Suntikan Dana Triliunan

Technology 20 November 2020 12:00 p.m.

Buzzfeed Ambil Alih Situs Berita Online HuffPost

Life Style 20 November 2020 10:00 a.m.

Wajah Baru Honda Civic Generasi ke-11