Hari-Imlek-2020.jpg

Makna di Balik Warna Merah Hari Imlek

oleh: inggil Life Style Monday, 20 January 2020 12:00 p.m.


Mancode - Jika diperhatikan, menjelang Tahun Baru Imlek banyak terlihat dekorasi di jalanan pecinan yang identik dengan warna merah. Mulai dari pakaian, amplop hingga berbagai hiasan warna merah yang mendominasi. Hal tersebut membuat kita berpikir bahwa warna merah adalah warna favorit orang Tionghoa.

Lantas, apa makna di balik warna merah itu? Apa yang membuatnya menjadi warna ikonik di setiap perayaan Tahun Baru Imlek?

Simak ulasan Mancode berikut yang diambil dari beberapa sumber:

Budayawan Tionghoa, David Kwa pernah menjelaskan bahwa terdapat dua makna besar tentang warna merah. Dua makna tersebut adalah kebahagiaan serta hati yang ikhlas.

Kebahagiaan

Dalam penjelasan David Kwa, warna merah adalah warna matahari yang berarti panas. Matahari sendiri merupakan ciptaan sang kuasa untuk para hambanya di bumi. Dengan begitu, dalam menjalani kehidupan matahari punya andil yang besar.

Api yang dihasilkan oleh matahari diharapkan memberikan suasana kebahagiaan. Selayaknya, manusia yang membutuhkan cahaya dalam jalan kegelapan.

Kebahagiaan dalam makna merah juga menggambarkan pengharapan di tahun baru. Orang Tionghoa berharap agar segala kesedihan dan kegelapan akan lenyap, lalu digantikan dengan kebahagiaan.

Makna-Warna-Merah-Imlek.jpg

Hati yang Ikhlas

Buku yang ditulis oleh Suhana Lim berjudul '78 Tips Menambah Hoki Anda' di dalamnya tertulis warna merah yang berarti ialah untuk merelakan dan menjaga kebenaran serta ketulusan hati. Bagi orang Tionghoa perayaan imlek merupakan hari di mana mereka harus menjaga serta menguatkan hati untuk lebih ke depannya.

Sebab, mereka yakin jika memiliki hati yang kuat maka kemakmuran akan selalu datang. Dengan begitu, perayaan Tahun Baru Imlek selalu dinanti oleh etnis Tionghoa, terutama dinanti oleh anak kecil yang mengharapkan angpao.

Baca Juga: Merayakan Mewahnya Tahun Baru Imlek di Dubai


Share To


inggil

inggil

Jan. 20, 2020, noon


tags : Imlek Makna Warna Merah Imlek Filosofi warna merah Imlek Imlek 2020


Average: 0
Rating Count: 0
You Rated: Not rated

Please log in to rate.


Comments


Please Login to leave a comment.

ARTIKEL TERKAIT LAINNYA

you may also like

Technology 3 July 2020 15:00 p.m.

Mengenal 8 Fitur Baru Android 10 pada Smartphone

Entertainment 3 July 2020 14:00 p.m.

Edan! Band Bocah Cilik Ini Bawakan Dream Theater

Technology 3 July 2020 12:00 p.m.

Bahaya Bermain TikTok, Data Pengguna Bisa Diambil!