Hari-Pohon-Sedunia.jpg

Makna di Balik Peringatan Hari Pohon Sedunia

oleh: inggil Life Style Thursday, 21 November 2019 12:00 p.m.


Setiap tanggal 21 November diperingati sebagai Hari Pohon Sedunia. Peringatan ini merupakan momentum pengingat akan betapa pentingnya peranan dan fungsi pohon bagi kehidupan mahluk, khususnya manusia. Banyak sekali manfaat dari pohon bagi kehidupan manusia, seperti bahan pangan, sandang, membangun rumah, membuat perabotan, dan persedian oksigen.

Tujuan diperingati Hari Pohon Sedunia yaitu mengingatkan manusia akan pentingnya pohon bagi kehidupan mahluk hidup lainnya, untuk memerangi pemanasan global, mencegah banjir, tanah longsor, tempat hidup fauna, dan membuat iklim mikro yang baik.

Sejarah Hari Pohon Sedunia sendiri juga diperingati untuk menghormati seorang aktivis lingkungan ternama, Julius Sterlig Morton. Lahir pada tanggal 22 April 1832, awalnya Julius bekerja sebagai editor majalah cetak, kemudian menjadi sekretaris agrikultur, dan Gubernur Nebraska.

Pada masa hidupnya, Julius menanam berbagai macam pohon apel yang langka. Dirinya juga berjasa dalam layanan terkoordinasi para petani dan mendukung reservasi hutan. Hingga pada 1872, dirinya mengusulkan untuk membuat peringatan tentang Hari Pohon Sedunia.

Perayaan Hari Pohon di Amerika Serikat untuk pertama kalinya diadakan pada 10 April 1872. Kala itu, acara dimulai di Nebraska oleh Julius Sterling Morton, kurang lebih ada satu juta pohon yang ditanam saat perayaan.

Lanjutnya, setelah sukses dilaksanakan di Amerika, perayaan Hari Pohon terus menyebar di sebuah desa di Spanyol bernama Mondonedo yang kini bernama Alameda de Los Remedios. Masyarakat setempat kala itu merayakannya dengan menanam lemon dan pohon chestnut kuda.

Sejarah Hari Pohon Sedunia perlu kita pahami dan ingat manfaat dari pepohonan pada manusia dan lingkungan, serta kita harus menyadari akan pentingnya konservasi dan reboisasi. Hari Pohon sangat dibutuhkan di jaman sekarang ini.

Baca Juga: Menilik Sejarah Diperingatinya Hari Pramuka Indonesia

Baca Juga: Mengenang Sejarah Hari Dokter Nasional

Baca Juga: Peringatan Hari Pencegahan Bunuh Diri Sedunia


Share To


inggil

inggil

Nov. 21, 2019, noon


tags : Hari Pohon Sedunia Peringatan Hari Pohon Sedunia Hari Pohon Sejarah Hari Pohon Sedunia


Average: 0
Rating Count: 0
You Rated: Not rated

Please log in to rate.


Comments


Please Login to leave a comment.

ARTIKEL TERKAIT LAINNYA

you may also like

Entertainment 27 February 2020 15:00 p.m.

SIC MYNDED Rilis Single ‘Peace Within’

Entertainment 28 February 2020 8:00 a.m.

Java Jazz Festival 2020 Hadirkan Kolaborasi Istimewa

Entertainment 28 February 2020 9:00 a.m.

JJF 2020 Siap Sapa Penikmat Musik Indonesia dan Dunia

Technology 27 February 2020 12:00 p.m.

Streaming Musik Sambil Baper dengan Resso