Bendera Merah Putih.jpg

Makna dan Sejarah Singkat Bendera Merah Putih

oleh: galih History Monday, 16 August 2021 7:00 a.m.


Mancode – Setiap 17 Agustus, rakyat Indonesia merayakan hari ulang tahun (HUT) kemerdekaan Republik Indonesia (RI). Di tahun ini, Indonesia genap berusia 76 tahun, setelah menyatakan kemerdekaannya pada 17Agustus 1945.

Salah satu agenda wajib pada momen HUT RI adalah upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia di halaman Istana Merdeka, Jakarta. Di mana putra putri terbaik dari seluruh Indonesia yang tergabung dalam Paskibraka mengibarkan bendera Sang Saka Merah Putih.

Bendera Sang Saka Merah Putih adalah simbol atau identitas dari Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Sebagai simbol negeri, apakah Mancoders mengetahui sejarah dan makna di balik Bendera Merah Putih? Kali ini, Mancode coba merangkumkan ulasan tentang Bendera Merah Putih termasuk sejarah, fungsi dan maknanya. Simak ulasannya.


Bendera Merah Putih-1.jpg

Bendera Merah Putih pertama kali dikibarkan pada 17 Agustus 1945. Di mana hari tersebut sampai saat ini dikenal dengan hari kemerdekaan bangsa Indonesia. Sebelumnya, beberapa nama nama disematkan kepada lambang negara kita tersebut, mulai dari Sang Dwiwarna, Merah Putih dan Sang Saka Merah Putih.

Warna bendera Sang Saka Merah Putih mempunyai keterkaitan dengan Kerajaan Majapahit. Kedua warna tersebut digunakan dalam gambar sembilan garis merah dan putih bendera Kerajaan Majapahit

Sejarah Singkat Bendera Merah Putih

Pada abad ke-13, bendera Sang Saka Merah Putih digunakan Kerajaan Majapahit, Kerajaan Kediri, dan Kerajaan Bugis Bone. Bendera tersebut digunakan sebagai lambang kebesaran dan panji kerajaan mereka.

Kemudian, pada 1928, bendera Sang Saka Merah Putih digunakan para pelajar, pemuda, dan kaum nasionalis, sebagai semangat juang melawan para penjajah Belanda.

Untuk pertama kalinya, bendera Sang Saka Merah Putih dikibarkan saat Proklamasi Kemerdekaan Indonesia pada 17 Agustus 1945. Bendera Merah Putih yang digunakan pada saat upacara Pendeklarasian Negara Indonesia dijahit oleh ibu Fatmawati pasca kembalinya dari masa pengasingan di Bengkulu.

Kala itu, Bendera Merah Putih dijadikan sebagai bendera nasional, setelah perang dunia kedua berakhir dan Indonesia merdeka.

Makna Warna Bendera Merah Putih

Warna merah dan putih yang digunakan dalam bendera RI bukan tanpa alasan. Penggunaan dua warna tersebut memiliki simbol tersendiri dan memiliki makna yang mendalam bagi bangsa Indonesia.

Makna dari warna merah adalah berani atau keberanian manusia. Selain itu, warna merah juga melambangkan sebagai warna dasar tubuh manusia, di mana sejak lahir dialiri darah.

Sementara, warna putih memiliki makna kesucian, yang menggambarkan warna roh manusia yang bersih.

Apabila digabungkan, warna merah putih yang terdapat pada bendera nasional negara Indonesia ini memiliki banyak makna. Menurut kaum Austronesia di masa lampau, merah putih memiliki arti langit dan bumi.

Ada juga pandangan menurut budaya Jawa Kuno, bendera merah putih bermakna sebagai simbol pemersatu lelaki dan perempuan.

Bagi bangsa Indonesia, bendera Sang Saka Merah Putih dijadikan sebagai simbol yang berani dan suci, dalam mempertahankan kemerdekaan Indonesia, serta membawa maju negara Indonesia dengan penuh damai di dunia internasional.

Baca Juga: Sejarah Lomba-Lomba di Hari Kemerdekaan Indonesia

Baca Juga: Panitia Persiapan Kemerdekaan Itu Bernama Sam Ratulangi

Baca Juga: 5 Perayaan Unik Memperingati 17 Agustus Dari Berbagai Daerah




Share To


galih

galih

Aug. 16, 2021, 7 a.m.


tags : Kemerdekaan Indonesia HUT RI ke-76 History Bendera Merah Putih Sang Saka Merah Putih Makna Warna Bendera Merah Putih Sejarah Bendera Merah Putih Kemerdekaan RI


Average: 0
Rating Count: 0
You Rated: Not rated

Please log in to rate.



Comments


Please Login to leave a comment.

ARTIKEL TERKAIT LAINNYA