Stres.jpg

Mahasiswa ITB Ciptakan Alat Pendeteksi Stres Lewat Urine

oleh: galih Technology Friday, 5 March 2021 10:00 a.m.


Mancode – Tiga mahasiswa Institut Teknologi Bandung (ITB) yang terdiri dari Maha Yudha Samawi, Alifia Zahratul Ilmi, dan Gardin M. Andika Saputra, membuat alat yang bisa mendeteksi kadar stres seseorang lewat pemeriksaan urine.

Alat tersebut bekerja dengan mendeteksi beberapa biomarker (penanda biologis yang penting dalam membaca kondisi tubuh) spesifik yang berpotensi besar mampu mengindikasikan depresi berupa sorbitol, asam urat dan asam azelat. Biomarker ini akan dideteksi dan diukur dengan metode elektrokimia yang kemudian hasilnya akan menentukan bahwa seseorang mengidap depresi atau tidak.

Biomarker di urine digunakan untuk memudahkan penggunaan, sehingga alat ini dapat dipakai oleh masyarakat umum tanpa tenaga ahli. Cara penggunaannya pun cukup mudah. Penggunaan alat ini cukup dengan mengeluarkan busa pada kompartemen utama, digunakan seperti test pack kehamilan, masukkan kembali, dan masukkan ke kompartemen utama. Setelah beberapa menit, maka hasil akan ditampilkan di layar.


Tampilan hasil tersebut mampu mengukur tingkat depresi seseorang. Ada tiga level yag mampu diukur dari alat ini, mulai dari level depresi rendah, sedang, hingga berat. Menariknya, alat ini juga akan memberikan tips kegiatan yang dapat dilakukan oleh penderita depresi ringan, memberikan contact center untuk depresi sedang, dan berat, sehingga mereka segera mendapatkan penanganan ahli.

Proyek alat ini kemudian mengikuti Pekan Kreativitas Mahasiswa (PKM) Cipta Karsa. Lewat acara tersebut, alat pendeteksi stres ini berhasil meraih medali emas untuk kategori presentasi dan medali perunggu untuk kategori poster.

Inovasi yang diciptakan tiga mahasiswa ITB ini juga merupakan inovasi alat pendeteksi depresi klinis pertama di Indonesia. Umumnya, deteksi depresi biasanya digunakan dengan mengisi beberapa pertanyaan kuisioner yang masih memiliki risiko hasil yang subjektif.

Baca Juga: Saat Stres, Hindari Bahan Makanan Ini

Baca Juga: Tentang Sulli dan Bahayanya Penyakit Depresi

Baca Juga: Kenali Dorongan Seksual yang Tinggi




Share To


galih

galih

March 5, 2021, 10 a.m.


tags : Technology Depresi Alat Pendeteksi Stres Mahasiswa ITB


Average: 0
Rating Count: 0
You Rated: Not rated

Please log in to rate.


Comments


Please Login to leave a comment.

ARTIKEL TERKAIT LAINNYA