Direktur-Program-M-Bloc-Wendi-Putranto.jpg

M Bloc Jadi Ruang Kreatif Baru di Jakarta

oleh: rachli Life Style Friday, 27 September 2019 14:00 p.m.


PT Ruang Riang Milenial bersama Perusahaan Umum (Perum) Percetakan Uang Negara Indonesia (Peruri) berkolaborasi menghadirkan ruang kreatif M Bloc. M Bloc berlokasi di sebagian area kantor Peruri yang terletak di kawasan Melawai, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan.

Proyek M-Bloc mengalihfungsikan lahan seluas sekitar 7.000 meter persegi milik Peruri yang awalnya berfungsi sebagai komplek perumahan karyawan dan gudang tempat produksi uang yang sudah tidak beroperasi menjadi sebuah creative hub multi fungsi bagi komunitas milenial.

Direktur Program M-Bloc, Wendi Putranto mengatakan, kawasan ini bisa dibilang daerah yang terlupakan dan jarang orang yang menengok. Saat dirinya pertama kali masuk, kawasan ini seperti hutan yang banyak ditumbuhi tanaman liar.

“Kurang lebih 25 tahun yang lalu tempat ini terabaikan. Awal masuk sekitar 2 Februari 2019, saat itu suasana seperti hutan dan saya kaget ketika masuk ke dalam ternyata cukup besar tempat ini,” katanya saat pembukan M-Bloc di Melawai, Jakarta Selatan, Kamis (26/9/2019).

Baca Juga: 5 Sneakers Vans Bertema Musik

Baca Juga: BCMA, Komunitas Pecinta Musik Country

Baca Juga: Taylor Swift Rilis Video Musik Romantis Lover

Ada 16 unit bekas rumah karyawan bergaya post-colonial berlantai dua dimanfaatkan sebagai shophouse oleh berbagai brand lokal ternama. Lalu, dua gedung seluas 900 meter persegi yang dulu sebagai unik produksi uang telah dirubah menjadi restoran dan Live House dengan kapasitas maksimal 350 orang yang digunakan untuk konser musik dan pertunjukan seni lainnya.

Nantinya, M Bloc akan menyuguhkan program regularnya setiap hari yakni konser musik lintas genre dari artis-artis kenamaan dalam negeri maupun band-band pendatang baru berpotensi yang telah terakurasi dengan baik.

Dengan program regular tersebut, Jakarta di masa depan harus memiliki sirkuit musik lokal, walaupun kecil namun mampu melahirkan nama-nama besar yang dikemudian hari bisa memenuhi stadion, salah satunya dimulai dari M Bloc.

Lokasi M Bloc cukup strategis dan mudah dijangkau oleh beragam jenis transportasi publik. Berdekatan dengan kawasan niaga dan pusat perbelanjaan Blok M yang sekaligus diapit oleh dua stasiun MRT, yakni Stasiun Blok M dan ASEAN.

Tidak hanya dua stasiun MRT yang berdekatan dengan M Bloc, pada sisi kiri M Bloc juga bersebelahan dengan Terminal Bus Blok M dan sisi kanannya terdapat terminal bus Transjakarta Koridor 13 yang melayani rute Cileduk-Tendean.

Kehadiran M Bloc diharapkan mampu menghidupkan kembali kawasan Blok M sebagai pusat kreatif anak muda Jakarta. “Cita-cita kita mengembalikan kejayaan Blok M sebagai pusat pop culture di Jakarta,” harap pria berkacamata ini.


Share To


rachli

rachli

Sept. 27, 2019, 2 p.m.


tags : Jakarta Skena Komunitas Blok M Scene M Bloc Ruang Kreatif Perum Peruri


Average: 0
Rating Count: 0
You Rated: Not rated

Please log in to rate.


Comments


Please Login to leave a comment.


ARTIKEL TERKAIT LAINNYA

you may also like

Entertainment 13 December 2019 15:00 p.m.

Mengenal Noko, Seniman Tato Termuda di Dunia

Entertainment 13 December 2019 13:00 p.m.

Mahen Siap Warnai Industri Musik Indonesia

Entertainment 13 December 2019 8:00 a.m.

Lamb of God Lelang Album dan Lirik Tulisan Tangan

History 13 December 2019 7:00 a.m.

Sejarah Deklarasi Djuanda hingga Hari Nusantara