Luncurkan Aplikasi ARIA TANI, Perusahaan Agritech ARIA Beri Layanan Agrikultur Terintegrasi.jpg

Luncurkan Aplikasi ARIA TANI, Perusahaan Agritech ARIA Beri Layanan Agrikultur Terintegrasi

oleh: rachli Technology Friday, 2 September 2022 9:00 a.m.


Mancode - Menyadari bahwa salah satu permasalahan terbesar dalam sektor agrikultur di Indonesia adalah penurunan jumlah petani yang semakin mengkhawatirkan, membuat William Sjaichudin, Arden Lim dan Yosa Rosario berinisiatif mendirikan ARIA pada Oktober 2021.

ARIA merupakan perusahaan agritech yang bertujuan untuk meningkatkan efisiensi, produktivitas, serta hasil panen melalui penggunaan drone dan solusi IoT sekaligus membantu pencegahan dan prediksi solusi agrikultur kepada para petani dan perkebunan dalam skala besar.

“Kami percaya solusi yang dihadirkan dapat membuka potensi terbesar dari Industri agrikultur Indonesia, serta menciptakan dampak positif dalam perkembangan Indonesia secara keseluruhan,” kata William Sjaichudin selaku Co-Founder & Chief Executive Officer ARIA belum lama ini.


Di samping itu, ARIA turut meluncurkan aplikasi pertamanya, ARIA TANI, sebagai one-stop solution bagi B2C yang memberikan layanan agrikultur terintegrasi. Aplikasi ini mengembangkan teknologi IoT dan konektivitas guna meningkatkan produktivitas pada perkebunan skala besar.

Aplikasi tersebut menawarkan penggunaan drone sebagai layanan utama dan diintegrasikan dengan layanan produk lainnya seperti pupuk, agrokimia, serta alat-alat pertanian, untuk memastikan para petani dapat menerima layanannya tepat waktu.

ARIA juga mengembangkan solusi IoT untuk pelacakan para pekerja (worker tracker). Pengembangan ini memiliki fokus untuk meningkatkan visibilitas para petani di perkebunan skala besar serta mengatasi konektivitas yang buruk di kondisi lapangan yang sulit.

Inovasi worker tracker yang dikombinasikan dengan mekanisasi pemupukan lewat drone sprayer dapat meningkatkan efisiensi waktu kerja dan penggunaan bahan baku di perkebunan pada tahapan penyemprotan, pemupukan, hingga proses panen.

Dengan pengembangan inovasi IoT dalam penerapan agrikultur, ARIA memberikan solusi meningkatkan visibilitas dalam kondisi lapangan yang sulit dengan worker tracker yang dapat meningkatkan efisiensi waktu kerja, serta dengan drone sprayer yang memberikan layanan pemupukan secara mekanik.

“Dengan solusi tersebut, para petani memperoleh hasil analisa lahan dan informasi akurat mengenai kebutuhan pupuk di area-area yang telah ditentukan serta meningkatkan efisiensi pemupukan di lapangan,” ungkap Arden Lim selaku Co-Founder dan CPO ARIA.

Dalam beberapa bulan penerapan, ARIA telah mendapatkan hak eksklusif untuk penyemprotan dengan drone di Indonesia dari Bayer Agrochemicals. Pencapaian ini membuktikan kualitas serta dedikasi yang konsisten terhadap layanan yang dimanfaatkan serta didukung oleh 17 cabang layanan ARIA di seluruh nusantara.

ARIA juga mengamankan kontrak pemetaan hutan dengan APP untuk 300 ribu Hektar QC Weeding, dengan hasil terbaik di kelasnya dan memperkuat keunggulan dengan kualitas gambar dan penerimaan sebesar 97 persen, sehingga menjadi standar terbaru dalam kualitas pekerjaan.

Baca Juga: Perusahaan Agritech ARIA Raih Pendanaan US$ 5 juta Pimpinan East Ventures

Baca Juga: Sejarah di Balik Peringatan Hari Tani Nasional

Baca Juga: Startup Superkul Hadir Tawarkan Solusi Teknologi Logistik




Share To


rachli

rachli

Sept. 2, 2022, 9 a.m.


tags : Agritech ARIA TANI Agrikultur Aplikasi ARIA


Average: 0
Rating Count: 0
You Rated: Not rated

Please log in to rate.



Comments


Please Login to leave a comment.

ARTIKEL TERKAIT LAINNYA