Line-Bank.jpg

Line Mulai Merambat ke Dunia Bank Digital

oleh: inggil Technology Friday, 4 June 2021 13:00 p.m.


Mancode - Pada dasarnya Line merupakan aplikasi bertukar pesan dengan beberapa fitur seperti video call ataupun melakukan panggilan telepon biasa. Namun, terkini aplikasi yang dirilis 2011 lalu itu telah merambat ke dunia perbankan digial di Indonesia. Hal tersebut membuat jika Line Corp yang berbasis di Jepang akan menawarkan perbankan di tiga pasar luar negeri terbesarnya yaitu Indonesia, Thailand, dan Taiwan.

Dilansir dari Tech Crunch, platform perbankan Indonesia, Line Corp merupakan hasil kemitraan Line pada tahun 2018 dengan PT Bank KEB Hana Indonesia, anak perusahaan Hana ZBank Korea Selatan. Line Corp rupanya sepakat untuk mengakuisisi 20% dari PT Bank KEB Hana Indonesia, menjadikannya pemegang saham terbesar kedua bank tersebut.

Melalui kerja sama ini, Line menggarap layanan perbankan online, termasuk rekening deposito, produk kredit mikro, dan layanan pengiriman uang dan pembayaran.


"Line Bank akan dirilis pada paruh pertama tahun ini, hanya tanggal pastinya belum bisa kami informasikan. Pada 31 Mei kemarin, kami mempublikasikan teaser promo Line Bank di mana kami membuka program pre-registrasi," kata Direktur Perbankan Konsumer PT Bank KEB Hana Indonesia Anton Hermawan dari keterangan resminya.

Line-Digital-Bank.jpg

Menurut laporan Momentum Works, unduhan aplikasi perbankan digital di Indonesia tumbuh 7% pada tahun 2020, dengan aplikasi dari bank-bank seperti BTPN Jenius, OCBC Nyala dan Permata. Namun, Momentum Works juga mengamati bahwa banyak pengguna bank digital di Indonesia cenderung mengunduh lebih dari satu aplikasi bank digital sehingga belum ada pemain dominan.

Sebelumnya, Line sudah terlebih dahulu memperkenalkan layanan perbankan kepada pengguna di Thailand Oktober lalu, sebagai bagian dari usaha patungan dengan Kasikorn Vision Company, anak perusahaan dari Kasikorn Bank. Di Taiwan, anak perusahaannya, Line Bank Taiwan, diberikan lisensi perbankan awal tahun ini oleh Komisi Pengawas Keuangan di negara tersebut.

Baca Juga: Kolaborasi LINE: Gundam Wars dengan Hello Kitty

Baca Juga: Perkuat Layanan Pelanggan, Blibli.com Gandeng Singapore Airlines

Baca Juga: Facebook Kembangkan Asisten Suara Digital




Share To


inggil

inggil

June 4, 2021, 1 p.m.


tags : Bank Digital Line Perbankan Indonesia Line LINE Corporation


Average: 0
Rating Count: 0
You Rated: Not rated

Please log in to rate.


Comments


Please Login to leave a comment.

ARTIKEL TERKAIT LAINNYA