Kobe-Bryant.jpg

Lima Sepatu Bersejarah Mendiang Kobe Bryant

oleh: inggil Fashion Style Friday, 31 January 2020 8:00 a.m.


Mancode - Bagi pecinta olahraga basket tentu mengenal salah satu legenda hidup, Kobe Bryant. Pria kelahiran Pennsylvania, Amerika Serikat ini meninggal di Calabasas, California, pada Minggu, 26 Januari 2020, di umur 41 tahun. Dirinya adalah seorang pemain basket profesional Amerika Serikat. Kobe telah menghabiskan 20 tahun sepanjang hidupnya untuk berkarir di National Basketball Association (NBA).

Penyebab Kobe Bryant meninggal sendiri ialah karena kecelakaan helikopter. Kabar semakin buruk ketika diketahui Gianna, salah satu putri Kobe juga menjadi korban kecelakaan. Bersama lima orang lainnya tidak ada yang selamat dari kejadian tersebut.

Sebagai seorang pemain basket ternama, tentu saja Kobe Bryant mendapatkan beberapa sponsor dari produsen sepatu. Bahkan, Adidas sendiri pernah membuatkan beberapa sepatu khusus atas namanya. Namun, pada 2004 silam Kobe pindah haluan ke Nike yang mana kabar itu sempat menjadi banyak perbincangan.

Dari banyaknya sepatu yang dipakai Kobe Bryant semasa berkarirnya, Mancode.id mencoba merangkum lima sepatu Kobe Bryant bersejarah di momen-momen besar karirnya. Berikut ini ulasannya:

Adidas Kobe One

Adidas-Kobe-One.jpg

Tampak secara desain pada sepatu Adidas khusus Kobe ini memang jadul. Mengambil desain garis dari mobil Audi TT. Eirik Nielsen, selaku desainer juga menambahkan unsur luar angkasa. Terlihat dari nuansa warna perak pada sepatu. Seri Adidas Kobe One ini juga dipakai pada laga final. Bahkan, sepatu seri ini juga mengantarkan Kobe meraih tiga musim berturut-turut.

Adidas KB8 III

Sepatu Adidas ini dipakai Kobe pada rentang 1999-2000. Saat itu, tidak hanya Kobe saja yang memakainya bersama Shaquille O’Neal dan rekan lainnya, ia memberikan gelar juara NBA pertamanya untuk Los Angeles Lakers.

Adidas-KBB-III.jpg

Sayangnya, saat Kobe pindah ke Nike, seri Adidas KB8 III seakan hilang. Lantas, pada 2018 lalu, Kanye West dan Adidas Yeezy pun membangkitkannya kembali tanpa ada perubahan apapun.

Nike Zoom Kobe A.D

Bisa dibilang, sepatu Nike edisi Zoom Kobe A.D ini merupakan sepatu khusus Kobe yang banyak dipakai anak muda saat ini. Pasalnya, sejak Kobe pensiun Nike memilih membuat nama baru untuk Nike Kobe dengan menghentikannya di nomor 11. Maka, siluet Zoom Kobe Ad (Anno Domini) pun dipilih.

Nike-Zoom-Kobe-A.D.jpg

Nama itu terinspirasi dari sebutan tahun Masehi memakai bahasa Romawi kuno, yang artinya sepatu Nike Kobe AD merupakan kenang-kenangan saat Kobe pensiun. Total sudah ada banyak sepatu berkode Kobe AD yang telah dirilis, di antaranya Exodus, NXT 360, NXT 360 Fastfit, dan lain sebagainya.

Nike Zoom Kobe IV

Kemunculan edisi keempat Nike Zoom Kobe ini merupakan kelahiran stigma baru pada pecinta basket saat itu. Pasalnya, sepatu basket yang dianggap aman untuk pergelangan kaki adalah yang berkerah tinggi. Uniknya, saat proses mendesain sepatu ini, Kobe meminta Eric Avar untuk membuatkan sepatu serendah mungkin.

Nike-Zoom-Kobe-IV.jpg

Kobe pun berhasil membuktikan ucapannya pada musim 2006-2007, Black Mamba berhasil merengkuh gelar juara saat memakai sepatu ini. Atas percobaan inilah membuat banyak produsen sepatu-sepatu lainnya memproduksi sepatu yang berkerah rendah.

Nike Zoom Kobe 2

Setalah enam tahun bersama Adidas, Kobe pun akhirnya berpaling ke Nike pada 2005. Bergabungnya Kobe ke Nike juga menjadi debut munculnya seri Zoom Kobe 1. Sepatu ini didesain oleh Eric Avar yang merupakan desainer sepatu ternama.

Nike-Zoom-Kobe-1.jpg

Bagian paling khas pada sepatu Zoom Kobe 2 ini ialah fitur cangkang karbon di bagian tumit. Fitur tersebut dipercaya bisa membantu menyediakan kerapatan di bagian tumit dan memperkuat struktur sepatu.

Baca Juga: 8 Sepatu Converse Terlaris Sepanjang Masa (I)


Share To


inggil

inggil

Jan. 31, 2020, 8 a.m.


tags : Nike NBA Black Mamba Sepatu Basket Kobe Bryant ADIDAS


Average: 0
Rating Count: 0
You Rated: Not rated

Please log in to rate.


Comments


Please Login to leave a comment.

ARTIKEL TERKAIT LAINNYA

you may also like