Matahari-China.jpg

Lima Fakta Menarik Matahari Buatan China

oleh: inggil Technology Wednesday, 29 September 2021 7:00 a.m.


Mancode - Ilmuwan China dilaporkan berhasil membuat rekor baru dalam proyek Matahari Buatan atau China Experimental Advanced Superconducting Tokamak (EAST). Rekor baru tersebut mampu menyalakan matahari buatan ini selama 20 detik dengan derajat lebih dari 160 juta derajat celcius.

EAST sendiri memiliki tujuan akhir untuk menciptakan fusi nuklir seperti Matahari, dengan menggunakan deuterium yang berlimpah di laut untuk menyediakan aliran energi bersih yang stabil. Diperkirakan deuterium dalam satu liter air laut melalui reaksi fusi bisa menghasilkan jumlah energi yang sama dengan 300 liter bensin.

Para ilmuwan bekerja dengan berbagai perangkat eksperimental untuk memicu dan mempelajari reaksi ini di Bumi. Para ahli menilai tokamak berbentuk donat, seperti TIMUR di Institut Ilmu Fisika Hefei China dari Akademi Ilmu Pengetahuan China, sebagai pendekatan yang paling menjanjikan.


Matahari-China-2.jpg

Ada sekitar 300 ilmuwan dan insinyur yang bekerja mendukung pengoperasian fasilitas itu. Di dalamnya ada sistem vakum, sistem gelombang RF, sistem hamburan laser dan sistem microwave.

Tenaga matahari buatan ini berbeda dengan bahan bakar fosil seperti batu bara, minyak, dan gas alam yang terancam habis dan mengancam lingkungan. Sementara matahari buatan tidak terbatas di Bumi.

Di sisi lain, ada fakta menarik tentang matahari buatan China ini. Apa sajakah fakta-fakta tersebut? Simak ulasan dari Mancode yang diambil dari beberapa sumber:

  • 10 Kali Lebih Panas dari Inti Matahari

Matahari bereaktor nuklir ini menggunakan medan magnet dan dipadukan dengan plasma panas sehingga suhu yang dihasilkan mencapai lebih dari 150 juta derajat Celcius. Suhu tersebut 10 kali lebih panas dibandingkan inti Matahari yang mencapai 15 juta derajat Celcius.

  • Alasan Disebut Matahari Buatan

Teknologi yang diklaim akan menciptakan energi yang lebih bersih dan lebih aman daripada reaktor nuklir biasa ini, mendasari pada cara kerja matahari dan bintang, yakni menggunakan fusi hidrogen yang menciptakan energi panas. Sehingga dinamakan proyek 'Man-Made Sun'.

Peneliti mengklaim reaktor ini membuka peluang sumber energi bersih yang kuat serta ramah lingkungan.

Karena, fusi pada reaktornya tidak menghasilkan limbah radioaktif apapun dan juga mengurangi risiko kecelakaan atau pencurian bahan atom.

  • Ada Bulan Buatan

Selain membuat Matahari artifisial, China juga sempat mengumumkan akan menelurkan satelit iluminasi yang disebut sebagai 'artificial moon' atau bulan buatan.

Bulan palsu yang dikembangkan oleh Chengdu Aerospace Science and Technology Microelectronics System Research Institute ini, dibuat untuk menerangi jalanan kota sebagai pengganti penerangan konvensional seperti lampu-lampu jalan.

  • Beroperasi 2050

Matahari buatan dari China ini tidak berbentuk seperti matahari. Melainkan berupa penelitian eksperimen nuklir terbesar dan tercanggih di dunia. Rencananya, matahari 'made in China' ini bisa digunakan secara komersial pada 2050 mendatang.

  • Energi Tanpa Batas

Reaktor matahari buatan China bisa menghasilkan panas dan tenaga yang sangat besar. Bahkan, para peneliti mengklaim energi yang dihasilkan bisa tanpa batas. Para ilmuwan percaya suhu yang diciptakan mencapai 15 juta derajat Celcius ini baru suhu minimal. Artinya, masih ada tahapan selanjutnya yang harus dilakukan tim demi mendapatkan sumber energi yang mutakhir.

Baca Juga: Badai Pasir Besar Selimuti Kota Dunhuang China

Baca Juga: Viral Gadis 14 Tahun Asal China dengan Tinggi Melebihi 2 Meter

Baca Juga: Gagal Atasi Covid-19, Pemerintah China Hukum Puluhan Pejabat




Share To


inggil

inggil

Sept. 29, 2021, 7 a.m.


tags : China Bahaya Matahari Buatan China Matahari Buatan China Tujuan Matahari Buatan China Fakta Matahari Buatan China


Average: 0
Rating Count: 0
You Rated: Not rated

Please log in to rate.



Comments


Please Login to leave a comment.

ARTIKEL TERKAIT LAINNYA

YOU MAY ALSO LIKE

Entertainment 15 October 2021 12:00 p.m.

Solo Karir AXL Ramanda Rilis “Lepas Dan Pergi”

Entertainment 8 October 2021 6:00 a.m.

Menerka Kehilangan Bersama Duara dalam “Hilang”

History 5 October 2021 8:00 a.m.

HUT ke-76, Ini Sejarah Terbentuknya TNI