Hindia-Baskara.jpg

Lika-liku Tahun 2020, dari Single Hindia 'Setengah Tahun Ini'

oleh: inggil Entertainment Wednesday, 22 July 2020 9:00 a.m.


Mancode - Sejatinya di tahun 2020 ini akan menjadi tahun yang istimewa, terutama dalam industri musik. Kilas balik di 2019, kancah musik Tanah Air tengah menanjak, banyak musisi muda ataupun legendaris yang menjadi trendsetter anak muda. Sejatinya, di tahun inilah karya seni musik bakal mendapat apresiasi yang besar dengan banyaknya konser.

Namun, seperti yang kita tahu, skenario tersebut harus tertahan sementara karena pandemi Covid-19 lebih dulu menerjang. Bahkan, ketika enam bulan pertama 2020 sudah terlewati, ruang bergerak musik Indonesia masih belum juga bebas seutuhnya. Tetapi luar biasanya, situasi yang masih tak menentu ini malah membuat para pelakunya kian membongkar celah kreativitas. Tidak terkecuali label rekaman Sun Eater dan Baskara Putra lewat moniker musiknya bernama Hindia.

Terhitung selama setengah tahun di 2020 ini, lagu-lagu Hindia dari album debut ‘Menari Dengan Bayangan (2019)’ telah sukses dipasangkan dengan seragam barunya. “Secukupnya” dirubah ulang oleh produser andal Dipha Barus. “Rumah ke Rumah”, “Evakuasi”, dan “Evaluasi” dirilis secara satuan dalam bentuk video musik yang apik.

Sayangnya, mau tidak mau cerita panjang dari Menari Dengan Bayangan harus bertemu penghujungnya. Karena pada Rabu (15/7) ini, Hindia resmi menutup era album tersebut lewat sebuah lagu terbaru berjudul ‘Setengah Tahun Ini’.

Hindia-Rilis-Single-Baru.jpg

“Awalnya, lagu ini ditulis sebagai sebuah karya responsif dalam melihat kejadian besar yang berlangsung selama setengah tahun 2020. Lagu ini kemudian malah merangkum apa yang saya rasakan secara sosial dan pribadi selama enam bulan ke belakang,’ tutur Baskara, dari pers rilis yang diterima Mancode.

‘Dalam proses penulisan, akhirnya diputuskan bahwa ‘Setengah Tahun Ini’ menjadi lagu untuk menutup era Menari Dengan Bayangan,” tambah penyanyi dengan nama panggung Hindia ini.

Kisah dari single ‘Setengah Tahun Ini’, kita akan mengunjungi kembali beberapa catatan kejadian besar tanah air semacam lika-liku penanganan pandemi, omnibus law yang bergerak secara senyap, kredibilitas staf khusus Istana yang dipertanyakan, sampai rasa kehilangan besar mendiang Glenn Fredly. Semua kejadian lingkup sosial tersebut dipadankan dengan catatan kejadian besar milik Baskara pribadi, yakni dirundungnya oleh kebengisan cancel culture di dunia maya.

Art-Work-Single-Hindia.jpg

Aransemen musik dari ‘Setengah Tahun Ini’ memiliki asupan yang segar meski masih menjadi bagian dari perjalanan Menari Dengan Bayangan. Terdapat lapisan paduan suara yang menemani lajunya lagu ini, seakan turut membangun secara limpah ruah rasa mawas diri. Ada pula sisipan vokal serupa gaya rap selayaknya upaya penegasan cerita yang praktis.

Kedua elemen tersebut ditulis, direkam, dan dinyanyikan sendiri oleh Baskara dengan kembali membaurkan polesan sejawat musiknya yaitu Rayhan Noor, Wisnu Ikhsantama Wicaksana, dan Kunto Aji.

“Pada format awal, ‘Setengah Tahun Ini’ lebih ‘mirip’ disandingkan dengan berbagai lagu-lagu folk/akustik milik Iwan Fals atau ‘Membasuh’ jika disandingkan dengan katalog milik Hindia sendiri,” kata Baskara menggambarkan.

“Namun dirombak ulang saat akhirnya tercetus ide untuk menciptakan sebuah aransemen track yang menggunakan progresi chord dan elemen yang belum pernah digunakan oleh Hindia sebelumnya di Menari Dengan Bayangan,” lanjutnya.

Baskara sendiri menyimpulkan jika lagu terbarunya ini bisa menjadi sebuah refleksi pribadi atas apa saja yang terjadi selama setengah tahun 2020. Sehingga, bisa menjadikannya sebuah pelajaran di tahun-tahun mendatang.

Baca Juga: Hindia X Mantra Vutura Hadirkan 'Percakapan Pt1.'

Baca Juga: Nuansa Karantina di Single HINDIA 'Ramai Sepi Bersama'

Baca Juga: Gandeng Pamungkas, Petra Sihombing Rilis Manusia Kasur


Share To


inggil

inggil

July 22, 2020, 9 a.m.


tags : Single Baru Hindia Setengah Tahun ini Hindia Setengah Tahun Ini Berita Musik Indonesia Baskara Putra .Feast


Average: 0
Rating Count: 0
You Rated: Not rated

Please log in to rate.


Comments


Please Login to leave a comment.

ARTIKEL TERKAIT LAINNYA

you may also like

Life Style 25 September 2020 7:00 a.m.

BMW M 1000 RR Bertenaga Gahar Debut Global

Shopping 24 September 2020 15:00 p.m.

Bantu Brand Lokal, Folkaland Gelar Virtual Live Shopping

History 24 September 2020 10:00 a.m.

Sejarah di Balik Peringatan Hari Tani Nasional