Greenfields Berbagi Pemahaman Hingga Fakta dan Mitos Produk Dairy.jpg

Lengkapi Asupan Gizi, Ini Mitos dan Fakta Seputar Produk Dairy

oleh: rachli Life Style Tuesday, 8 February 2022 6:00 a.m.


Mancode - Banyak makanan yang dapat dikonsumsi untuk membantu melengkapi asupan gizi harian, salah satunya produk dairy seperti susu sapi segar, yogurt, dan keju. Produk dairy dilengkapi dengan berbagai kandungan baik seperti protein, vitmin A, B1, B2, kalsium, fosfor, dan mineral lainnya.

Namun, di samping kaya akan kandungan baik, ada sejumlah mitos dan fakta terkait konsumsi dan pengolahan produk dairy. Apa saja itu? Melansir keterangan Greenfields, berikut ulasannya.

Mitos: Produk dairy yang berbeda seperti susu dan yogurt tidak dapat dikonsumsi bersamaan.


Fakta: Mengkonsumsi berbagai produk dairy secara bersamaan tidak masalah, namun dalam jumlah sewajarnya.

Mitos: Minum susu di malam hari membuat gemuk.

Fakta: Salah satu faktor penambah berat badan adalah melewati batas konsumsi kalori harian. Selama tidak melewati, minum susu di malam hari tidak berpengaruh pada berat badan. Perlu diperhatikan adalah jarak antara waktu mengkonsumsi dan tidur malam hari. Pastikan memberi waktu cukup untuk tubuh mencerna susu sebelum tidur.

Mitos: Minum susu di malam hari bisa menambah tinggi badan

Fakta: Secara ilmiah, susu kaya akan protein dan mengandung asam amino tinggi yang penting untuk pertumbuhan. Di malam hari, ada beberapa asam amino yang bekerja lebih optimal saat beristirahat. Saat tidur, tubuh dalam kondisi puasa dan kekurangan energi. Dalam kondisi ini, tubuh akan mengambil cadangan energi, salah satunya dari otot. Dengan minum susu sebelum tidur, tubuh menabung asupan energi yang nantinya akan digunakan saat tidur.

Mitos: Orang yang memiliki intoleransi laktosa tidak bisa minum susu.

Fakta: Ada beberapa orang yang memiliki intoleran laktosa yang dikandung susu, di mana saat mengkonsumsi susu, tubuh akan bereaksi kurang baik seperti gatal-gatal atau mual.

Terdapat perbedaan antara alergi dan intoleransi susu. Pertama, orang yang memiliki alergi susu sama sekali tidak bisa mengonsumsi susu, namun bagi mereka dengan intoleransi susu bisa mengonsumsi susu dalam jumlah terbatas. Kedua, orang dengan intoleransi laktosa dapat mengonsumsi sekitar 150-200ml susu per hari agar tubuh tidak bereaksi.

Mitos: Cara menyimpan susu segar dan susu UHT sama saja.

Fakta: Terdapat beberapa macam susu seperti susu sapi segar dan susu UHT dan cara penyimpanannya berbeda. Kalau tidak disimpan dengan benar, kandungan nutrisi pada susu akan hilang.

Greenfileds merekomendasikan cara penyimpanan susu. Pertama, susu segar yang telah dikemas harus disimpan pada suhu 0-4 derajat celcius. Susu dengan kemasan yang telah dibuka dapat bertahan kurang lebih empat hari di lemari pendingin dan kurang lebih dari empat jam pada suhu ruangan.

Kedua, susu UHT sekali minum dapat disimpan dalam suhu ruangan dan dapat bertahan hingga sembilan bulan. Susu UHT satu liter sebaiknya langsung disimpan di dalam lemari pendingin setelah dibuka.

Mitos: Susu full cream adalah pilihan terbaik untuk lansia.

Fakta: Dua masalah utama pada lansia adalah tidak mau makan dan makan terlalu banyak. Seiring waktu, biasanya nafsu makan akan berkurang. Bagi lansia yang cenderung tidak mau makan, dapat diberikan susu full cream dengan jumlah kalori lebih tinggi dan padat. Untuk lansia yang biasanya banyak makan dan memiliki masalah seperti diabetes, berikan produk dairy yang rendah gula dan rendah lemak atau tanpa lemak. Sesuaikan produk dairy untuk lansia dengan kebutuhan.

Mitos: Saat dimasak, kandungan gizi pada susu akan hilang.

Fakta: Produk susu mengandung protein, vitamin, dan mineral yang rentan mengalami kerusakan saat dimasak. Saat memasak menggunakan bahan produk turunan susu, sebaiknya tidak terlalu lama atau hingga mengeluarkan asap (smoking point) yang artinya suhu sudah terlalu panas dan kandungan nutrisi sudah terganggu. Selain mengganggu, pemanasan dengan suhu terlalu tinggi dapat mengubah tekstur susu menjadi pecah atau bahkan menggumpal.

Baca Juga: Jadi Sponsor IBL, Greenfields Pasok Kebutuhan Susu Segar untuk Pebasket

Baca Juga: Mulai Sekarang Stop Seduh dan Minum Langsung Susu Kental Manis

Baca Juga: Michelin Guide Umumkan 71 Restoran Berbintang di Hong Kong




Share To


rachli

rachli

Feb. 8, 2022, 6 a.m.


tags : Greenfields Gizi Produk Dairy Mitos dan Fakta


Average: 0
Rating Count: 0
You Rated: Not rated

Please log in to rate.



Comments


Please Login to leave a comment.

ARTIKEL TERKAIT LAINNYA

YOU MAY ALSO LIKE