Yeezy-Kanye-West.jpg

Lelang Sepatu Yeezy Kanye West Laku Rp26 Miliar

oleh: inggil Life Style Thursday, 30 September 2021 6:00 a.m.


Mancode - Sepatu Nike Air Yeezy 1 milik Kanye West laku seharga Rp26 Miliar. Sneaker milik Kanye West itu dinobatkan sebagai sepatu termahal di dunia setelah berhasil terjual seharga USD1,8 juta atau setara dengan Rp26 miliar dalam acara lelang. Sepatu Nike Air Yeezy 1 dilelang di pusat lelang barang mewah Sotheby, New York, AS.

Dikutip AFP, sepatu Nike Air Yeezy itu terjual kepada RARES, pasar investasi sepatu kets yang memungkinkan pengguna berinvestasi pada sepasang alas kaki atletik yang langka.

Menurut pihak Sotheby, harga sneakers tersebut tertinggi dalam sejarah lelang bahkan tiga kali lipat dari rekor sneakers sebelumnya. Sebelumnya, sepasang sneaker Nike Air Jordan 1s yang terjual seharga USD615.000 atau lebih dari Rp8,9 miliar pada Agustus 2020 di balai lelang Christie.


"Harga sepatu itu sendiri tiga kali lipat dari rekor sebelumnya untuk sepatu kets. Penjualan tersebut menandai harga tertinggi yang pernah tercatat di publik untuk penjualan sepatu kets dan pertama kalinya mencapai USD1 juta," kata Sotheby, rumah lelang yang menjual sepatu tersebut.

Yeezys hitam itu sempat digunakan oleh Kanye West selama Grammy Awards 2008 saat dia membawakan "Hey Mama" dan "Stronger." Sepatu kets yang merupakan bagian dari kolaborasi antara Nike dan West, adalah prototipe dengan model yang dihasilkan tidak akan dijual hingga April 2009.

Yeezy-Kanye-West-2.jpg

Sepatu tersebut diakuisisi oleh RARES, pasar investasi sneakers yang memungkinkan pengguna berinvestasi pada sepasang alas kaki atletik yang langka. RARES, diluncurkan pada Maret lalu oleh mantan pemain sepak bola Amerika Gerome Sapp setelah membeli Air Yeezy 1s melalui penjualan pribadi dari kolektor sepatu Ryan Chang.

Brahm Wachter, kepala streetwear dan barang koleksi baru di Sotheby, mengatakan, "(Harga tersebut) berbicara banyak tentang warisan Kanye sebagai salah satu perancang pakaian dan sepatu paling berpengaruh di zaman kini, dan tentang waralaba Yeezy yang ia bangun yang telah menjadi raksasa industri"

Sebelum berkolaborasi dengan Kanye West, Nike menamai sepatu hanya untuk menghormati atlet terkenal. Air Yeezy 1 dirilis dalam edisi terbatas pada tahun 2009, diikuti oleh Air Yeezy 2 pada tahun 2012.

Baca Juga: Selamat Ulang Tahun Kanye West

Baca Juga: Penggemar Sneaker Yeezy Geram Situs dan Aplikasi Tidak Bisa Diakses

Baca Juga: Rencana Adidas Bikin Sepatu dari Sampah Plastik Laut




Share To


inggil

inggil

Sept. 30, 2021, 6 a.m.


tags : Nike Yeezy Kanye West Lelang Yeezy Kanye West RARES Nike Air Yeezy 1


Average: 0
Rating Count: 0
You Rated: Not rated

Please log in to rate.



Comments


Please Login to leave a comment.

ARTIKEL TERKAIT LAINNYA