Ledakan Beirut.jpg

Ledakan Dahsyat Meluluhlantakan Kota Beirut

oleh: galih Life Style Wednesday, 5 August 2020 7:00 a.m.


Mancode – Ibu Kota Lebanon, Beirut, tiba-tiba diguncang ledakan dahsyat pada Selasa (4/8/2020) waktu setempat. Ledakan tersebut meluluhlantakan gedung dan bangunan di sekitarnya. Puluhan orang dikabarkan meninggal dan lebih dari 4.000 lainnya mengalami luka-luka.

Melansir BBC, sumber ledakan pada awalnya diyakini sebagai kebakaran besar di sebuah gudang di dekat pelabuhan di Beirut. Kemudian, ledakan itu mengirimkan gelombang kejut besar mirip awan jamur yang merusak bangunan di sekitarnya.

Para pejabat di sana menuding ledakan tersebut berasal dari bahan peledak yang disimpan di gudang selama enam tahun. Perdana Menteri Lebanon Hassan Diab mengatakan terdapat 2.750 ton ammonium nitrat bahan untuk pupuk dan peledak yang disimpan di dalam gudang tersebut.

"Saya tidak akan diam sampai kita menemukan orang yang bertanggung jawab atas apa yang terjadi, sehingga kita dapat meminta pertanggung jawaban dan menerapkan hukuman paling berat. Tidak dapat diterima ada 2.750 amonium nitrat disimpan di gudang selama enam tahun, tanpa adanya langkah pengamanan sehingga membahayakan keselamatan warga," tulis Hassan Diab dalam akun Twitter resminya.

Jumlah korban akibat ledakan di Beirut diyakini akan terus bertambah. Rumah sakit pun dilaporkan sudah kewalahan menangangi korban ledakan. Seorang petugas medis mengatakan, sebanyak 200 hingga 300 orang telah dilarikan ke unit gawat darurat di sebuah rumah sakit.

“Saya tidak pernah yang sepeti ini. Mengerikan,” kata Rouba, petugas medis salah satu rumah sakit.

Ucapan Belasungkawa

Ledakan besar di Beirut tentu mengagetkan semua pihak. Termasuk para pemimpin dunia. Mereka telah mengirimkan ucapan belasungkawa para korban dari ledakan yang mematikan tersebut.

Seperti yang diungkapkan Menteri Luar Negeri Prancis Jean-Yves Le Drian. Dia menuliskan dalam Tweet-nya bahwa Prancis akan selalu berdiri bersama Lebanon dan siap mengirimkan bantuan ke negera itu.

“Prancis berdiri dan akan selalu berdiri di sisi Lebanon dan rakyatnya. Negara kami siap memberikan bantuan sesuai dengan kebutuhan yang diungkapkan oleh pemerintah Lebanon,” tulisnya.

Sementara Menteri Negara Urusan Luar Negeri Uni Emirat Arab Anwar Gargash dalam akun Twitter @AnwarGargash menulis, “Hati kita bersama Beirut dan rakyatnya". Dia memposting ucapan belasungkawa tersebut di samping gambar Burj Khalifa Dubai, yang diterangi dengan warna bendera Lebanon.

"Doa kami selama masa-masa sulit ini adalah agar Tuhan melindungi persaudaraan Lebanon untuk mengurangi penderitaan mereka dan menyembuhkan luka-luka mereka," tulisnya lagi.

Baca Juga: Terungkap Ledakan Kosmik Paling Kuat di Semesta

Baca Juga: Melihat Pasar Penjual Jodoh di Kota Stara Zagora, Bulgaria

Baca Juga: Shenzhen Kota Cina Pertama yang Larang Makan Kucing dan Anjing


Share To


galih

galih

Aug. 5, 2020, 7 a.m.


tags : Lebanon Beirut Meledak Ibu Kota Lebanon Kota Beirut Beirut Lebanon Ledakan Beirut Life Style


Average: 0
Rating Count: 0
You Rated: Not rated

Please log in to rate.


Comments


Please Login to leave a comment.

ARTIKEL TERKAIT LAINNYA

you may also like

Entertainment 1 October 2020 7:00 a.m.

Jatuh Hatinya Kata Pujangga dalam 'Terlanjur Memakai Hati'

Entertainment 30 September 2020 7:00 a.m.

Single Perdana Kevin Hugo di 'A Letter To You'

Entertainment 30 September 2020 6:00 a.m.

Joji Rilis Album Kedua 'Nectar'