Layanan-Google+-Akan-Ditutup-pada-2-April-2019.jpg

Layanan Google+ akan Ditutup pada 2 April 2019

oleh: emil Technology Friday, 29 March 2019 11:00 a.m.


Google+ (Google Plus) merupakan jejaring sosial yang disebut telah memiliki ratusan juta user di seluruh dunia. Jejaring sosial ini terbilang cukup populer, karena menggabungkan beragam layanan dari Google yang kerap dimanfaatkan oleh penggunanya, seperti Hangout dan Circle. Namun ada kabar buruk bagi mancoders yang baru ingin bergabung, karena Google+ sebentar lagi ditutup layanannya.

Google+ yang pertama kali diluncurkan pada tahun 2011 tersebut, sebenarnya menjadi langkah perusahaan Google untuk menyaingi Facebook. Namun, sayangnya media sosial ini laju perkembangan dan tingkat aktivitas user-nya tidak bisa “menyalip” Facebook. Hal ini diperparah setelah diketahui pada tahun lalu, terdapat bug yang menyebabkan bocornya data 500.000 user Google+.

Google-Plus.jpg

Tapi perjalanan jejaring sosial ini pun akan segera berakhir usai Google mengeluarkan pengumuman bahwa pada 2 April 2019, seluruh layanan Google+ akan resmi dihapus. Proses penghilangan fitur dari Google+ pun akan mulai dilakukan secara perlahan dari 4 Februari 2019.

Sebagaimana dilansir dari gadgets.ndtv.com (31/1/2019) pengumuman itu dirilis Google di support page-nya pada 28 Januari 2019. Google menyatakan pada 4 Februari akan menghentikan pembuatan profil, page, komunitas, dan event baru di Google+.

Jejaring-sosial-Google+-disebut-akan-segera-dihentikan-layanannya_2.jpg

Selain itu, akun community owners dan moderator di Google+ dapat mulai mengunduh data mereka mulai Maret 2019. Di mana data tersebut akan mencakup mengenai informai mengenai author, body konten, dan foto yang pernah diunggah di komunitas publik yang berada di Google+.

Langkah selanjutnya dari Google dilakukan pada 2 April 2019. Secara offline, akun serta halaman yang ada di Google+ akan dihapus. Semua data yang ada akan dihapus semuanya dan Google memberikan waktu untuk user Google+ melakukan backup terhadap data-datanya yang sebelumnya telah masuk archive. Namun dengan catatan, proses backup tersebut harus selesai sebelum 2 April 2019.

Baca Juga: Apple Segera Luncurkan Layanan Streaming TV

Bila mancoders merupakan user Google+, kalian bisa memanfaatkan aplikasi Google+ Exporter yang dapat membantu proses backup data kalian dari media sosial tersebut. Fitur export data ini gratis untuk 3.000 postingan terbaru kalian di Google+

Pihak Google mengklaim proses penghapusan data user Google+ akan menghabiskan waktu beberapa bulan. Selama proses itu, mancoders masih bisa bisa melihat sejumlah postingan dan melihat activity log menggunakan G Suite.


Share To


emil

emil

March 29, 2019, 11:38 a.m.


tags : Google Plus Google


Average: 0
Rating Count: 0
You Rated: Not rated

Please log in to rate.


Comments


Please Login to leave a comment.

ARTIKEL TERKAIT LAINNYA

you may also like

Entertainment 7 April 2020 15:00 p.m.

Cerita Moral Trendkill Cowboys Rebellion

Entertainment 6 April 2020 15:00 p.m.

Kampanye Donasi Chiki Fawzi lewat Single Panggilan Jiwa