Pelecehan Seksual-1.jpg

Lawan Pelecehan Seksual di Ruang Publik dengan Metode 5D

oleh: galih Life Style Thursday, 23 September 2021 11:00 a.m.


Mancode - Dalam riset yang dilakukan secara nasional oleh L'Oreal Paris melalui IPSOS Indonesia, ditemukan bahwa 82 persen perempuan Indonesia pernah mengalami pelecehan seksual di ruang publik. Mirisnya, persentasi ini lebih tinggi dari rata-rata 8 negara lain yang disurvei.

Dari hasil survei tersebut, sebanyak 59 persen bentuk pelecehan di ruang publik di Indonesia didominasi oleh perbuatan pandangan, gestur, tatapan, atau lirikan seksual yang tidak senonoh.

Kemudian, bersuit secara berulang, mengejek, membuat suara ciuman, melolong atau mendecakkan bibir dengan cara seksual, menempati peringkat kedua tertinggi sebagai bentuk pelecehan seksual terhadap perempuan di Indonesia.


Sayangnya, banyak masyarakat yang tidak membantu saat korban mengalami pelecehan seksual di tempat umum. Memang, ada banyak penyebab mengapa kita terdiam dan tak mau membantu. Salah satunya adalah karena takut atau tak tahu apa yang harus dilakukan. Lalu, bagaimana cara membantu melawan pelecehan seksual di ruang publik?

Cara Melawan Pelecehan Seksual di Ruang Publik

Pelecehan Seksual.jpg

Bekerja sama dengan Hollaback!, L'Oréal Paris mengajak perempuan di seluruh dunia untuk mengikuti pelatihan 5D. Hingga saat ini, sudah lebih dari 370.000 orang yang mengikuti pelatihan 5D dan angka ini terus meningkat dari hari ke hari.

“Usaha menghapus terjadinya pelecehan seksual di ruang publik tidak akan bisa dilakukan sendiri oleh satu pihak saja. Diperlukan dukungan dan kerja sama dari berbagai pihak, dan sudah menjadi tanggung jawab seluruh masyarakat untuk bahu-membahu melakukannya,” kata Maria Adina, Brand General Manager L’Oréal Paris Indonesia

“L'Oréal Paris bersama para mitra strategis, akan terus menggaungkan kampanye Stand Up Against Street Harassment di Indonesia, agar lebih banyak masyarakat Indonesia yang mengerti cara mengintervensi situasi pelecehan seksual di ruang publik dan lebih peduli kepada lingkungan sekitar.” Tambahnya.

Metode 5D dari Hollaback! adalah kumpulan alat yang diakui oleh para ahli yang dapat membantu kamu mengintervensi dengan aman ketika menyaksikan pelecehan di tempat umum. Berikut rinciannya dari metode 5D: 1. Dialihkan

Cara pertama dari Metode 5D adalah kamu bisa berpura-pura menjadi teman, menanyakan waktu, dan alihkan perhatian. Lakukan sekreatif mungkin, agar korban terhindar dari para oknum pelecehan seksual.

2. Dilaporkan

Kemudian, cara berikutnya coba temukan seseorang yang berwenang dan minta mereka untuk membantu.

3. Dokumentasikan

Perhatikan dan saksikan, serta tuliskan atau rekam video pelecehan. Berikan rekaman kepada korban dan jangan pernah memposting rekaman daring atau menggunakannya tanpa izin dari korban.

4. Ditegur

Berbicaralah dan tegur pelaku pelecehan, lalu alihkan perhatian kamu kepada orang yang dilecehkan. Jika pelaku merespons, abaikan mereka dan jangan memperkeruh situasi. Hanya gunakan ‘Ditegur’ sebagai upaya terakhir untuk mencegah terjadinya kekerasan. Keamanan kamu dan korban pelecehan harus diutamakan.

5. Ditenangkan

Tenangkan korban pelecehan setelah pelecehan terjadi dan akui bahwa perilaku itu adalah salah. Posisikan diri anda sebagai seorang teman.

Anindya Restuviani, Site Leader & Co-Director of Hollaback! Jakarta, mengajak masyarakat bersama-sama berlatih untuk mengambil tindakan 5D dalam membantu mereka yang mengalami pelecehan seksual.

“Kita dapat memberdayakan masyarakat untuk bertindak, bagi dirinya dan orang lain, saat ini dan di masa mendatang.” Anindya Restuviani, Site Leader & Co-Director of Hollaback! Jakarta.

Aksi pelecehan seksual di ruang publik tidak sepatutnya terjadi pada siapa pun. Berdiam diri bukanlah pilihan. Kita semua memiliki peran dalam menekan angka pelecehan seksual di ruang publik.

Baca Juga: 5 Aktor Hollywood yang Terkena Kasus Pelecehan Seksual

Baca Juga: Heboh! Kasus Dugaan Pelecehan Seksual di KPI Pusat

Baca Juga: Inggris Tangkap 11 Orang karena Pelecehan Rasis Online Pesepak Bola




Share To


galih

galih

Sept. 23, 2021, 11 a.m.


tags : L'Oreal Paris Pelecehan Seksual Metode 5D Life Style Lawan Pelecehan Seksual


Average: 0
Rating Count: 0
You Rated: Not rated

Please log in to rate.



Comments


Please Login to leave a comment.

ARTIKEL TERKAIT LAINNYA

YOU MAY ALSO LIKE

Entertainment 18 October 2021 11:00 a.m.

5 Momen Seru Demon Slayer: Kimetsu No Yaiba Mugen Train Arc

Shopping 29 September 2021 8:00 a.m.

Huawei Gelar Diskon Promo Hingga 40%