Cegah Kebocoran Data, Mozilla Hadirkan Fitur Firefox Monitor.jpg

Lawan Kebocoran Data, Mozilla Hadirkan Firefox Monitor

oleh: rachli Technology Monday, 18 May 2020 8:00 a.m.


Mancode - Kebocoran data atau data breach pada sebuah situs web terjadi ketika penjahat siber mencuri, menyalin, atau membongkar informasi pribadi dari akun online. Hal ini biasanya disebabkan oleh peretas yang menemukan celah dari keamanan situs web tersebut.

Kebocoran data itu sendiri biasanya berisi alamat surel dan kata sandi. Namun, bisa menjadi lebih buruk lagi, jika informasi yang lebih sensitif seperti nomor kartu kredit, nomor paspor, dan data pribadi lainnya juga dapat terekspos.

Menyikapi hal tersebut, salah satu peramban web gratis, Mozilla, berkomitmen untuk membangun perlindungan guna menjaga keamanan pengguna di internet. Oleh karena itu, pihaknya terus berupaya mengeluarkan fitur-fitur baru untuk melenggapi produknya. Salah satunya Firefox Monitor

“Firefox Monitor adalah salah satu solusi yang mendukung pengguna untuk melawan kebocoran data dengan mengirimkan pemberitahuan jika mereka mengunjungi situs web yang pernah bocor,” kata VP and General Manager of Emerging Markets Mozilla Stan Leong.

Lewat keterangan rilis yang diterima Mancode (14/5/2020), dirinya juga menjelaskan, pengguna dapat belajar mengenai langkah apa yang harus diambil untuk menjaga akun online mereka, serta menerima notifikasi bila informasi diri mereka bocor.

Untuk melindungi keamanan online pengguna, berikut ini cara kerja Firefox Monitor:

Melakukan Pencarian Dasar

Firefox Monitor akan mencari informasi apakah alamat email pengguna termasuk dalam kebocoran data secara publik dari tahun 2007. Pencarian dasar ini akan memunculkan sebagian besar kebocoran data tetapi bukan yang berisikan informasi pribadi yang sensitif.

Mendaftar untuk Memantau Kebocoran Data

Pengguna dapat membuat Firefox Account untuk memantau email mereka jika ada kebocoran data. Setelah pengguna memverifikasi surel, mereka akan menerima laporan lengkap kebocoran data terdahulu, termasuk kebocoran data yang sensitif.

Menerima Notifikasi di Browser

Ketika pengguna memakai Firefox Monitor, mereka akan menerima notifikasi keamanan jika mengunjungi situs yang telah bocor. Pengguna dapat mengetahui dengan segera jika data bocor, serta apa yang dapat dilakukan untuk mengamankannya.

Dengan demikian, pengguna dapat memeriksa apakah sebuah akun telah mengalami kebocoran dan informasi apa saja yang bocor. Pengguna tidak perlu khawatir apakah informasi pribadi disalahgunakan, karena Mozilla tidak memerlukan kata sandi pengguna. Hal ini memungkinkan setiap data menjadi anonim ketika informasi mengenai data yang bocor dikirimkan ke pengguna.

Baca Juga: Zoom Akuisisi Keybase Perkuat Sistem Keamanan

Baca Juga: McAfee Gandeng Atlassian Tingkatkan Keamanan Cloud

Baca Juga: Upaya Perlindungan Trend Micro Terhadap Ancaman Siber


Share To


rachli

rachli

May 18, 2020, 8 a.m.


tags : Mozilla Firefox Firefox Monitor Kebocoran Data data pribadi akun online data breach


Average: 0
Rating Count: 0
You Rated: Not rated

Please log in to rate.


Comments


Please Login to leave a comment.

ARTIKEL TERKAIT LAINNYA

you may also like

Life Style 18 September 2020 9:00 a.m.

NGK Jadi Pemasok Busi Resmi Motor Trial Sherco

History 18 September 2020 7:00 a.m.

Sejarah Panjang Peringatan Hari Palang Merah Indonesia

Entertainment 17 September 2020 13:00 p.m.

Marina Kaye Gandeng Produser BTS dan Eyelar dalam 'Double Life'

Entertainment 17 September 2020 12:00 p.m.

Adiezty Fersa Rilis Single “Yang Nyata Nyata Saja”