VoB.jpg

Lawan Intoleransi, VoB Rilis “God, Allow Me (Please) to Play Music”

oleh: galih Entertainment Thursday, 19 August 2021 8:00 a.m.


Mancode – Grup band rock Voice of Baceprot (VoB) kembali dengan ‘peluru’ barunya lewat perilisan single berjudul “God, Allow Me (Please) to Play Music”. Lagu ini dilatarbelakangi oleh stigma negatif, kritik, hingga intoleransi yang dialami para personelnya yang terdiri dari tiga perempuan berhijab, yakni Firdda Marsya Kurnia (vokal, gitar) Widi Rahmawati bass), dan Euis Siti (drum).

“Semakin kami mencoba menghindari kritik, menjauhkan diri darinya, itu menjadi semakin keji. Itu memprovokasi kami untuk melawan bahkan lebih blak-blakan. Itu terus berlanjut hingga kami menjadi sangat lelah,” ungkap Marsya, dalam siaran pers yang diterima Mancode.id, Kamis (19/8/2021).

Mereka berusaha mencari dukungan dari orang-orang yang mereka pikir akan lebih memahami situasi mereka. Akhirnya, mereka pun menceritakan perasaannya kepada mantan guru sekaligus manajer VoB, Ezra atau akrab disapa Abah.


“Menurut Abah, jika kita masih percaya pada Tuhan sambil merasa bahwa orang-orang tertentu tidak mengizinkan kita bermain musik, sementara yang lain memberi kita dukungan palsu dengan memaksa kita untuk memihak mereka, lalu mengapa tidak menulis lagu yang menceritakan langsung kepada Tuhan? Kita bisa memutuskan kesetiaan dengan sesama manusia,” jelas Marsya.

Bersama Abah, ketiganya kemudian mulai menulis lirik. Kerangka lagu dibangun secara bertahap. Berawal dari jamming session di Studio Abah di kampung halaman. Penyempurnaan lagu dan musiknya di dilakukan di Jakarta bersama mentor mereka, antara lain Stevi Item (Andra & The Backbone, Deadsquad), Alan Musyfia, dan Andyan Gorust (Hellcrust), serta Gusti Hendy (GIGI).

VoB juga menerima banyak masukan dalam aransemen lagu oleh produser mereka Stephan Santoso, yang juga memimpin produksi single debut mereka “School Revolution”.

Secara musikal, "God, Allow Me (Please) to Play Music" merupakan perwujudan dari hasil eksplorasi yang dilakukan ketiga personel VoB. Vokal khas Marsya menyanyikan, “Aku bukan penjahat, aku bukan musuh, aku hanya ingin menyanyikan sebuah lagu untuk menunjukkan jiwaku…” dengan nada yang sesuai dengan lriknya.

“Kami ingin orang-orang yang mendengarkan lagu ini menjadi lebih toleran terhadap orang lain. Tuhan tidak hanya milik satu orang atau sekelompok orang. Tuhan adalah milik siapa saja yang percaya kepada-Nya,” kata Marsha.

“Jadi, setiap orang berhak berkreasi, berkreasi, dan bertanggung jawab atas ciptaan yang diberikan oleh Tuhan yang dia yakini,” tutupnya.

Single "God, Allow Me (Please) to Play Music" sendiri sudah dirilis bertepatan dengan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia. Mancoders bisa mendengarnya di sejumlah platform musik digital.

Baca Juga: Youtuber Ini Bikin Lagu Rock dengan Bantuan AI

Baca Juga: Mr. Jarwo Kuncen Naif Sebarkan Pesan Semangat dalam “Anti Rebahan”

Baca Juga: Persembahan Manis Lullaboy ‘Only In My Dreams’




Share To


galih

galih

Aug. 19, 2021, 8 a.m.


tags : Entertainment Lagu Lawan Intoleransi Voice of Baceprot Band Rock Voice of Baceprot VoB Rilis Single Baru Allow Me (Please) to Play Music


Average: 0
Rating Count: 0
You Rated: Not rated

Please log in to rate.



Comments


Please Login to leave a comment.

ARTIKEL TERKAIT LAINNYA

YOU MAY ALSO LIKE