Bina Medika Bintaro.jpg

Langkah RSIA Bina Medika Bintaro Tekan Angka Kematian Ibu dan Anak

oleh: galih Life Style Tuesday, 8 June 2021 14:00 p.m.


Mancode – Di usianya yang menginjak satu tahun, Rumah Sakit Ibu dan Anak (RSIA) Bina Medika yang berlokasi di kawasan Bintaro Jaya, Pondok Aren, Tangerang Selatan telah menjadi solusi bagi ibu dan anak untuk mendapatkan pelayanan medis tanpa ada rasa kekhawatiran yang disebabkan pandemi Covid-19.

Demikian diungkapkan Direktur RSIA Bina Medika Irma Rismayanty dalam acara syukuran dan santunan sosial dalam Hari Ulang Tahun (HUT) ke-1 RSIA Bina Medika, Bintaro, Selasa (8/6/2021).

Selain tidak menerima rujukan pasien Covid-19, lanjut Irma, pihaknya menerapkan protokol kesehatan (Prokes) yang sangat ketat demi keselamatan ibu dan buah hati. "Walaupun kita tidak menerima rujukan pasien Covid, tapi jika ada ibu hamil terkena Covid dan saat datang sudah pembukaan, maka tidak boleh dirujuk. Nah di situ, kita harus selamatkan ibu dan bayi dengan prokes ketat serta menggunakan ruang isolasi untuk emergency. Setelah bayi lahir pasien yang merupakan ibu atau bayi lalu dirujuk ke rumah sakit yang menerima pasien Covid," jelas Irma.


Untuk memastikan kondisi kesehatan pasiennya, kata Irma, khusus untuk ibu hamil yang ingin mendapatkan pelayanan kesehatan di RSIA ini selalu rutin melakukan PCR rutin. “Untuk ibu hamil, PCR rutin dari usia 37, 38 minggu secara berulang. Ada juga swab antigen yang hasilnya bisa ditunggu. Jadi, kita edukasi dokter dan pasien agar jangan sampai terkena Covid. Sejauh ini respons masyarakat yang sangat positif,” ungkapnya.

Sementara, Staff Khusus Bidang Kesehatan Kota Tangerang Selatan Suhara Manullang berharap RSIA Bina Medika menjadi indikator dan acuan dalam menekan angka kematian ibu dan bayi.

"Saya perlu sampaikan, menjalankan protap bagi ibu hamil yang akan bersalin tidak bisa dikompromikan. Tapi dari sisi lain, persalinan tidak kenal waktu dan adanya rapid antigen bisa langsung ketahuan hasilnya. RSIA Bina Medika punya kekhususan tanpa mengurangi SOP yang ada, sehingga masyarakat punya satu jaminan ketersediaan pelayanan," imbuh Suhara yang hadir dalam acara HUT ke-1 RSIA Bina Medika.

Selain dari sisi medis, RSIA Bina Medika juga memperbaharui sistem registrasi yang dapat diakses di manapun dengan konsep Self Registration, sehingga dapat memudahkan pasien untuk membuat janji dengan dokter spesialis dan meminimalisir antrean saat pendaftaran.

Baca Juga: Swiss-Belhotel Serpong Penuhi Kriteria Jadi Sentra Vaksin Covid-19

Baca Juga: BPJAMSOSTEK Catat Peningkatan Klaim Selama Pandemi Covid-19

Baca Juga: Penggerak Komunitas Ajak Masyarakat Perangi Covid-19




Share To


galih

galih

June 8, 2021, 2 p.m.


tags : Covid-19 RSIA Bina Medika Bintaro Ibu dan Anak HUT Bina Medika Bintaro Life Style


Average: 0
Rating Count: 0
You Rated: Not rated

Please log in to rate.



Comments


Please Login to leave a comment.

ARTIKEL TERKAIT LAINNYA

YOU MAY ALSO LIKE

Entertainment 27 September 2021 8:00 a.m.

Kolaborasi Nicholas Yoel dan Gracia Stephanie dalam “Honey”

Technology 25 September 2021 8:00 a.m.

Razer Rilis Sarung Jempol untuk Gaming

Entertainment 10 September 2021 13:00 p.m.

Rangkuman Perjalanan Azhr dalam “Waktu”