image default

Langkah Perawatan Kulit Wajah untuk Cegah Jerawat

oleh: emil Fashion Style Tuesday, 21 May 2019 10:00 a.m.


Terlihat memiliki wajah yang bersih kerap menjadi “peraturan tak tertulis” bagi pria agar menarik perhatian kaum Hawa. Karena itulah, munculnya jerawat dipandang sebagai hal yang sangat mengganggu, apalagi bagi para pria yang selama ini sudah berusaha merawat diri atau menjalani hidup yang sehat. Namun dengan perawatan yang tidak tepat atau pengaruh stress, langkah mancoders untuk cegah jerawat terkadang terasa gagal.

Bila hal di atas pernah dialami oleh mancoders, tenang saja, kalian tetap bisa berupaya untuk memaksimalkan kesehatan kulit dengan perawatan sendiri sesuai artikel ini. Sebagaimana dilansir dari mensjournal.com (23/1/2019), berikut ini langkah-langkah perawatan yang bisa dilakukan di rumah, berdasarkan saran para dokter kulit profesional di Amerika Serikat.

Gambar: (Kode 123RF: 25465499)


  • Gunakan Cleanser dan Cuci Muka 2 Kali Sehari

Dr Rhonda Klein, M.D. menyarankan untuk menggunakan cleanser yang memiliki kandungan asam salisilat, asam glikolat, dan benzoil perksida. Ketiga unsur ini disebut dapat menimalisir hingga cegah jerawat.

“Pencucian muka asam salisilat yang efektif merupakan cara bagus untuk memulai hari dan pencuci muka dengan kandungan benzoil peroksida 2-5 persen merupakan pembersih anti-jerawat untuk malam,” ucap Klein.

Asam salisilat dan asam glikolat disebut berfungsi untuk menghilangkan sel-sel mati penyumbat pori-pori. Sedangkan benzoil peroksida untuk melawan bakteria yang berada di pori-pori mancoders, setelah kalian beraktivitas seharian. Untuk wajah, mancoders bisa memilih cleanser dengan kandungan benzoil peroksida 2 persen. Sedangkan untuk jerawat di area tubuh, kalian bisa menggunakan benzoil peroksida dengan kandungan 5%.

Gambar: (Kode 123RF: 19269872)

  • Gunakan Pelembab Khusus

Bagi mancoders yang kulitnya mudah berjerawat, disarankan menggunakan pelembab. Tapi bukan sembarang pelembab, karena menurut Dr Jennifer S. Kitchin, M.D. pelembab oil-based bersifat komedogenik (dapat menyumbat pori-pori). Jadi baiknya pilih produk pelembab yang bebas minyak atau oil free dan non-comedogenic.

Selain itu, disarankan agar mancoders menghindari penggunaan scrubs. Scrubs hanya boleh digunakan sebagai langkah preventif cegah jerawat. Namun dengan catatan kulit wajah mancoders sudah bersih dari keberadaan jerawat.

  • Gunakan Retinol

Menggunakan retinol atau vitamin A1 dipandang sebagai langkah pertahanan terbaik untuk mencegah penuaan dan membantu cegah jerawat muncul di kulit mancoders. Karena retinol meminimalisir pori-pori dan mengurangi bekas jerawat yang ada di wajah. Saat ini sudah banyak produk yang menggunakan kandungan retinol di dalamnya, jadi mancoders bisa mencoba mencarinya di apotek atau toko online.

Dalam langkah untuk cegah jerawat, mancoders bisa memilih retinol dalam bentuk krim dan menggunakannya semalaman, tepatnya sebelum tidur. Karena langkah ini dapat membantu siklus regeneratif kulit untuk penyembuhan serta memperbaiki kondisi kulit. Selain itu, krim dengan retinol membuat mancoders sensitif dengan cahaya dan menghentikan paparan sinar UV ke kulit kalian. Jadi setelah didiamkan semalaman, mancoders bisa membersihkannya menggunakan cleanser saat bangun pagi.




Share To


emil

emil

May 21, 2019, 10:02 a.m.


tags : membersihkan wajah cegah jerawat Jerawat


Average: 0
Rating Count: 0
You Rated: Not rated

Please log in to rate.


Comments


Please Login to leave a comment.

ARTIKEL TERKAIT LAINNYA

YOU MAY ALSO LIKE

Entertainment 1 July 2021 14:00 p.m.

Spotify Hadirkan Fitur Baru Greenroom