Laleilmanino Suarakan Dampak Perubahan Iklim Lewat ‘Dengar Alam Bernyanyi’.jpg

Laleilmanino Suarakan Dampak Perubahan Iklim Lewat ‘Dengar Alam Bernyanyi’

oleh: rachli Entertainment Tuesday, 26 April 2022 7:00 a.m.


Mancode - Memanfaatkan momentum Hari Bumi Sedunia pada 22 April, Trio Laleilmanino yang beranggotakan Anindyo Baskoro (RAN) serta Arya Aditya Ramadhya dan Ilman Ibrahim (Maliq & D’Essentials) meluncurkan karya baru bertema Dengar Alam Bernyanyi.

Lagu ini terinspirasi dari keresahan perubahan iklim yang berdampak luas bagi kehidupan. Kenaikan suhu bumi mengakibatkan berbagai perubahan pada alam dan kehidupan manusia, seperti cuaca ekstrim, bencana alam, gagal panen, dan kemarau berkepanjangan.

“Kita makin tersadar, kalau manusia tidak mulai bereaksi sejak sekarang, kita sendirilah yang akan merasakan dampak buruknya,” ujar Trio Laleilmanino melansir keterangan resmi yang diterima, Senin (25/4/2022).


Lagu Dengar Alam Bernyannyi ini menghadirkan lirik yang penuh makna. Seperti halnya lirik “Bila kau jaga aku, ku jaga kau kembali” yang merupakan cerminan pentingnya menjaga hutan, karena hutan akan menjaga manusia dari berbagai bencana alam sekaligus memberi penghidupan.

Lagu Dengar Alam Bernyanyi ini juga bisa dibilang lagu pertama Trio Laleilmanino yang diciptakan langsung di luar studio, tepatnya saat pertengahan Maret lalu ketiganya jalan-jalan ke kawasan Wisata Situ Gunung, Taman Nasional Gunung Gede-Pangrango.

Dengar Alam Bernyanyi.jpg

“Lagu ini diciptakan langsung di tengah hutan, di luar studio, dengan cara “berbincang” langsung dengan hutan,” katanya Anindyo Baskoro atau akrab disapa Nino.

Dalam karya baru ini, Trio Laleilmanino turut menggandeng tiga kolaborator dari generasi muda di dunia seni yang memiliki rasa kepedualian serupa terhadap kelestarian bumi. Mereka adalah Chicco Jerikho, HiVi!, dan Sheila Dara.

Meski buka penyanyi, Chicco Jerikho menyambut baik ajakan berkolaborasi. Pasalnya, lagu ini membawa isu penting, yakni soal lingkungan hidup. Hal ini juga sejalan dengan apa yang ia lakukan beberapa tahun terakhir, yang ikut menyuarakan kepedulian tentang perlindungan gajah.

“Hutan bukan hanya berperan sebagai paru-paru dunia, melainkan juga berfungsi sebagai penyelamat masalah emisi karbon dunia. Hutan adalah inti dari ekosistem setiap makhluk yang ada di bumi,” ucapnya.

Sheila turut menjelaskan, kolaborasi ini merupakan kali pertama bagi dirinya menyanyikan lagu tentang lingkungan. Berbeda dengan proyek lagu-lagu sebelumnya, menyanyikan lagu Dengar Alam Bernyanyi menjadi sesuatu yang bisa memberikan dampak positif.

“Senang sekali bisa terlibat, karena lirik lagunya sangat menginspirasi. Aku akan lebih senang sekali kalau lebih banyak teman yang juga terinspirasi ketika mendengarkan lagu ini,” tuturnya.

Baca Juga: Hari Hutan Sedunia, Laleimanino Menjelajahi Hutan Situ Gunung

Baca Juga: Rilis Album Perdana, Anneth Delliecia Mantapkan Diri di Industri Musik Indonesia

Baca Juga: Kolaborasi Kqueency dan Garry Armando Suguhkan ‘Rasa Cinta’




Share To


rachli

rachli

April 26, 2022, 7 a.m.


tags : Hari Bumi Sedunia Perubahan Iklim Laleilmanino Dengar Alam Bernyanyi


Average: 0
Rating Count: 0
You Rated: Not rated

Please log in to rate.



Comments


Please Login to leave a comment.

ARTIKEL TERKAIT LAINNYA

YOU MAY ALSO LIKE