Kungfu Shaolin.jpg

Kuil Shaolin Buka Kelas Kungfu untuk Pelajar Internasional, Tertarik?

oleh: galih Life Style Tuesday, 5 January 2021 13:00 p.m.


Mancode – Kungfu adalah ilmu bela diri yang berasal dari Tiongkok. Ilmu bela diri ini telah mendunia. Tak hanya di Tiongkok, seni bela diri ini juga makin diminati masyarakat dunia. Menjawab antusias tersebut sekaligus memomulerkan kungfu, Kuil Shaolin di Provinsi Henan, Tiongkok Tengah, kini membuka kelas kungfu untuk pelajar asing atau internasonal.

Keputusan tersebut berdasarkan perjanjian antara Kuil Shaolin dan Universitas Henan. Mereka sepakat untuk membuka program sarjana, magister, dan doktoral dalam seni bela diri kungfu. Dengan begitu, siswa dari seluruh dunia bisa mendaftarkan diri untuk mengambil jurusan kungfu.

“Kerja sama tersebut akan memungkinkan para pencinta kungfu dari lebih banyak negara untuk belajar dan membantu mempromosikan budaya tradisional Tiongkok,’’ kata Shi Yongxin, Kepala Shaolin Temple, seperti dikutip Antara dari Xinhua.


Pada 2020, Universitas Henan telah mendirikan Wushu College. Ini menjadi satu-satunya perguruan tinggi wushu atau kungfu yang didirikan oleh universitas komperhensif di Tiongkok. Masih di tahun yang sama, sebuah kesepakatan juga ditandatangani antara kuil dan universitas untuk melatih para pelatih Kungfu yang mengajar di luar negeri.

Sekitar 30 siswa yang dipilih setiap tahun dari perguruan tinggi akan dikirim ke pusat budaya luar negeri untuk mengajar setelah lulus.

Lokasi Kuil Shaolin

Kuil Shaolin.jpg

Kuil Shaolin terletak di kaki pegunungan Songshan, 15 kilometer dari kota Dengfeng, yang berjarak sekitar 70 kilometer dari Zhengzhou, ibukota provinsi Henan, Tiongkok. Kompleks Kuil Shaolin terbagi menjadi tiga area utama di dalamnya.

Kompleks kuil terdiri dari banyak aula dan bangunan. Dua hal yang menarik adalah Hall of Thousand Buddhas, juga dikenal dengan Aula Pelatihan, di mana Mancoders dapat melihat lantai berbatu yang telah retak oleh para biksu yang berlatih di sana selama ratusan tahun.

Kemudian yang kedua, adalah Shadow Stone di mana kalian dapat melihat jejak pendiri Kungfu Shaolin, Bodhidharma yang konon meninggalkan bayangannya ke sebuah batu besar hasil dari meditasi bertahun-tahun.

Jika kalian ingin mengunjungi Kuil Shaolin, sebaiknya mengatur perjalanan dari kota Zhengzhou di mana banyak travel agent yang menyediakan mobil dan tour guide. Sebagai alternatif, kalian juga bisa menaiki bus ke Kuil Shaolin yang berangkat dari terminal bus Zhengzhou.

Manfaat Kungfu

Kungfu.jpg

Kungfu bukan sekadar bela diri. Kungfu juga memiliki banyak manfaat bagi yang mendalaminya. Salah satunya adalah membantu meningkatkan fokus. Ketika melakukan gerakan-gerakan kungfu, kalian diharuskan fokus terhadap lawan. Tentu saja aktivitas fisik mampu meningkatkan konsentrasi, terutama jurus Kungfu yang berbagai macam dan unik tersebut.

Selain itu, kungfu yang terlahir dari kuil Shaolin ini menerapkan ajaran untuk meditasi. Kegiatan ini menjadi salah satu jalan praktik relaksasi, yang melibatkan pelepasan pikiran yang membebani, hal-hal mencemaskan, dan merenung.

Kemudian, melakukan banyak gerakan Kungfu pasti membuat tubuh kalian lebih banyak mengeluarkan keringat yang membakar lemak dan kalori. Hasil yang dirasakan akan membuat tubuh kalian lebih sehat seiring berjalannya waktu.

Tentunya, masih banyak lagi manfaat jika Mancoders belajar bela diri kungfu. Bagaimana, apakah Mancoders tertarik belajar kungfu?

Baca Juga: Genichi Mitsuhashi, Pria Bergelar Master Ninja Pertama Dunia

Baca Juga: Manga One Piece Capai Chapter 1.000

Baca Juga: Belajar Sejarah bersama Komunitas Reenactor Indonesia




Share To


galih

galih

Jan. 5, 2021, 1 p.m.


tags : Bela Diri Kungfu Belajar Kungfu Kuil Shaolin Kungfu Life Style


Average: 0
Rating Count: 0
You Rated: Not rated

Please log in to rate.


Comments


Please Login to leave a comment.

ARTIKEL TERKAIT LAINNYA

YOU MAY ALSO LIKE