
Kopi Kenangan Jadi “Unicorn” Baru di Indonesia
oleh: galih Life Style Tuesday, 28 December 2021 10:00 a.m.
Mancode – Kopi Kenangan, jaringan makanan dan minuman (F&B) asal Indonesia, resmi menyandang status sebagai “Unicorn”. Status ini diperoleh setelah Kopi Kenangan mendapatkan suntikan Pendanaan Seri C Tahap Pertama senilai 96 juta dollar Amerika Serikat (AS) atau sekira Rp1,3 triliun.
Co-Founder Kopi Kenangan Edward Tirtanata mengklaim, melalui pendanaan ini, valuasi perusahaan kini menembus 1 miliar dollar AS dan menempatkan Kopi Kenangan sebagai perusahaan New Retail F&B Unicorn pertama di Asia Tenggara.
“Pendanaan Seri C dipimpin oleh Tybourne Capital Management, dan diikuti sejumlah investor dari seri sebelumnya, seperti Horizons Ventures, Kunlun, dan B Capital, serta investor baru yaitu Falcon Edge Capital,” ungkap Edward seperti dikutip CNI, Selasa (28/12/2021).
Selain itu, Edward menyatakan, bahwa Kopi Kenangan juga berhasil mencatatkan pertumbuhan pendapatan yang baik selama 12 bulan terakhir, dengan angka penjualan lebih dari dua kali lipat dibanding tahun sebelumnya. “Hal ini berhasil dilakukan dengan menjaga tingkat profitabilitas yang sehat pada setiap gerai, sekaligus memangkas periode balik modal setiap gerai menjadi lebih singkat,” tambahnya.
Adanya pendanaan baru ini, kata Edward, perusahaan berencana untuk mempercepat ekspansi produk bermerek Cerita Roti, Chigo, serta Kenangan Manis ke seluruh Indonesia. Kopi Kenangan juga akan memperluas jaringannya hingga merambah pasar internasional.
"Visi kami adalah menjadi merek yang paling dicintai para pelanggan di Asia Tenggara, selain itu, terkait rencana 5 tahun ke depan, kami berkomitmen untuk memperluas jangkauan secara cepat hingga mencapai ribuan gerai di Asia Tenggara, sekaligus melengkapi portfolio kami dengan produk-produk yang dapat memenuhi kebutuhan pasar," terang Edward.
Seperti diketahui, pada 2017 silam, Kopi Kenangan didirikan oleh Edward Tirtanata, James Prananto, dan Cynthia Chaerunnisa. Dalam perjalanannya, Kopi Kenangan mendapatkan respons positif dari pasar. Ini tak lepas lewat model bisnis new retail yang diusungnya dengan memadukan penjualan online dan offline.
Saat ini, Kopi Kenangan tercatat sudah memiliki lebih dari 600 gerai di 45 kota di Indonesia. Sedangkan pekerjanya sudah mencapai lebih dari 3.000 staf. Selama 12 bulan terakhir, Kopi Kenangan mengklaim bahwa mereka telah menyajikan 40 juta cangkir. Mereka menargetkan, pada kuartal pertama 2022, Kopi Kenangan bakal menyajikan 5,5 juta cangkir per bulan.
Share To

galih
Dec. 28, 2021, 10 a.m.
Berita terpopuler
ARTIKEL TERKAIT LAINNYA

Hyundai CRETA Dynamic Black Edition, Edisi Baru Lini SUV Hyundai
60 3 weeks ago
Hyundai CRETA Dynamic Black Edition hadir menjadi pilihan bagi masyarakat Indonesia yang menginginkan mobil dengan karakter kuat.

Mitsubishi Fuso Targetkan Raih Market Share 45 Persen di 2023, Begini Strateginya
44 1 week, 6 days ago
Sejumlah strategi dalam mencapai target tersebut pun telah disiapkan. Mitsubishi Fuso akan memberikan dukungan terbaiknya kepada konsumen di setiap fase kepepemilikan.

Di GAIKINDO Jakarta Auto Week 2023, Blibli Tawarkan Penawaran Spesial Kendaraan Listrik
43 1 week, 2 days ago
Hal ini melihat kendaraan listrik menjadi opsi yang semakin terjangkau bagi masyarakat berkat kebijakan proaktif pemerintah.
YOU MAY ALSO LIKE
Entertainment 20 March 2023 18:00 p.m.
Melihat Penampilan Perdana Elephant Kind di London
Technology 14 March 2023 11:00 a.m.
Platform Telehealth Medigo Hadir Bantu Temukan Apotek Berlisensi
Technology 12 March 2023 11:00 a.m.
MSI Luncurkan Laptop Gaming Terbaru dengan RTX 40 Series
Technology 1 March 2023 8:00 a.m.