
Kopi Kenangan Jadi “Unicorn” Baru di Indonesia
oleh: galih Life Style Tuesday, 28 December 2021 10:00 a.m.
Mancode – Kopi Kenangan, jaringan makanan dan minuman (F&B) asal Indonesia, resmi menyandang status sebagai “Unicorn”. Status ini diperoleh setelah Kopi Kenangan mendapatkan suntikan Pendanaan Seri C Tahap Pertama senilai 96 juta dollar Amerika Serikat (AS) atau sekira Rp1,3 triliun.
Co-Founder Kopi Kenangan Edward Tirtanata mengklaim, melalui pendanaan ini, valuasi perusahaan kini menembus 1 miliar dollar AS dan menempatkan Kopi Kenangan sebagai perusahaan New Retail F&B Unicorn pertama di Asia Tenggara.
“Pendanaan Seri C dipimpin oleh Tybourne Capital Management, dan diikuti sejumlah investor dari seri sebelumnya, seperti Horizons Ventures, Kunlun, dan B Capital, serta investor baru yaitu Falcon Edge Capital,” ungkap Edward seperti dikutip CNI, Selasa (28/12/2021).
Selain itu, Edward menyatakan, bahwa Kopi Kenangan juga berhasil mencatatkan pertumbuhan pendapatan yang baik selama 12 bulan terakhir, dengan angka penjualan lebih dari dua kali lipat dibanding tahun sebelumnya. “Hal ini berhasil dilakukan dengan menjaga tingkat profitabilitas yang sehat pada setiap gerai, sekaligus memangkas periode balik modal setiap gerai menjadi lebih singkat,” tambahnya.
Adanya pendanaan baru ini, kata Edward, perusahaan berencana untuk mempercepat ekspansi produk bermerek Cerita Roti, Chigo, serta Kenangan Manis ke seluruh Indonesia. Kopi Kenangan juga akan memperluas jaringannya hingga merambah pasar internasional.
"Visi kami adalah menjadi merek yang paling dicintai para pelanggan di Asia Tenggara, selain itu, terkait rencana 5 tahun ke depan, kami berkomitmen untuk memperluas jangkauan secara cepat hingga mencapai ribuan gerai di Asia Tenggara, sekaligus melengkapi portfolio kami dengan produk-produk yang dapat memenuhi kebutuhan pasar," terang Edward.
Seperti diketahui, pada 2017 silam, Kopi Kenangan didirikan oleh Edward Tirtanata, James Prananto, dan Cynthia Chaerunnisa. Dalam perjalanannya, Kopi Kenangan mendapatkan respons positif dari pasar. Ini tak lepas lewat model bisnis new retail yang diusungnya dengan memadukan penjualan online dan offline.
Saat ini, Kopi Kenangan tercatat sudah memiliki lebih dari 600 gerai di 45 kota di Indonesia. Sedangkan pekerjanya sudah mencapai lebih dari 3.000 staf. Selama 12 bulan terakhir, Kopi Kenangan mengklaim bahwa mereka telah menyajikan 40 juta cangkir. Mereka menargetkan, pada kuartal pertama 2022, Kopi Kenangan bakal menyajikan 5,5 juta cangkir per bulan.
Share To

galih
Dec. 28, 2021, 10 a.m.
Berita terpopuler
ARTIKEL TERKAIT LAINNYA

Peran Milenial Menangkal Hoaks di Era Digital
39 4 weeks, 1 day ago
Era transformasi digital menjadi momentum bagi para pemuda untuk terlibat dalam demi menciptakan ekosistem digital yang lebih baik. Terutama dalam menangkal hoaks.

Dampak Literasi Digital Terhadap Perkembangan Ekonomi di Tanah Air
37 2 weeks, 6 days ago
Selain untuk meningkatkan kecakapan para pengguna dalam mengakses dunia maya, literasi digital juga berdampak pada perekonomian Tanah Air.

Pendiri Piaggio Fast Forward, Michele Colaninno Ditunjuk Jadi Presiden ACEM
32 2 weeks, 3 days ago
Michele Colaninno berharap dapat bekerja dengan semua anggota asosiasi dengan meningkatkan prioritas yang dijelaskan dalam Vision 2030+.
YOU MAY ALSO LIKE
Entertainment 21 June 2022 14:00 p.m.
Manjakan Penggemar K-Pop, Spotify Luncurkan Situs ‘K-Pop ON! Track’
Technology 15 June 2022 13:00 p.m.
POCO M4 Pro Dibekali Layar Super AMOLED, Apa Keunggulannya?
Entertainment 14 June 2022 12:00 p.m.
Direkam Galaxy S22 Ultra 5G, Samsung Rilis Film Pendek “Seperti Sediakala”
Entertainment 6 June 2022 9:00 a.m.