
Konsep Shoppertaiment Akan Digemari Konsumen di Mega Sales
oleh: galih Shopping Friday, 23 July 2021 7:00 a.m.
Mancode - TikTok memprediksi konsep Shoppertainment akan digemari konsumen selama periode festival belanja atau Mega Sales. Shoppertainment merupakan strategi pemasaran yang menggabungkan aktivitas belanja, hiburan, dan penemuan konten/informasi baru.
Tren konsep Shoppertaiment ini berdasarkan dari berbagai hasil survei terhadap ratusan pengguna TikTok di Indonesia. Terutama yang berkaitan dengan perilaku belanja, termasuk bagaimana 1 dari 2 pengguna berbelanja sesuatu dan merasa terhibur dengan itu.
Khusus menyambut Mega Sales, sebanyak 78 persen dari responden tidak sabar menantikan periode ini tiba untuk mereka berbelanja. Sementara, 66 persen sudah mulai melakukan perbandingan harga untuk produk incaran mereka, sebagai persiapan menuju Mega Sales.
Antusiasme pengguna TikTok terhadap periode Mega Sales tidak hanya berlaku untuk brand besar atau yang sudah dikenal, tapi juga bisa dimanfaatkan oleh brand baru. Sebanyak 80 persen responden merasa senang karena menemukan konten baru di TikTok, dan 78 persen dari responden justru membeli produk dari brand baru atau brand berbeda dari yang mereka sering gunakan.
Bahkan, sebanyak 55 persen dari responden kerap melakukan pembelian spontan, meskipun sudah mempersiapkan daftar belanja. Melihat survey tersebut, strategi pemasaran yang dilakukan brand di platform digital sejatinya perlu beradaptasi dengan perubahan tren, termasuk mengonsumsi konten digital.
“Kondisi ini sangat menantang bagi para brand dan e-commerce untuk melihat kembali strategi yang selama ini mereka gunakan untuk menjangkau pelanggan. Apalagi Mega Sales tahun ini masih berlangsung di tengah kondisi pandemi dengan berbagai dampaknya,” jelas Wiwy Sasongko, Executive Director, Retailer Vertical, NielsenIQ Indonesia.
Sementara, interaksi kreatif antara brand dan pengguna TikTok juga terlihat dari sejumlah konten di tagar #RacunInTikTok dan #GaraGaraTikTok yang meraih total views lebih dari 3,5 miliar di TikTok.
Jumlah tersebut memperlihatkan potensi konten TikTok sebagai cara baru bagi masyarakat untuk mencari rekomendasi berbelanja, sehingga brand bisa ditemukan oleh calon pelanggan di platform ini.
"Hal ini perlu diperhatikan oleh para brand agar tetap hadir di sisi konsumen di saat yang menantang ini melalui konten yang positif, informatif, serta menghibur khas TikTok. Konsep Shoppertainment di TikTok hadir untuk memberikan kesempatan bagi para brand untuk dapat memberikan pengalaman berbelanja yang menyenangkan bagi konsumen," kata Sitaresti Astarini, Head of Business Marketing, TikTok Indonesia.
TikTok memungkinkan brand untuk lebih dekat dan terkoneksi dengan pengguna, sehingga periode Mega Sales menjadi lebih menyenangkan dan menghibur. Brand dapat melakukan pemasaran dengan konsep Shoppertainment di TikTok melalui berbagai fitur kreatif, seperti Branded Effects, Hashtag Challenges, dan Livestreams.
Share To

galih
July 23, 2021, 7 a.m.
Berita terpopuler
ARTIKEL TERKAIT LAINNYA

Somethinc Perkenalkan Tiga Produk Skincare Propolis
49 1 week, 2 days ago
Tiga produk baru dari Somethinc diformulasikan dengan Manuka Honey, Propolis, dan Bee Venom, yang diklaim berkhasiat atau memberikan manfaat pada kulit wajah.

Konser 30 Tahun Dewa 19 di Yogyakarta Siap Digelar
149 2 weeks ago
Penukaran tiket konser dapat dilakukan mulai H-1 atau hari Jumat, 5 Agustus 2022 pada pukul 11:00-18:00 WIB di Wisma Kagama, Pendopo Wisma Kagama UGM komplek Bulaksumur Blok G.

Mengenal Beelli, Aplikasi Cari Jodoh Sekaligus Cuan
109 3 weeks, 1 day ago
Selain mencari jodoh, di aplikasi Beelli para penggunanya bisa menghasilkan uang yang menggiurkan. Bagaimana caranya?
YOU MAY ALSO LIKE
Entertainment 18 August 2022 10:00 a.m.
Remake Lagu ‘Sang Dewi’, Andi Rianto dan Lyodra Suguhkan Warna Baru
Entertainment 8 August 2022 9:00 a.m.
NIKI Umumkan Lagu Baru Berjudul “High School in Jakarta”
Entertainment 4 August 2022 7:00 a.m.
Head In The Clouds Jakarta 2022 Siap Digelar di PIK 2
Travel 2 August 2022 13:00 p.m.