Komunitas Salihara Kembali Adakan Kompetisi Debat Sastra Tingkat SMA.jpg

Komunitas Salihara Kembali Adakan Kompetisi Debat Sastra Tingkat SMA

oleh: rachli Mancave Monday, 20 June 2022 10:00 a.m.


Mancode - Komunitas Salihara kembali mengadakan Kompetisi Debat Sastra Tingkat SMA. Kompetisi yang dilakukan secara hybrid ini diharapkan dapat memperluas pengetahuan siswa atau siswi tentang perkembangan sastra Indonesia.

Tahun ini, Komunitas Salihara mengangkat tema “Mengembangkan Sajak Chairil Anwar dengan Penyair Amerika Serikat”. Tema tersebut diangkat sebagai bentuk peringkatan akan 100 tahun sang penyair yang jatuh tepat pada tahun ini.

Sebagai seorang penyair dan penulis penting di awal era kemerdekaan Indonesia, karya-karya dari Chairil Anwar kerap terpengaruh oleh penyair-penyair dunia, seperti Belanda, Tiongkok, dan Jerman.


Kompetisi ini nantinya akan terfokus terhadap hubungan karya-karya Chairil Anwar yang terpengaruh oleh karya para penyair Amerika Serikat sebagai pembandingnya.

Dengan diadakannya kompetisi ini, dapat mendukung dan menumbuhkan minat membaca sastra sejak dini. Membaca karya sastra memang baiknya ditanamkan sejak dini demi menciptakan generasi yang kreatif, kritis, dan berwawasan luas.

Selain itu, melalui karya sastra, setiap orang dapat menumbuhkan kekayaan intelektualitas, meningkatkan kemampuan komunitasi, dan Menyusun kerangka berpikir yang baik.

Pendaftaran dibuka pada 7 Mei sampai 9 September 2022

Untuk bisa berpartisipasi, Peserta merupakan siswa yang masih duduk di bangku SMA atau setara ketika final debat berlangsung hingga 30 Oktober 2022. Kompetisi ini tertutup untuk kelompok dari sekolah yang telah menjadi finalis dan juara pada tahun sebelumnya.

Siswa atau siswi diminta untuk membentuk satu kelompok yang terdiri dari tiga anggota. Setiap sekolah setingkat SMA dipersilakan untuk mengirimkan lebih dari satu kelompok sebagai perwakilan. Peserta juga diizinkan untuk memberi nama kelompoknya secara bebas.

Setiap kelompok akan diminta untuk membuat telaah berupa tulisan atau makalah terkait dengan karya yang dibandingkan (didapat setelah mengisi formulir pendaftaran).

Peserta yang memenuhi kualifikasi akan masuk menuju babak final yang akan diadakan Oktober 2022, lokasi mengikuti perkembangan kondisi protokol kesehatan. Bila aman untuk diadakan di Komunitas Salihara, peserta yang berada di luar Jabodetabek akan ditanggung biaya akomodasi dan transportasinya.

Pendaftaran kompetisi ini dibuka secara resmi pada 7 Mei sampai 09 September 2022. Pengumpulan makalah paling lambat 10 September 2022. Juara 1 akan mendapatkan hadiah sejumlah Rp20.000.000; Juara 2 sejumlah Rp10.000.000; dan tiga makalah favorit masing-masing Rp3.000.000.

Baca Juga: Ikatan Abang None Jakarta Pusat Dukung Wujudkan Kota Ramah Lansia

Baca Juga: Siniar Komunitas Salihara Hadirkan Segmen Baru Bahas Perkembangan Sastra dan Seni

Baca Juga: Peringati HPSN 2022, KFC Indonesia dan Divers Clean Action Lakukan Kegiatan Bersih Pantai dan Laut




Share To


rachli

rachli

June 20, 2022, 10 a.m.


tags : SMA Chairil Anwar Komunitas Salihara Kompetisi Debat Sastra


Average: 0
Rating Count: 0
You Rated: Not rated

Please log in to rate.



Comments


Please Login to leave a comment.

ARTIKEL TERKAIT LAINNYA