Kegiatan-Komunitas-Orami.jpg

Komunitas Orami: Wadah Para Orang Tua Berbagi Info dan Melawan Hoaks

oleh: inggil Mancave Wednesday, 3 March 2021 15:00 p.m.


Mancode - Dewasa ini kemajuan teknologi memang memberi banyak sekali dampaknya. Salah satunya ialah perputaran informasi yang semakin cepat dan tidak bisa tersaring dengan baik. Sehingga buruknya terciptalah hoaks di mana-mana.

Penyebaran informasi hoaks ini juga berlaku dalam hal parenting dan kerap dialami oleh para orang tua. Menanggapi hal tersebut, maka terbentuklah komunitas Orami yang mempunyai tujuan menyebarkan segala informasi tentang parenting dan menangkal berita hoaks.

Komunitas Orami ini hadir dari sebuah keresahan di mana banyak orang tua memiliki akses informasi parenting yang terbatas. Salah satu yang terpenting ialah menangkal informasi hoaks yang banyak dihadirkan melalui artikel-artikel seputar parenting. Walaupun para ibu juga dibebaskan berbagi informasi melalui WhatsApp Group (WAG).


“Kalau menangani hoaks, kita punya role tidak boleh sebarkan SARA, hoaks, dan sebagainya. Kita lengkapi dengan artikel tadi, ngomongin vaksin dan sebagainya,” ujar Bunga Mega, Head of Community Orami, dilansir dari Komunita.

Anggota dari Komunitas Orami pun beragam, kebanyakan adalah ibu muda dengan kisaran usia 24 hingga 30 tahun yang sudah melek teknologi. Selain lewat WAG, komunitas ini juga seringkali mengadakan kopi darat ataupun sekadar menggelar sosialisasi untuk masyarakat sekitar seputar isu sosial terkait dengan parenting.

“Para Moms, mereka merasa menemukan komunitas yang akhirnya nggak cuma sekadar ngobrol lewat online, tapi akhirnya mereka bisa bikin group sendiri, bisa bikin kegiatan sosial sendiri, dan itu yang kita harapkan,” tutur Bunga.

Saat ini jumlah anggota komunitas Orami sendiri telah mencapai puluhan ribu di 75 kota yang tersebar di seluruh Indonesia. Bagi yang ingin bergabung dengan komunitas ini cukup membuka laman Instagram @orami.circle lalu klik tautan link di bio. Setelah itu bisa langsung memilih WAG yang diinginkan dan langsung tergabung.

Baca Juga: Komunitas Ini Jadi Wadah para Pecinta Video Games

Baca Juga: Brengozer Hadir Sebagai Komunitas Pecinta Berewok

Baca Juga: Komunitas Ini Ajak Anggotanya Sehat dengan Freeletics




Share To


inggil

inggil

March 3, 2021, 3 p.m.


tags : Komunitas Orami Komunitas Orang Tua Profil Komunitas Orami Komunitas Ibu-Ibu Kegiatan Komunitas Orami


Average: 0
Rating Count: 0
You Rated: Not rated

Please log in to rate.


Comments


Please Login to leave a comment.

ARTIKEL TERKAIT LAINNYA